MEDIA PEMBELAJARAN INDIVIDUAL BERBASIS KOMPETENSI SOSIAL SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH

Budiyono Budiyono

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah memformulasikan bentuk pembelajaran individual atau belajar mandiri bagi siswa, saat dihadapkan pada suatu kondisi pembelajaran terpaksa dialihkan dari Sekolah ke rumah. Ketika pelaksanaan pembelajaraan diliburkan tidak lantas berhenti belajar, maka guru harus mendesain sebuah pembelajaran sistematis yang pelaksanaannya tidak dirasakan oleh siswa sebagai beban. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan jenis library research. Peneliti mengembangkan konsep pembelajaran individual bagi siswa kelas 3 Madrasah Ibtidaiyah pada materi taat dan patuh terhadap kedua orangt tua pada mata pelajaran aqidah akhlak. Lembar kerja yang disusun memberikan kesempatan kepada siswa merencanakan hingga mengevaluasi belajarnya sendiri. Pembelajaran didesain secara alamiah dalam kehidupan sehari-hari, orang tua dilibatkan sebagai fasilitator sekaligus memberikan pengawasan sembari berkoordinasi bersama guru dengan memanfaatkan media komunikasi gadget.


Full Text:

PDF

References


Agung dan Fakhri (2020). Libur Karena Corona Dipakai Pelajar di Jakarta main Warnet Hingga Ngemall. (https://www.suara.com/news/2020/03/18/180642/libur-karena-corona-dipakai-pelajar-di-jakarta-main-warnet-hingga-nge-mal). Diakses 30 Maret 2020

Ali, Muhammad (2000). Penelitian Kependidikan Prosedur dan Strategi. Bandung: Angkasa.

Al-asqalani, Ibnu Hajar (2011). Bulughul Maram. Bandung: Sygma Publishing.

Detik.com. Libur Sekolah Kerja di Rumah Demi Cegah Corona Mewabah. https://news.detik.com/berita/d-4940560/libur-sekolah-kerja-di-rumah-demi-cegah-corona-mewabah/2. Diakses 30 Maret 2020

Dimyati dan Mudjiono (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Ibnu Badar, Trianto (2014). Mendesain Model Pembelajaran; Inovatif, Progresif dan Kontekstual. Jakarta: Prenada Media.

Jarvis, Matt (2011). Teori-Teori Psikologi cet.10. Bandung: Nusa Media.

Jauhari Muchtar, Heri (2005). Fikih Pendidikan cet. 1. Bandung: Rosdakarya.

Kemenag.go.id. Diakses 31 Maret 2020 https://quran.kemenag.go.id/index.php/sura/17

Keputusan Menteri Agama nomor 183 tahun 2019 tentang Kurikulum PAI dan Bahasa Arab Madrasah.

Mz, Labib (2007). Etika Mendidik Anak Menjadi Sholeh. Surabaya: Putra Jaya.

Nurdin, Muslim (1993). Moral Kognisi Islam. Bandung: Alfabeta.

Sanjaya Wina (2008). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sanjaya Wina (2014). Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Subagyo, J (2016). Metode Penelitian dan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana Nana (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosdakarya.

Supiyadi (2011). Strategi Belajar dan Mengajar. Yogyakarta: Parama Ilmu.

Uno, B.Hamzah (2008). Model Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Mujiburrahman. (2010). Kajian pelaksanaan sistem pendidikan pondok dan perkembangannya di Acheh selepas peristiwa tsunami (Doctoral dissertation, Universiti Utara Malaysia).

Mujiburrahman, M. (2015). Development of education in post tsunami aceh. Kompetensi, 6(2).




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pjp.v9i1.7142

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 PIONIR: JURNAL PENDIDIKAN



View My Stats

View My Stats


Indexed By:

 


PIONIR: Jurnal Pendidikan
P-ISSN 2339-2495
E-ISSN 2549-6611

Publised by Prodi PGMI FTK UIN Ar-Raniry Banda Aceh


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

Flag Counter