PENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA VISUAL DI MIN 20 ACEH BESAR
DOI:
https://doi.org/10.22373/pjp.v8i2.6228Keywords:
Hasil Belajar, Media VisualAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya keterampilan guru dalam menggunakan media dalam pembelajaran sehingga siswa kurang termotivasi dalam belajar dan aktivitas yang ditunjukan tidak optimal. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui aktivitas guru dengan menggunakan Media Visual, (2) Untuk mengetahui aktivitas siswa dengan menggunakan Media Visual, (3) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan media Visual pada materi pencernaan makanan pada manusia kelas V semester Ganjil. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari tahapan perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Data dikumpulkan melalui (1) Lembar observasi guru, (2) Lembar observasi siswa, (3) Soal tes hasil belajar siswa dengan menggunakan analisis deskriptif. Berdasarkan hasil analisis data didapatkan bahwa (1) aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran pada siklus I sebesar 70,76% (kategori baik) dan meningkat pada siklus II menjadi 89,23% (kategori sangat baik); (2) aktivitas siswa dalam kegiatan belajar mengajar pada siklus I sebesar 70,30% (kategori baik) dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 90,76% (kategori sangat baik); (3) hasil belajar siswa pada siklus I belum tuntas dengan persentase 68,18% (kategori baik), sedangkan pada siklus II sudah tuntas dengan persentase 88,64% (kategori sangat baik). Dengan demikian, penerapan media visual dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa, serta hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA di kelas V MIN 20 Aceh Besar.
References
Azhar Arsyad. 2005. Media Pembelajaran. Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Arief S. Sadiman.dkk. 1986. Media Pendidikan. Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali.
Sri Anitah, 2008, Media Pembelajaran, Surakarta : UNS Press.
Wina Sanjaya. 2011. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana.
Suyoso. 1998. Ilmu Alamiah Dasar. Yogjakarta: IKIP.
Garnida D. Rudy B. 2002. Pendidikan IPA Madrasah Ibtidaiyah. Jakarta: Ditjen Binbaga Departemen Agama.
Sri Anitah.dkk. 2007. Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta: Universitas Terbuka
Yudhi Munadi. 2010. Media Pembelajaran: Sebuah Pendekatan Baru, Jakarta: Gaung Persada Press,
Husaini Usman. 2009. Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta: Bumi Aksara,
Arikunto, Suhardjono, dan Supardi. 2008. Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: BumiAksara,
Anas Sudijono. 2009. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta; Raja Grifindo Persada,
Mulyasa. 2004. Impementasi Kurikulum Panduan Pembelajaran KBK. Bandung: Remaja Rosdakarya
Downloads
Published
Issue
Section
License
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).