KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DALAM PENERAPAN PEMBELAJARAN TEMATIK DI SD NEGERI MAGUWOHARJO 1 YOGYAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.22373/pjp.v8i2.6232Keywords:
Kompetensi Profesional, Guru, Pembelajaran Tematik.Abstract
Kompetensi Profesioal Guru merupakan kemampuan guru dalam meguasai pembelajaran menncakup: merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran yang sesuai dengan bidang keahliannya Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kompetensi profesional guru sekolah dasar dalam pelaksanaan pembelajaran tematik kurikulum 2013. Penelitian ini merupakan penelitian studi lapangan. Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik pada kelas IV B SD Negeri Maguwoharjo 1 Kecamatan Depok kabupaten Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi profesional gurumerupakan seorang guru yang memilki kecakapan dan keahlian khusus dalam bidang keguruan sehingga mampu melaksanakan tugasnya secara maksimal. Indikator ketercapian seorang guru dikatan profesional meliputi 1) guru menguasai materi mata pelajaran yang diampunya, 2) guru menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar, 3) guru mampu mengembangkan pembeelajaran secara kreatif, 4) guru mampu melakukan tindakan reflektif, dan 5) guru mampu menguasai teknologi informasi dalam melakukan komunikasi. Dan cara yang dapat dilakukan dalam meningkatkan kompetensi profesional guru bisa dilalui dengan 1) Pemantapan Kerja Guru (PKG), 2) Kelompok Kerja Guru (KKG), dan 3) g uru dapat mengikuti secara aktif pada organisasi Persatuan Guru Republik Indonesi (PGRI).References
Asrohah, Abd Kadir dan Hanun. Pembelajaran Tematik. Jakarta: Raja Wali Pers, 2014.
Cut Fitriani, Murniati AR, Nasir Usman. “KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DALAM PENGELOLAAN PEMBELAJARAN DI MTs MUHAMMADIYAH BANDA ACEH.” Jurnal Administrasi Pendidikan : Program Pascasarjana Unsyiah, 2017.
Daryanto. Standar Kompetensi Dan Penilaian Kinerja Guru Profesional. Yogyakarta: Gava Media, 2013.
Dudung, Agus. “Kopetensi Profesional Guru.” Jurnal Kesejahteraan Dan Pendidikan Vol.50 No. (n.d.).
Fadhilaturrahmi, Rizki Ananda dan. “Analisis Kemampuan Guru Sekolah Dasar Dalam Implementasi Pembelajaran Tematik Di SD.” Jurnal Basicedu Vol 2 No 2 (2018).
Iqbal, Abu Muhammad. Pemikiran Pendidikan Islam (Gagasan-Gagasan Besar Para Ilmuan Muslim). Yogyakarta: Pustaka pelajar, 2015.
Karli, Hilda. “Jurnal Pendidikan Dasar.” Penerapan Pembelajaran Tematik SD Di Indonesia 2, no. 1 (2015): 7.
Kelas, Magister PGMI-Guru. Pembelajaran Tematik Dari Teori Ke Praktik. Yogyakarta: Wujana Mahadi Karya, 2017.
Khoiri, Hoyyima. Jitu Dan Mudah Lulus Sertifikasi Guru. Jogjakarta: Bening, 2010.
M.Idris, Marno dan. Strategi Dan Metode Pengajaran. Yogyakarta: X: Ar-ruzz Media, 2009.
Marintis, Yamis. Profesionalisasi Guru Dan Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Gaung Persada Press, 2006.
Meleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2005.
Nurtanto, Muhammad. “Mengembangkan Kompetensi Profesionalisme Guru Dalam Menyiapkan Pembelajaran Yang Bermutu.” JJrnal Pendidikan, 2014.
Rofa’ah. Pentingnya Kompetensi Guru Dalam Kegiatan Pembelajaran Dalam Persepktif Islam. Yogyakarta: DEEPPUBLISH, 2016.
Suprihatiningrum, Jamil. Guru Profesional (Pedoman Kinerja, Kualifikasi Dan Kompetensi Guru). Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2014.
Uno, Hamzah B. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar Yang Kreatif Dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara, 2007.
Downloads
Published
Issue
Section
License
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).