MENGHUKUM ANAK SESUAI SUNNAH NABI SAW

Fajriah Fajriah

Abstract


Anak adalah amanah dari Allah swt., oleh sebab itu orangtua bertanggung jawab untuk mendidik mereka dengan baik.  Hukuman  merupakan  alat pendidikan yang digunakan orang tua  untuk mendisiplikan anak. Tujuan dari hukuman  dalam pendidikan Islam adalah memberikan arahan dan perbaikan, bukan balas dendam. Untuk itulah orang tua harus memahami  anak dan karakternya sebelum menghukumnya. Memotivasi anak agar berusaha memperbaiki kesalahannya dan  kesalahan tersebut dimaafkan setelah diperbaiki. Oleh sebab itu orang tua harus mengetahui kaidah-kaidah pemberian hukuman dalam Islam sebagaimana yang sudah diajarkan dalam Al-Quran dan As-Sunnah. Dengan mengikuti kaidah – kaidah tersebut  diharapkan orangtua dapat menerapkan hukuman dengan bijak sesuai kebutuhan anak sehingga tidak terjadi kasus kekerasan  terhadap  anak melalui hukuman. Menghukum anak dengan memukul adalah hal yang dibolehkan dalam Islam,tetapi ini dilakukan pada tahap terakhir, setelah  semua cara dilakukan. Jika anak terpaksa harus dipukul maka harus mengikuti ketentuan-ketentuan seperti: a) Sebelum anak berumur 10 tahun anak-anak tidak boleh dipukul. b) Pukulan tidak boleh lebih dari 3 kali. c)Tidak memukul ketika dalam keadaan marah. d) Ketika memukul menghindari kepala, muka, dada, dan perut. e) Pukulan untuk hukuman, hendaknya tidak terlalu keras dan tidak menyakiti, pada kedua tangan atau kaki dengan tongkat yang tidak besar. f) Memukul anak dengan tangannya sendiri, dan tidak menyerahkan kepada orang lain.


Keywords


Hukuman, Sunnah Nabi saw

Full Text:

PDF

References


Abdul Mujib dan Jusuf Mudzakkir, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kencana, 2006.

Abdullah Nashih Ulwan , Pedoman Pendidikan Anak dalam Islam, ter. Saifullah Kamalie dan Hery Noer Ali, jilid II, Semarang : Asy- Syifa’ 1981.

, Tarbiatu al-Aulad fi al-Islam, terjemahan Jamaluddin Miri, Jakarta: Pustaka Amani, 2007.

Abdurrahman An-Nahlawi, Prinsip-prinsip dan Metoda Pendidikan Islam, terjemahan Herry Noer Ali, Bandung: CV Diponegoro, 1996.

Abdurrahman Saleh Abdullah, Teori-teori Pendidikan Berdasarkan Al-Qur’an, terj. M. Arifin dan Zainuddin, Jakarta : Rineka Cipta, 2005.

Abu Ahmadi dan Nur Uhbiyati, Ilmu Pendidikan Islam, Cet.I, Jakarta : Rineka Cipta, 1991.

Abu Dawud, Terjemahan Sunan Abu Dawud, terj. Bey Arifin dan A. Syinqithy Djamaluddin Semarang, 1992.

Agus Suyanto, Psikologi Perkembangan, Surabaya : Aksara Baru, 1986.

Ali al-Jumbulati, Dirasah Muqaranah fi al-Tarbiyah al-Islam, diterjemahkan oleh M. Arifin, dengan judul Perbandingan Pendidikan Islam, Cet. II, Jakarta: Rineka Cipta, 2002.

Ali Farkhan Tsani, Memberikan Hukuman Pada Anak Sesuai Sunnah, diakses melalui https://minanews.net/memberikan-hukuman-pada-anak-sesuai-sunnah/ tanggal 12 Desember 2018

Amir Daien Indrakusuna, Pengantar Ilmu Pendidikan, Surabaya : Usaha Nasional, 1973.

Armai Arief, Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam, Jakarta : Ciputata Pers, 2002.

Charles Schaefer,Cara Efektif Mendidik dan Mendisiplinkan Anak, Alih Bahasa, R.Turmun Sirait , Cet.VI, Jakarta: Mitra Utama, 1996.

Departemen agama RI, Al-Qur’an dan Terjemahannya, Bandung : Diponegoro, 2009.

Departemen Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemahnya ,Cet.19, Jatinegara : CV Darus Sunnah, 2002.

dul Mujib, Jusuf Mudzakkir, Ilmu Pendidikan Islam(Jakarta: Kencana, 2006), hal. 206

Hasan Kurniawan , Tragis, Bocah Hiperaktif di Tangsel Dipasung Rantai Bertahun-tahun , diakses melalui https://metro.sindonews.com/read/1386718/170/tragis-bocah-hiperaktif-di-tangsel-dipasung rantai-bertahun-tahun-1552561437, diakses tanggal 5 Januari 2019.

Ibrahim Amini, Agar Tidak Salah Mendidik Anak, alih bahasa Ahmad Subandi dan Salman Fadhlullah, Cet. I, Jakarta: Al-Huda, 2006.

M. Arifin, Ilmu Pendidikan Suatu Tinjauan Teoritis dan Praktis, rev. ed.: Bandung, 1994.

M. Athiyah al-Abrasyi, Dasar-dasar Pokok Pendidikan Islam, terjemahan Bustami A. Ghani dan Djohar Bahry, Jakarta: Bulan Bintang, 1990.

M. Ngalim Purwanto, Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis, Cet. ke-18, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2007.

Muhammad Quthb, Sistem Pendidikan Islam, terjemahan Salman Harun, Bandung: Al Ma‟arif, 1993.

Muhammad Said Mursi, Fan Tarbiatu al-Aulad fi al-Islam, penerjemah Gazira Abdi Ummah, Jakarta : Pustaka Al-Kautsar, 2006.

Nasharuddin Thaha, Tokoh-Tokoh Pendidikan Islam di Zaman Jaya, Jakarta : Mutiara, 1997.

Nisa Islami, Hukuman dalam Pendidikan Islam, diakses melalui https://insansalsabila.wordpress.com/2010/04/15/hukuman-dalam-pendidikan-islam-oleh-nisa-islami/ tanggal 12 Desember 2018.

Tariden Turnip, Gegara Dimarahi Ibu Akibat Jatuhkan Piring, Siswi SMA Ini Tenggak Racun Serangga hingga tewas, diakses melalui http://medan.tribunnews.com/2019/03/21/gegara-dimarahi-ibu-akibat-jatuhkan-piring-siswi-sma-ini-tenggak-racun-serangga-hingga-tewas, diakses tanggal 2 Februari 2019.

Tjipta Susana dkk, Mempertimbangkan Hukuman Pada Anak, Yogyakarta : Kanisius, 2007.

Yan Yusuf, Sering Ngompol, Anak 5 Tahun Dianiaya Ibu Muda hingga Tewas, diakses melalui https://metro.sindonews.com/read/1256695/170/sering-ngompol-anak-5-tahun-dianiaya-ibu-muda-hingga tewas-1510477405, diakses tanggal 5 Januari 2019




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pjp.v8i2.6229

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 PIONIR: Jurnal Pendidikan



View My Stats


Indexed By:

         


PIONIR: Jurnal Pendidikan
P-ISSN 2339-2495
E-ISSN 2549-6611

Publised by Prodi PGMI FTK UIN Ar-Raniry Banda Aceh cooperation is PW PERGUNU (Persatuan Guru Nahdlatul Ulama) Aceh


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

Flag Counter