IMPLEMENTASI INTEGRASI KURIKULUM PADA TK ALMANAR KABUPATEN BENER MERIAH

Husaini Husaini, Anisaturrahmi Anisaturrahmi

Abstract


Integrasi kurikulum merupakan suatu upaya pengembangan kurikulum dengan memadukan antara kurikulum agama dan kurikulum umum. Dalam proses pembelajarannya terintegrasi nilai-nilai pendidikan ke dalam setiap materi pelajaran. Pengembangan kurikulum keagamaan dapat dilakukan melalui kurikulum muatan lokal, sesuai dengan aturan yang ada dan tetap mengacu pada Standar Nasional Pendidikan. Upaya integrasi kurikulum dilakukan tidak hanya terkait dengan isi materi, tetapi hingga metode hingga pengevaluasiannya. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui langkah dalam mengimplementasikan integrasi kurikulum di TK  Al Manar Kabupaten Bener Meriah, strategi pembelajaran yang dilakukan dalam mengimplementasikan integrasi kurikulum di TK  Al Manar Kabupaten Bener Meriah,  faktor pengdukung dan penghambat dalam mengimplementasikan integrasi kurikulum di TK  Al Manar Kabupaten Bener Meriah, upaya yang dilakukan dalam mengatasi hambatan pengimplementasian integrasi kurikulum di TK  Al Manar Kabupaten Bener Meriah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis kualitatif deskriptif.  Data dikumpulkan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah data dikumpulkan di analisis dengan cara trianggulasi. Hasil penelitian diperoleh bahwa langkah-langkah implementasi integrasi kurikulum di TK Al Manar yaitu: merumuskan kesamaan visi, misi serta tujuan sekolah sesuai dengan kriteria pendidikan islam terpadu, menyusun kurikulum yang relevan dengan visi, misi serta tujuan sekolah, keteladanan guru dan seluruh tenaga kerja TK Al Manar mencerminkan keshalehan, menanamkan nilai-nilai moral dan religius saat proses belajar mengajar, Membuat laporan kegiatan siswa sebagai sarana memutaba`ah kegiatan siswa seperti shalat, tahsin, dan tahfiz.  Strategi Pembelajaran Integratif di TK Almanar yaitu: Perencanaan, program harian, tahunan, dan  semester . Faktor pendukung  guru dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya adalah adanya komitmen yang kuat dan teguh. Faktor penghambat adalah ketidaksepahamaman sebagian orang tua siswa terhadap visi, misi serta tujuan yang ditetapkan sekolah. Upaya-upaya mengatasi hambatan pengimplementasian integrasi kurikulum di TK Al Manar yaitu sebagai berikut: mengefektifkan kerjasama dengan wali siswa melalui program-program kegiatan, pengajian dan  diskusi.


Keywords


Implementasi, Integrasi, Kurikulum, Taman Kanak-Kanak

Full Text:

PDF

References


Bagir, Zainal Abidin, et. al. Integrasi Ilmu dan Agama Interpretasi dan Aksi. cet. 1 Bandung: Mizan, 2005.

Buku Panduan Open House 2017-2018.

Departemen Agama RI. Alquran dan Terjemahnya. Bandung: Syamil Cipta Media, t.t.

Djamas, Nurhayati. Dinamika Pendidikan Islam di Indonesia Pascakemerdekaan. Jakarta: Rajawali Press, 2009.

Echols, John M dan Hasan Shadily. An English Dictionary. cet. 28 Jakarta: Gramedia, 2006.

Kartanegara, Mulyadi. Integrasi Ilmu Sebuah Rekonstruksi Holistik. cet.1 Bandung: Arasy, 2005

Markus. M. Integrated Curriculum, (http://www. todaysteacher.can/ Thematic Teaching. htm.), didownload tanggal 21 Mei 2018.

Mulyasa, E. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2007.

Nata, Abudin et. al. Integrasi Ilmu Agama dan Ilmu Umum. cet. 2 Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2005.

Poerwardarminta, W.J.S. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 1981.

Sabda, Syaifuddin. Desain Pengembangan & Implementasi Model Kurikulum Terpadu IPTEK dan IMTAQ,. cet. 1 t.t.p.: Quantum Teaching, 2006.

Syafaruddin. ”Strategi Pengembangan Sekolah Unggul, ” dalam Syafaruddin (ed.) Pendidikan dan Transformasi Sosial, cet. 1 Bandung: Citapustaka Media Perintis, 2009.

Trianto. Model Pembelajaran Terpadu. cet. 1 Jakarta: Bumi Aksara, 2010.

Zainuddin, M. Filsafat Ilmu




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pjp.v8i1.4587

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 PIONIR: Jurnal Pendidikan



View My Stats

View My Stats


Indexed By:

 


PIONIR: Jurnal Pendidikan
P-ISSN 2339-2495
E-ISSN 2549-6611

Publised by Prodi PGMI FTK UIN Ar-Raniry Banda Aceh


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

Flag Counter