CONTEXTUAL TEACHING LEARNING PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM
Abstract
Pendidikan Islam sebagai inspirasi pencerahan umat perlu untuk disesuaikan dengan konteks perkembangan manusia saat ini. Senada dengan itu, teori-teori pendidikan Islam juga harus ikut berkonstribusi guna akselerasi dan penyesuaian dengan gerak zaman. Contextual Teaching Learning sebagai salah satu metode pendidikan yang berkembang saat ini yang didengung-dengungkan oleh Jhon Dwey ternyata tidak serta merta bisa ditelan mentah-mentah oleh pendidikan Islam. Oleh karenanya, artikel ini hadir sebagai pengisi papan kosong dan menghadirkan teori pendidikan Islam kontemporer dengan tidak menghilangkan karakteristiknya yang Islami. Artinya, metode pembelajaran yang dimuat oleh artikel ini sepenuhnya berangkat dari teks-teks agama yang otoritatif lalu kemudian dianalisis dengan pembacaan pendidikan sekarang setidaknya menjadi filter ketika ingin menerapkan CTL dalam pendidikan Islam.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
al-Bilali, Abd al-Hamid, Fiqh al-Dakwah Fi inkar al-Munkar, Kuwait, Dar al-Dakwah, 1989.
al-Fida’, Al-Mawla abu, Ruh al-Bayan, Berut, Dar al-Fikr, t.th.
Al-Jabiri, ‘Abid, Bunyah al-Aql al-Araby, Dirasah Tahliliyah Naqdiyah li Nuzhum al-Ma’rifah Fi al-Tsaqafah al-Arabiyah, Berut, Markaz Dirasat al-Wihdah al-Arabiyah, 1990.
al-Jauziyah, Ibn Qayyim, Madarij al-Salikin Bayna Manazil Iyyaka Na’budu wa Iyyaka Nasta’in,Berut, Dar Kutub al-Arabi, 1996.
Assegaf, Abd. Rachman, Filsafat Pendidikan Islam, Pradigma Baru pendidikan Hadhari Berbasis Integratif-Interkonektif, Cet. III Jakarta, PT Raja Grapindo Persada, 2014.
at-Thabathaba’i, Sayyed Muhammad Husyain, al-Mizan fi Tafsir al-Quran, Beirut: Muassasah al-A’lami li al-Matbu‟at, 1972.
Baidhawy, Asrar at-Tanzil wa Asrar at-Ta’wil, Berut, Dar Ihya’ at- Turast al-Araby, 1418H.
Baqi, Muhammad Fuad Abdul, al-Mujam’ al-Mufahras, Kairo, Dar al-Kutub al-Mishriyyah, 1364H.
Hamalik, Oemar, Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara,2007.
Hanafi, Hasan, Min al-'Aqidah ila al-Tsaurah, al-Muqaddimat ‘Ala an-Nazhriyat Kairo, Maktabah al-Matbuli, t.th.
Jhonson, Elaine B., Contextual Teaching an Learning: What Is and Why It’s Here to Stay, terj. Ibn Setiawan, Cet. IV, Bandung, Mizan Learning Center (MLC), 2008.
Knight, George R., Filsafat Pendidikan, Terj. Mahmud Arif, Yogyakarta, Gama Media 2007.
Muriah, Siti, Metode Dakwah Kontemporer, Yogyakarta:Mitra Pustaka, 2000.
Qahiry, Faidh al-Qadir Syarh al-Jami’ as-Shaghir, Mesir, Maktabah at-Tujjariyah Kubra, 1356H.
Ridha, Muhammad Rasyid, Tafsir al-Manar, Mesir, al-Haiah al-Mishriyyah al-‘Ammah li al-Kitab, 1990.
Rusman, Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru Jakarta:Rajawali Pers, 2012.
Sanjaya, Wina, Kurikulum dan Pembelajaran: Teori dan Praktik Pengembangan, KTSP Jakarta, Kencana Prenada Media Group, 2009.
Sanjaya, Wina, Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta : Kencana Prenada Media Group, 2005.
Sugiyono, Model-model Pembelajaran Inovatif, Surakarta, Panitia Sertifikasi Guru Rayon 13 FKIP UNS, 2009.
Al-‘Umar, Nashir Bin Sulaiman, Al-Hikmah, terjemahan, Surabaya, Maktabah Hidayah, 1995.
DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pjp.v8i1.4590
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 PIONIR: Jurnal Pendidikan