ANALISIS KONSEP-KONSEP DASAR MANAJEMEN BERBASIS AL-QUR’AN DAN RELEVANSINYA DENGAN MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM
DOI:
https://doi.org/10.22373/pjp.v8i1.4592Keywords:
Manajemen, Pendidikan Islam, Al-Qur’an.Abstract
Berdasarkan realita dalam pengelolaan pendidikan Islam masa kini, minimnya kordinasi, lunturnya komunikasi, rendahnya rasa saling menghargai dalam unit kerja maupun antar layanan pendidikan, sehingga peneliti sangat tergugah melakukan penelitian ini. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan memahami konsep-konsep dasar perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), pelaksanaan (actuating) dan pengontrolan (controlling) dalam analisis kitab tafsir al-Maraghi dan sejauh mana Relevansi konsep-konsep dasar manajemen berbasis Al-qur’an dengan Manajemen Pendidikan Islam. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan atau library research, metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan maudhu’i. Berdasarkan hasil analisis kitab tafsir Al-Maraghi diperoleh bahwa konsep manajemen berbasis Al-qur’an sangat relevan dalam pengelolaan lembaga Pendidikan Islam, maka diperoleh hasil bahwa pengelolaan lembaga pendidikan Islam harus selalu menerapkan nilai-nilai Islami (Islamic Worldview) dalam setiap tugas dan tanggung jawab. Diantaranya: 1) Konsep fleksibelitas, 2) efektif dan efisien, 3) transparansi dan terbuka, 4) koperatif dan partisipatif, 5) adil jujur dan konsekuwensi, 6) bertanggung jawab, 7) selektif pada informasi, 8) memberi peringatan, 9) member petunjuk dan pengarahan, 10) amar ma’ruf nahi mungkar, 11) menegakkan kebenaran dan keadilan, 12) amanah. Dengan berpedoman kepada seluruh konsep dan nilai-nilai Islami tersebut, maka kita akan selamat dunia dan akhirat.
References
Ahmad Mustafa Almaraghi, Terjemahan Tafsir Al-Maraghi, (Semarang: PT.Karya Toha Putra Semarang, 1993)
Al-Qurtubi, 1992. Al-Jâmi„ li Ahkâm al-Qur'ân,Beirut: Dar al-Kutub al-Ilmiyyah,
Amirin M.Tatang, Menyusun Rencana Penelitian, (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2000)
Azyumardi Azra, Pendidikan Islam Tradisi dan Modernissi menuju Melinuiem Baru, (Jakarta: Lagos Wacana Imu, 2000)
Departemen Agama RI. 1971. Alqur‟an terjemahnya. Jakarta: PT. Intermasa Echlos
Departemen dan kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta: Balai Pustaka)
Eman Mulyasa. Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: (PT Remaja Rosda Karya, 2005)
Engkoswara dan Aan Komariah, Administrasi Pendidikan, (Bandung : ALFABETA, 2012)
Imtiaz Ahmad. Peperangan Uhud. London.. www.Rasulullah saw.atwiki. com. Diakses 15 April 2016.
Mariono, dkk. Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan Islam. ( Bandung: PT Refika Aditama. 2008)
M. Quraish Shihab, Tafsir Al-Mishba, (Volume 14)
M. Ngalim Purwanto, Administrasi dan Supervisi Pendidikan, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2008)
Ramayulis, Ilmu Pendidikam Islam, (Jakarta: Kalam Mulia, 2008)
Sugiyono, Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif, dan R&D (Bandung: Alfabeta, 2013)
Siswanto, H.B, Pengantar Manajemen, (Jakarta: Bumi Aksara, 2006)
Stoner, James dan Charles Wankel, Manajemen Jilid I, Alih bahasa Wilhelmus W, Bakowantu, (Jakarta: Intermedia, 1986)
Syamsudduha, Manajemen Pesantren,
Downloads
Published
Issue
Section
License
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).