PENDEKATAN PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN DI ACEH
DOI:
https://doi.org/10.22373/pjp.v9i1.7166Abstract
Pengembangan suatu daerah harus dimulai dengan pengembangan pendidikan dan pengembangan pendidikan dimulai dari pengembangan kurikulum. Salah satu pendekatan yang dapat digunakan dalam pengembangan kurikulum adalah pendekatan rekontruksionisme konservatifyaitu peningkatan kualitas hidup suatu masyarakat dengan mencari solusi terhadap masalah-masalah yang paling mendesak yang mereka hadapi. Sedangkan model pengembangan yang dapat pilih adalah model pengembangan yang dikembangkan oleh Hilda Taba yang dimulai dengan melaksanakan percobaan-percobaan, kemudian baru dikembangkan menjadi suatu kurikulum baku untuk dilaksanakan. Aceh sebagai daerah syari’at dalam pengembangan kurikulum ini, nilai-nilai yang terdapat dalam al-Quran dan Hadist harus menjadi falsafah pengembangannya.
References
Fadila Adelin (brl/pep), https://www.brilio.net/news/sudah-11-kali-ganti-ini-beda-kurikulum-pendidikan-dari-masa-ke-masa-150502x.html. Diekses tgl.18 November 2019
Fithri Wahyuni, Kurikulum dari masa ke masa (Tela’ah atas Pentahapan Kurikulum di Indonesia. Jurnal Al-Adabiya-Vol.10 No.2, Juli-Desember 2015.
Mohamad Johdi Salleh, The Principles of Education in Islam. International Seminar on Philosophy and Islamic Education, 2-3 August 2008. Venue MUIS, Singapore. Organiser, Majlis Ugama Islam Singapore.
Muhaimin, Wacana Pengembangan Pendidikan Islam, (Surabaya: Pustaka Pelajar, 2004).
Nana Syaodih Sukmadinata, Pengembangan Kurikulum: Teori dan Praktik, Bandung, Remaja Rosda Karya, Cet. Ke 5, 2002.
Oemar Hamalik, Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum, (Bandung: Remaja Rosda Karya, 2008).
S.Susanto, Kurikulum dan Pengajaran, (Jakarta: Bumi Aksara, 2006).
Undang-Undang N0.20 Tahun 2003 pasal 3
Wina Sanjaya, Kurikulum dan Pembelajaran: Teori dan Praktik Pengembangan KurikulumTingkat Satuan Pendidikan (KTSP), Jakarta, Kencana Prenada Media Group, Cet. II, 2009.
Zainal Arifin, Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum, Konsep, Teori, Prinsip, Prosedur, Komponen, Pendekatan, Model, Evaluasi dan Inovasi, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2011).
Downloads
Published
Issue
Section
License
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).