PENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA VISUAL DI MIN 20 ACEH BESAR

Wilda Rahmina, Misbahul Jannah, Wati Oviana

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya keterampilan guru dalam menggunakan media dalam pembelajaran sehingga siswa kurang termotivasi dalam belajar dan aktivitas yang ditunjukan tidak optimal. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui aktivitas guru dengan menggunakan Media Visual, (2) Untuk mengetahui aktivitas siswa dengan menggunakan Media Visual, (3) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan media Visual pada materi pencernaan makanan pada manusia  kelas V semester Ganjil. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari tahapan perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Data dikumpulkan melalui (1) Lembar observasi guru, (2) Lembar observasi siswa, (3) Soal tes hasil belajar siswa dengan menggunakan analisis deskriptif. Berdasarkan hasil analisis data didapatkan bahwa (1) aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran pada siklus I sebesar 70,76% (kategori baik) dan meningkat pada siklus II menjadi 89,23% (kategori sangat baik); (2) aktivitas siswa dalam kegiatan belajar mengajar pada siklus I sebesar  70,30% (kategori baik) dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 90,76% (kategori sangat baik); (3) hasil belajar siswa pada siklus I belum tuntas dengan persentase 68,18% (kategori baik), sedangkan pada siklus II sudah tuntas dengan persentase 88,64% (kategori sangat baik). Dengan demikian, penerapan media visual dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa, serta hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA di kelas  V MIN 20 Aceh Besar.


Keywords


Hasil Belajar, Media Visual

Full Text:

PDF

References


Azhar Arsyad. 2005. Media Pembelajaran. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Arief S. Sadiman.dkk. 1986. Media Pendidikan. Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali.

Sri Anitah, 2008, Media Pembelajaran, Surakarta : UNS Press.

Wina Sanjaya. 2011. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana.

Suyoso. 1998. Ilmu Alamiah Dasar. Yogjakarta: IKIP.

Garnida D. Rudy B. 2002. Pendidikan IPA Madrasah Ibtidaiyah. Jakarta: Ditjen Binbaga Departemen Agama.

Sri Anitah.dkk. 2007. Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta: Universitas Terbuka

Yudhi Munadi. 2010. Media Pembelajaran: Sebuah Pendekatan Baru, Jakarta: Gaung Persada Press,

Husaini Usman. 2009. Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta: Bumi Aksara,

Arikunto, Suhardjono, dan Supardi. 2008. Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: BumiAksara,

Anas Sudijono. 2009. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta; Raja Grifindo Persada,

Mulyasa. 2004. Impementasi Kurikulum Panduan Pembelajaran KBK. Bandung: Remaja Rosdakarya




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pjp.v8i2.6228

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 PIONIR: Jurnal Pendidikan



View My Stats

View My Stats


Indexed By:

 


PIONIR: Jurnal Pendidikan
P-ISSN 2339-2495
E-ISSN 2549-6611

Publised by Prodi PGMI FTK UIN Ar-Raniry Banda Aceh


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

Flag Counter