STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MUTU GURU DI MI MA’RIF BEGO’ YOGYAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.22373/pjp.v9i1.7148Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengkaji dan juga mendeskripsikan strategi kepala madrasah dalam meningkatkan mutu guru di MI Ma’rif Bego, Yogyakarta. Penelitian ini termasuk kedalam pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data interview/wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian yaang dipilih penulis ialah random sampling yaitu kepala madrasah dan beberapa guru MI Ma’rif Bego’. Adapun tahap yang digunakan dalam menganalisis data yaitu redukksi data, menyajikan data dan membuat/menarik kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa dalam melaksanakan pembelajaran terdapat beberapa guru di MI Ma’arif Bego Yogyakarta yang berperan sebagai guru kelas dan guru olah raga yang mengajar tidak sesuai dengan kualifikasi displin ilmu yang dimilikinya. Untuk mengatasi masalah tersebut, kepala madrasah melakukan beberapa macam strategi dalam menigkatkan mutu guru di MI Ma’rif Bego’ untuk mencapai pendidikan yang berkualitas sesuai dengan tujuan sistem pendidikan nasional, yaitu dengan cara mengadakan dan mengikutkan para guru dalam foum ilmiah berupa pelatihan, workshop, seminar, lokakarya dan kursus untuk memperluas pegetahuan dan juga wawasan guru mengenai dunia pendidikan, membiasakan agar disiplin tentang bagaimana cara memanfaatkan waktu secara efektif dan efesien, dan melakukan supervisi (pengawasan) terkait penyusunan dan pelaksanaan pembelajaran di kelas.
References
Akdon. 2007. Strategi Manajemen Untuk Manajemen Pendidikan. Bandung: Alfabet.
Bahan pendidikan dan Pelatihan Profesi Guru (PLPG) yang disiapkan oleh Kementerian Agama Tahun 2013.
Darmawan, Deni. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Fathurrohman, Pupuh dan Aa Suryana, Guru Profesional. Bandung: Refika Aditama.
Kadir, Abdul. Dkk. 2012, Dasar-Dasar Pendidikan, Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Mujiburrahman, M. (2018). Pendidikan Sains Islami dan Pembentukan Karakter Bangsa. Prosiding Biotik, 5(1).
Mujiburrahman, M. (2019). State and Religion in Aceh: The Competences of Religious Education Teachers (Referring to ACT 14, 2005).
Mahmud, Choirul. 2010. Pendidikan Multikultural. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Qowim, Muhammad. 2013. Manajemen Lembaga Pendidikan Islam. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga.
Siana, Aliman. 2011. Prespektif Perencanaan Pendidikan. Bengkulu: FKIP UNIB.
Susanto, Ahmad. 2016. Manajemen Peningkatan Kinerja Guru: Konsep, Strategi, dan Implementasinya. Jakarta: Kencana.
Undang-Undang No. 20 Tahun 2003. 2011. Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sinar Grafika Offset.
Uriatman, Markis. 2015. Upaya Kepala madrasah dalam Meningkatkan Kedisiplinan Guru, (Jurnal Manajer Pendidikan, Vol. 9, nomor 6, November 2015. Diakses pada tanggal 12 November 2019.
Wahyuni, Sri. 2013. Studi Kepala madrasah dalam Meningkatkan Mutu Guru (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Seluma). Universitas Bengkulu: Program Studi Magister Administrasi/Manajemen Pendidikan.
Downloads
Published
Issue
Section
License
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).