PENDIDIKAN ISLAM DAN PROSES PEMBERDAYAAN UMAT
DOI:
https://doi.org/10.22373/pjp.v8i1.4588Keywords:
Pemberdayaan Masyarakat, Pendidikan Islam, Potensi MasyarakatAbstract
Banyak kritik tajam telah ditanggapi oleh berbagai pihak tentang output Pendidikan Islam yang sejauh ini belum menunjukkan keberhasilan besar di tengah-tengah masyarakat. Oleh karena itu, pendidikan Islam tidak hanya menjadi tanggung jawab lembaga pendidikan, tetapi juga di bawah tanggung jawab komunitas Muslim. Maka menjadi keharusan bagi masyarakat untuk berkontribusi dalam upaya memajukan pendidikan Islam itu sendiri. Salah satu upaya adalah dengan memberdayakan potensi masyarakat yang sesuai. Siswa datang dan kembali ke komunitas, sehingga arah kebijakan kurikulum harus berorientasi pada komunitas. Semua kegiatan pendidikan, pada awalnya harus diarahkan dengan kuat ke tujuan pendidikan. Sebenarnya, belajar bukan untuk sekolah, tetapi belajar adalah untuk kehidupan, sehingga pendidikan akan menjadi lebih bermakna.
References
A. R. Shaleh, Pendidikan Agama dan Keagamaan: Visi, Misi dan Aksi, Jakarta: Gemawindu Pancaperkasa, 2000
Abd. Rachman Assegaf, Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2011
Djaafar, T. Z, Pendidikan Non Formal Dan Peningkatan Sumber Daya Manusia Dalam Pembangunan, Padang: Penerbit FIP UNP, 2001
Djohar, Pendidikan Strategi Alternatif Untuk Masa Depan, Yogyakarta: Lesfi, 2003.
Hasan, Muhammad Tholhah, Islam Dan Masalah Sumber Daya Manusia, Jakarta: Lantabora Press, 2005.
Muhammad Tholhah Hasan, Islam Dalam Perspektif Sosiol Kultural, Jakarta: Lantabora Press, 2005.
Nasution S, Sosiologi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara, 2004.
Downloads
Published
Issue
Section
License
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).