MENINGKATKAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MENGGUNAKAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING DI KELAS RENDAH

Heri Hidayat, Heny Mulyani, Fitriyani Nurhidayah, Irmayani Irmayani, Nissa Sonia

Abstract


Pendekatan pembelajaran yang sering digunakan dalam mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan adalah Contextual Teaching And Learning (CTL). Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) merupakan konsep belajar mengajar yang membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata peserta didik dan mendorong peserta didik membuat hubungan pengetahuan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapanya dalam kehidupan sehari – hari mereka sebagai anggota keluarga, masyarakat dan warga negara. Berhasil atau tidaknya suatu proses pembelajaran juga dipengaruhi oleh kemampuan pendidiknya. Penelitian ini memfokuskan pada strategi pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) harus disusun untuk mendorong lima bentuk pembelajaran penting yakni, mengaitkan, mengalami, menerapkan, kerjasama, dan menstransfer. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui cara observasi, dan dokumentasi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah, pendekatan pembelajaran Contextual teaching Learning sudah diterapkan oleh pendidik pada kelas II MI Miftahun Athfal Cilengkrang 2 Bandung meskipun dalam pelaksanaanya masih  belum optimal, dari kelima strategi pembelajaran Contekstual Teaching And Learning (CTL) hanya 4 komponen yang cukup baik dalam pelaksanaanya, yaitu mengingat, mengaitkan, mengalami, menerapkan, menstranfer. Kemampuan pendidik dalam menguasai kelaspun masih kurang, hal ini disebabkan oleh kemampuan pendidik yang belum bisa menerapkan salah satu kompetensi profesional seorang guru, tepatnya pada kompetensi sosial.


Keywords


Contextual Teaching Learning, Peserta didik, Pembelajaran, Pendidikan Kewarganegaraan.

Full Text:

PDF

References


Andika. (2019, November 19). pembelajaran kontekstual. www.teoripembelajaran.teknodik.net.

Depdiknas. (2007, November 20). Naskah Akademik pendidikan Keterampilan. www.puskur.net.

dkk, m. (2013). penerapan model CTL dalam peningkatan pembelajaran bangun ruang siswa kelas v sekolah dasar negeri 2 pajagatan . Jurnal Kalam Cendekia , 592-596.

dkk, p. (2019). Peningkatan Keterampilan Menulis puisi melalui model CTL pada tema 5 subtema 3 di kelas 2. jurnal pemikiran dan perkembangan sekolah dasar, 1-6.

Hasibuan. (2014). Model pembelajaran Contextual Teaching Learning . Jurnal Logaritma, 1-12.

Johnson, E. (2008). Contextual Teaching And Learning menjadikan kegiatan belajar - mengajar mengasyikan dan bermakna. Bandung: Mizan Learning Center.

Mulyasa. (2007). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nurhadi. (2002). Pendekatan Kontekstual ( Contextual Teaching And Learning ) . Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, Direktrorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Direkrorat PLP.

Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Melalui Model CTL Pada Tema 5 Subtema 3 Di Kelas II Sekolah dasar. (2019). Jurnal pemikiran dan pengembangan sekolah dasar, 1-6.

Rukajat. (2019). pembelajaran Contextual Teaching Learning untuk meningkatkan mutu pembelajaran . Jurnal Pendidikan, 85-111.

Sanjaya, W. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Sujana, A. (. (2014). Pendidikan Ipa. Bandung: Rizqi Press.

warsiti. (2013). penerapan model Kontekstual (CTL) Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran konsep dasar ipa 1 pada mahasiswa program S1 PGSD kampus kebumen FKIP-UNS Tahun Akademik. Jurnal Pendidikan, 104-121.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pjp.v8i2.6235

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 PIONIR: Jurnal Pendidikan



View My Stats

View My Stats


Indexed By:

 


PIONIR: Jurnal Pendidikan
P-ISSN 2339-2495
E-ISSN 2549-6611

Publised by Prodi PGMI FTK UIN Ar-Raniry Banda Aceh


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

Flag Counter