PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MUTU HASIL PEMBELAJARAN

Ajat Rukajat

Abstract


Pendekatan  pembelajaran yang sering digunakan dalam pembelajaran IPA  yaitu pendekatan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL). Pembelajaran kontekstual merupakan konsep belajar dan mengajar yang membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan pengetahuan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sebagai anggota keluarga, warga negara. Penelitian ini memfokuskan pada pelaksanaan ketujuh komponen pembelajaran kontekstual (CTL) yaitu: Constructivism, Inquiri, Questioning, Modeling,  Reflection, Learning Community, dan Authentic Assessment Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analitik, sedangkan pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan data kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui: wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Simpulan penelitian ini yaitu: Pelaksanaan pembelajaran kontekstual (CTL) oleh guru/pendidik di kota Bandung khususnya ditiga sekolah  SMP Negeri 1 Leuwigoong, SMP PGRI Tarogong, dan MTs Asy-Syifa sudah dilakukan meskipun dalam pelaksanaannya belum optimal. Dari ketujuh komponen pembelajaran kontekstual ditiga sekolah tersebut hanya tiga komponen yang sudah cukup baik  pelaksanaannya, yaitu pada pelaksanaan Questioning, Learning Community, dan Reflection.


Keywords


Pembelajaran, Contectual Teaching and Learning, Mutu Hasil Pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (1989). Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktis). Jakarta: Bina Aksara.

Budiningsih, A. (2010). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Deporter, B. and Hernacki, M. (2010). Quantum Learning (Menbiasakan Belajar Nyaman dan Menyenagkan). Bandung: Kaifa.

Deporter, B. Reardon, M. and Nourie, S.S. (2000). Quantum teaching (Mempraktekkan Quantum Learning di Kelas). Bandung: Kaifa.

Ernawati, (2001). Strategi Belajar Mengajar IPA, modul 4 Hakikat Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta: Universitas Terbuka

Hamalik, O. (2007). Psikologi Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Hanafiah. (2010). Konsep dasar Penelitian Tindakan Kelas dan Model-Model Pembelajaran. Bandung: Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Nusantara.

Himpunan Peraturan UU. (2008). Standar Nasional Pendidikan (SNP). Bandung: Fokusmedia.

Himpunan Peraturan UU. (2009). Undang-Undang Sistim Pendidikan Nasional. Bandung: Fokusmedia.

Kartono, K. (1980). Pengantar Metodologi Research Sosial. Bandung: PT Alumni.

Komalasari, K. (2010). Pembelajaran Kontekstual (Konsep dan Aplikasi). Bandung: PT Refika Aditama.

Nasution (1999). Metode Peneltian Naturalistik Kualitatif. Bandung: Tarsito.

Pusat Kurikulum (2009). Panduan Pengembangan Pembelajaran IPA Terpadu SMP/MTs. Jakarta: Pusat Kurikulum, Balitbang Depdiknas

Rose, C and Nicholl, M. (1997). Accelerated Learning For The 21’ Century ( Cara Belajar Cepat Abad ke XXI). Bandung: Nuansa.

Sa’ud, U. S. (2009). Inovasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sanjaya, W. (2008). Strategi Pembelajaran (Berorientasi Standar Proses Pendidikan). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Saud, U.S. (2008). Pengembangan Profesi Guru. Bandung: CV Alvabet.

Setia, D. (2008). Peraturan Pemerintah BidangPendidikan. Bandung: Alqa Prisma Interdelta.

Singarimbun, M. dan Effendi, S. (1981). Metode Penelitian survai. Jakarta: LP3ES.

Sobahi, K. Hanafiah. Dan Suhana, C. (2010). Manajemen Pendidikan (melalui pendekatan manejemen strategic, manajemen sekolah, balance scorecard, Blue Ocean Strategy, Learning Organitation, MBS, MMT). Bandung: CV Cakra.

Somad, A. (2009). Tentang Guru. Bandung: Alqa Prisma Interdelta.

Sukardi. (2003). Metodologi Penelitian Pendidikan (Kompetensi dan Praktik). Bandung: Bumi Aksara.

Sukmadinata, N.Sy. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sukmadinata, N.Sy. (2010). Pengembangan Kurikulum (teori dan praktek). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sukmadinata, N.Sy. Mulyasa, E. dan Purwadhi. (2007). Panduan Penulisan Karya Ilmiah. Bandung: Universitas Islam Nusantara.

Tilaar, H.A.R. (2004). Paradikma Baru Pendidikan Nasional. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Tilar, H.A.R. (2008). Manajemen Pendidikan Nasional (Kajian Pendidikan Masa Depan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Tim Dosen Adpen. (2009). Manajemen Pendidikan. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).

Wariyo, S dan Muharomah, Y. (2009). Mari Belajar Ilmu Pengetahuan Alam, Panduan Belajar IPA Terpadu, untuk kelas IX SMP/MTs. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional dari penerbit CV. Usaha Makmur.

Winataputra, Udin S. (2001). Strategi Belajar IPA. Jakarta: Universitas Terbuka

Zaini, H. Munthe, B. dan Aryani, S.A. (2008). Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: PT Pustaka Insan Madani.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pjp.v8i1.4589

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 PIONIR: Jurnal Pendidikan



View My Stats

View My Stats


Indexed By:

 


PIONIR: Jurnal Pendidikan
P-ISSN 2339-2495
E-ISSN 2549-6611

Publised by Prodi PGMI FTK UIN Ar-Raniry Banda Aceh


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

Flag Counter