PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA MI

Darmiah Darmiah

Abstract


Perkembangan kognitif anak usia MI adalah perubahan kemampuan mental seperti belajar, menalar, berpikir, dan berbahasa. Proses yang berkesinambungan yang membentuk struktur yang diperlukan dalam interaksi terus menerus dengan lingkungan. Struktur yang dibentuk oleh kecerdasan, pengetahuan sangat subjektif waktu masih bayi dan masa kanak-kanak awal dan menjadi objektif dalam masa dewasa awal. Jadi intinya perkembangan kognitif anakusia MI harus disesuaikan dengan kemampuan belajar dan menerima pembelajaran dari setiap pendidik. Pendidik pun harus dapat menyesuaikan sampai dimana kemampuan otak para peserta didik dapat menerima pembelajaran, jadi jangan sampai materi yang jauh di atas kemampuan mereka membuat motivasi belajar dan merusak struktur kognitif mereka.


Full Text:

PDF

References


Desmita. 2014. Psikologi Perkembangan Peserta Dididk. Bandung: Remaja Rosdakarya.

E Fatimah. 2009. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Pustaka Setia.

Hirmaningsih Muklis. 2010. Teori Psikologi Perkembangan. Jakarta: Bumi Aksara.

Mitaelmi. 2012. Perkembangan Kognitif Anak Usia MI. Jakarta: Erlangga.

Martini Jamararis. 2006. Perkembangan dan Perkembangan Anak UsiaTaman Kanak kanak. Jakarta: Grasindo.

M. Kaplan Robert, 2012. Pungukuran Psikologi, Jakarta: Arianto.

Santrock John W. 2011. Masa Perkembangan Anak, (Jakarta: Selamba Humanika.

Upton Penney. 2012. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Remaja Rosdakarya.Yusuf

Syamsu. 2002. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pjp.v9i1.7151

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 PIONIR: JURNAL PENDIDIKAN



View My Stats

View My Stats


Indexed By:

 


PIONIR: Jurnal Pendidikan
P-ISSN 2339-2495
E-ISSN 2549-6611

Publised by Prodi PGMI FTK UIN Ar-Raniry Banda Aceh


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

Flag Counter