PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA MI
DOI:
https://doi.org/10.22373/pjp.v9i1.7151Abstract
Perkembangan kognitif anak usia MI adalah perubahan kemampuan mental seperti belajar, menalar, berpikir, dan berbahasa. Proses yang berkesinambungan yang membentuk struktur yang diperlukan dalam interaksi terus menerus dengan lingkungan. Struktur yang dibentuk oleh kecerdasan, pengetahuan sangat subjektif waktu masih bayi dan masa kanak-kanak awal dan menjadi objektif dalam masa dewasa awal. Jadi intinya perkembangan kognitif anakusia MI harus disesuaikan dengan kemampuan belajar dan menerima pembelajaran dari setiap pendidik. Pendidik pun harus dapat menyesuaikan sampai dimana kemampuan otak para peserta didik dapat menerima pembelajaran, jadi jangan sampai materi yang jauh di atas kemampuan mereka membuat motivasi belajar dan merusak struktur kognitif mereka.
References
Desmita. 2014. Psikologi Perkembangan Peserta Dididk. Bandung: Remaja Rosdakarya.
E Fatimah. 2009. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Pustaka Setia.
Hirmaningsih Muklis. 2010. Teori Psikologi Perkembangan. Jakarta: Bumi Aksara.
Mitaelmi. 2012. Perkembangan Kognitif Anak Usia MI. Jakarta: Erlangga.
Martini Jamararis. 2006. Perkembangan dan Perkembangan Anak UsiaTaman Kanak kanak. Jakarta: Grasindo.
M. Kaplan Robert, 2012. Pungukuran Psikologi, Jakarta: Arianto.
Santrock John W. 2011. Masa Perkembangan Anak, (Jakarta: Selamba Humanika.
Upton Penney. 2012. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Remaja Rosdakarya.Yusuf
Syamsu. 2002. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Downloads
Published
Issue
Section
License
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).