PEMBERDAYAAN MADRASAH IBTIDAIYAH WILAYAH KABUPATEN BIREUEN DAN ACEH UTARA

Sofyan Arianto, Zulkhairi Zulkhairi

Abstract


Konsep Pendidikan Berbasis Masyarakat atau Community Based Education (CBE) adalah usaha dan kontribusi masyarakat dalam kegiatan dan program pemberdayaan satuan pendidikan seperti” Pemberdayaan manajemen pendidikan baik secara finansial maupun pengembangan madrasah yang berkualitas dan berkeunggulan (Quality Oriented). tujuan pelaksanaan pengabdian berbasis program studi ini adalah untuk mengetahui Sejauh mana peningkatan kualitas Madrasah Ibtidaiyah, pengembangan Inovasi dan kreativitas Sumber Daya Manusia (SDM) Madrasah, membangun Jaringan Kerja (Networking), dan kemampuan Madrasah dalam mengembangkan diri. Adapun program Pengabdian Berbasis Madrasah ini terdiri dari Program pengenalan dasar Smart School “Whiteboard Animation with Videoscribe” Berbasis ICT Education Era Revolusi Industri 5.0. pada MIN Kabupaten Bireuen, dan Program Pemberdayaan para guru Madrasah Ibtidaiyah di wilayah Kabupaten Aceh Utara. Berdasarkan hasil pelaksanaan pengabdian ini diperoleh bahwa para peserta baik dari guru dan kepala madrasah sangat tertarik dan antusias dalam mengikuti kedua program pengabdian berbasis madrasah ini, para peserta whiteboard animation dengan videoscribe ini mengharapkan agar tim pengabdian mau melaksanakan pelatihan lanjutan untuk mereka, sehingga mereka bisa belajar tuntas dan mampu merancang modul atau Renacan Pelaksanaan Pembelajaran dalam bentuk whiteboard animation dengan videoscribe. Peserta program pemberdayaan guru madrasah di wilayah kabupaten Aceh Utara, mereka juga mengharapkan dan menginginkan agar supaya pelaksanaan program pemberdayaan guru madrasah ini dapat dilanjutkan dengan melakukan kerjasama maupun hubungan kemitraan antara madrasah dan lembaga dari tim pengabdian yaitu dengan IAIN Lhokseumawe.

 


Full Text:

PDF

References


Azra. Azyumardi. (2000). Pendidikan Islam; = Tradisi dan Modernisasi Menuju Millennium Baru. Ciputat. Logos.

Choiri Miftachul Moh. (2014) dengan judul tulisannya yaitu “Pemberdayaan Madrasah dan Pendidikan Berbasis Masyarakat” jurnal Tarbiyah Vol 21 No.2 Juli Desember 2014. Jawa Timur Ponorogo.

Saman. Tinjauan Teoritis Pembelajaran Berbasis Videoscrive Pada Siswa. (Prosiding Seminar Nasional: ISSN 2443-1109.Vol 3 No.1, Universitas Cokroaminoto Palopo, 2016). Hal. 386

Samroh Siti (2017). Pastisipasi Masyarakat Dalam Pengembangan Madrasah Ibtidaiyah di Kecamatan Purwojati Kabupaten Banyumas. Tesis’ Prodi Manajemen Pendidikan Islam, Pascasarjana IAIN Purwokerto.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pjp.v9i1.7146

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 PIONIR: JURNAL PENDIDIKAN



View My Stats

View My Stats


Indexed By:

 


PIONIR: Jurnal Pendidikan
P-ISSN 2339-2495
E-ISSN 2549-6611

Publised by Prodi PGMI FTK UIN Ar-Raniry Banda Aceh


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

Flag Counter