PEMBERDAYAAN MADRASAH IBTIDAIYAH WILAYAH KABUPATEN BIREUEN DAN ACEH UTARA
DOI:
https://doi.org/10.22373/pjp.v9i1.7146Abstract
Konsep Pendidikan Berbasis Masyarakat atau Community Based Education (CBE) adalah usaha dan kontribusi masyarakat dalam kegiatan dan program pemberdayaan satuan pendidikan seperti” Pemberdayaan manajemen pendidikan baik secara finansial maupun pengembangan madrasah yang berkualitas dan berkeunggulan (Quality Oriented). tujuan pelaksanaan pengabdian berbasis program studi ini adalah untuk mengetahui Sejauh mana peningkatan kualitas Madrasah Ibtidaiyah, pengembangan Inovasi dan kreativitas Sumber Daya Manusia (SDM) Madrasah, membangun Jaringan Kerja (Networking), dan kemampuan Madrasah dalam mengembangkan diri. Adapun program Pengabdian Berbasis Madrasah ini terdiri dari Program pengenalan dasar Smart School “Whiteboard Animation with Videoscribe” Berbasis ICT Education Era Revolusi Industri 5.0. pada MIN Kabupaten Bireuen, dan Program Pemberdayaan para guru Madrasah Ibtidaiyah di wilayah Kabupaten Aceh Utara. Berdasarkan hasil pelaksanaan pengabdian ini diperoleh bahwa para peserta baik dari guru dan kepala madrasah sangat tertarik dan antusias dalam mengikuti kedua program pengabdian berbasis madrasah ini, para peserta whiteboard animation dengan videoscribe ini mengharapkan agar tim pengabdian mau melaksanakan pelatihan lanjutan untuk mereka, sehingga mereka bisa belajar tuntas dan mampu merancang modul atau Renacan Pelaksanaan Pembelajaran dalam bentuk whiteboard animation dengan videoscribe. Peserta program pemberdayaan guru madrasah di wilayah kabupaten Aceh Utara, mereka juga mengharapkan dan menginginkan agar supaya pelaksanaan program pemberdayaan guru madrasah ini dapat dilanjutkan dengan melakukan kerjasama maupun hubungan kemitraan antara madrasah dan lembaga dari tim pengabdian yaitu dengan IAIN Lhokseumawe.
References
Azra. Azyumardi. (2000). Pendidikan Islam; = Tradisi dan Modernisasi Menuju Millennium Baru. Ciputat. Logos.
Choiri Miftachul Moh. (2014) dengan judul tulisannya yaitu “Pemberdayaan Madrasah dan Pendidikan Berbasis Masyarakat” jurnal Tarbiyah Vol 21 No.2 Juli Desember 2014. Jawa Timur Ponorogo.
Saman. Tinjauan Teoritis Pembelajaran Berbasis Videoscrive Pada Siswa. (Prosiding Seminar Nasional: ISSN 2443-1109.Vol 3 No.1, Universitas Cokroaminoto Palopo, 2016). Hal. 386
Samroh Siti (2017). Pastisipasi Masyarakat Dalam Pengembangan Madrasah Ibtidaiyah di Kecamatan Purwojati Kabupaten Banyumas. Tesis’ Prodi Manajemen Pendidikan Islam, Pascasarjana IAIN Purwokerto.
Downloads
Published
Issue
Section
License
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).