STRATEGI CAPACITY BUILDING DALAM PERSPEKTIF KOMPETENSI PROFESIONAL UNTUK MENINGKATKAN KINERJA GURU MI
DOI:
https://doi.org/10.22373/pjp.v9i1.7147Abstract
Rendahnya kinerja guru disebabkan tidak maksimalnya guru dalam mempersiapkan diri untuk lebih berkompeten dalam mengajar baik secara eksternal maupun internal dengan menambah wawasan pengetahuannya seperti mengikuti pelatihan,workshop, seminar dan lain-lain. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kinerja guru dengan strategi capacity building di tinjau dari kompetensi profesional. Penelitian ini menggunakan penelitian Diskriptif. Sampel penelitian diperoleh dengan porpusive sampling dari guru-guru yang berada disekolah-sekolah Madrasah Ibtidaiyah sebanyak 150 guru. Instrumen Penelitian berupa angket. Tehnik analisis data menggunakan prosentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Peningkatan kinerja guru Madrasah Ibtidaiyah di langsa masih sebagian kecil yang sudah meningkat yaitu 34,53% . Strategi capacity building yang dilakukan dalam peningkatan kinerja guru berupa inservice training dalam pendidikan dan pelatihan masih sedikit sekali yang mengikutinya yaitu 8.6%
References
Ade, Cahyana. “Pengembangan Kompetensi Profesional Guru Dalam Menghadapi Sertifikasi.”Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan: Vol. 16, Nomor 1, (2010) Januari, pp.85-92
Ahmad susanto. (2016). Manajemen Peningkatan Kinerja Guru Konsep,Strategi dan Implementasinya. Jakarta : Kencana
Ambarita,B.P.Siburian.B.Situmorang dan S.Purba. (2014). Perilaku Organisasi. Bandung: Alfabeta
Bangun Wilson. (2012). Manajemen Sumber daya Manusia; Jakarta;Erlangga
Depdiknas. (2006). Rencana Strategis Pendidikan Nasional: Konferensi nasional revitalisasi pendidikan. Jakarta: Depdiknas
Gibson, James L,John M, Ivancevich; James H.Donnelly,Jr, and Robert Konopaske. (2009). Organizations: Behavior, sructure, Processes,Ny: Library of congress Catalog-in-pucblication.
John Whitmore. (1997), Coahing Performance, Terjemahan Dwi Helly Purnomo & Louis Novianto Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Maurice Galdon & Brian Simon. (1994). Progres dan PerFormance in The Primary Classroom (London : Routledge & Kegan Paul)
Nasir Usman. (2012). Manajemen Peningkatan Mutu Kinerja Guru Konsep,Teori Dan Model, Bandung; Cita Pustaka Media Perintis.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung; Alfabeta.
Supardi. (2016). Kinerja Guru, Jakarta; PT Rajagrafindo Persada
Susanto,Ahmad. (2016). Konsep, Strategi, dan Implementasi Manajemen peningkatan Kinerja Guru. Jakarta; Prenadamedia Group
Sutrisno Hadi. (2018) Metode Research Untuk Penulisan Paper, Skripsi, Thesis Jilid II. (Yogyakarta: Fakultas Psikologi Universitas Gajah Mada,),
Soelaiman, Darwis A. (2002). Sejarah Pendidikan Guru di Aceh, Provinsi Nangroe Aceh Darussalam: Majelis Pendidikan Daerah.
Uno,Hamzah.b. (2014). Teori Kinerja Dan Pengukurannya, Jakarta; bumi aksara
Wibowo. (2013). Manajemen Kinerja. Jakarta
Downloads
Published
Issue
Section
License
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).