MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL: LITERATURE REVIEW

Fatmawati Fatmawati, Wahyu Sukartiningsih, Titik Indarti

Abstract


The use of media and learning methods is the right solution for basic education teachers to develop students' skills. The media most likely to be applied in schools is the use of audio media. The research objective was to determine the benefits of audio-visual media in learning the speaking skills of low-grade students (Elementary School). This type of research uses qualitative research with literature review methods. The library selection technique is based on audiovisual media keywords on speaking skills. The literature comes from accredited national journals on Google Scholar with a publication limit of the last 10 years. The literature study technique uses a synthetic matrix based on reference sources, types of samples, methods, interventions, and findings. The results obtained in this study are as many as 12 journals about audio-visual learning media. The conclusion of this study is that it is found that audio-visual media that can be applied in the learning process include the audiobilingual method assisted by wayang media, the VAKS method (Visual, auditors, kinesthetic, suggestopedia), role playing learning using audio-visual media, the re-reading method - said with the aid of a tape recorder, learning model SAVI (Somatis Auditory Visual Intellectual), learning using film media, learning retelling methods using audio-visual media.


Keywords


Learning Media, Audio Visual

Full Text:

PDF

References


Adyani, Ni Putu Eka Ari., I Wayan Suwatra, dan Ketut Pudjawan. 2016. Penerapan Metode Audiobilingual Berbantuan Media Wayang untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas IV. E-Journal PGSD. Vol. 4 (1) 1-11

Ariestyawati, Rina., Siti Halidjah, dan Tahmid Sabri. 2013. Peningkatan Keterampilan Berbicara Menggunakan Media Audiovisual pada Siswa Kelas II. Artikel penelitian skripsi. 1-13

Cahyani, Novianti Ayu., Dadan Djuanda, dan Ali Sudin. 2017. Penerapan Metode VAKS (Visual, Auditory, Kinesthethic, Sugestopedia) untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara pada Materi Memerankan Tokoh Drama. Jurnal Pena Ilmiah. Vol. 2(1) 1571-1580.

Dewi, Anak Agung Istri Kristiana. 2020. Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Melalui Model Pembelajaran Role Playing Berbantuan Media Audio Visual. Jurnal Mimbar Ilmu. Vol. 25 (3) 449-459

Fauziyyah, Zahratul. 2019. Pengembangan Media Video Pembelajaran untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak dan Berbicara Siswa Kelas III. Skripsi: UIN Malik Ibrahim Malang

Istiqomah, Livia., Murtono, dan Fina Fakhriyah. 2020. Peningkatan Keterampilan Berbicara Siswa melalui Model Role Playing Berbantuan Media Visual di Sekolah Dasar. Naturalistic. Vol. 5(1) 650-660

Kurnia, Rini., Zainuddin, dan Siti Halidjah. 2015. Pengaruh Penggunaan Media Audiovisual terhadap Kemampuan Berbicara Siswa Kelas V. Artikel penelitian Tanjung Pura. 1-10

Muthmainnah, Zharfa., Fahrurrozi, dan Herlina. 2019. Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual terhadap Keterampilan Berbicara pada Peserta Didik Kelas V Sekolah dasar. Dinamika Sekolah Dasar. DOI: doi.org/10.21009/DSD.XXX.

Pirda., Bachtiar Syamsuddin, dan Siti Mutmainnah. 2017. Efektivitas Media Audio Visual terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab pada Keterampilan Berbicara Siswa Kelas X. Artikel Penelitian UNM. 1-14

Rahmawati, Sri. 2014. Pengaruh Media Audio Visual (Kartun) terhadap Keterampilan Bercerita pada Siswa Kelas III. Skripsi: UIN Syarif Hidayatullah.

Ratnasari, Ni Ketut Windu, Ni Wayan Arini, dan I Nyoman Murda. 2016. Penerapan Metode Simak Ulang-Ucap Berbantuan Media Audio untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas II. E-Journal PGSD. Vol. 4(1) 1-12

Rulia, Masturi., Edi Suyanto, dan Iqbal Hilal. 2013. Pemanfaatan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Aktivitas Siswa dan Keterampilan Berbicara (Bebalah). Jurnal Tujuh Lampung. 1-10

Santoso, Budi dan Deasylinada Ary. 2014. Peningkatan Keterampilan Berbicara Krama Lugu melalui Model Role Playing Berbantuan Media Audiovisual. Joyful Learning Journal. Vol. 3(2) 17-24

Sarjiyati. 2017. Peningkatan Kemampuan Berbicara Siswa SD melalui Metode Diskusi dengan Bantuan Media Audio Visual. Jurnal Ideguru. Vol.2(2) 13-25

Sholihah, Aqmarina Mar’atus., Sandi Budi Irawan, dan Dwi Heryanto. 2017. Penerapan Model Pembelajaran SAVI untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Gurus Sekolah Dasar. Vol. 2 (1) 52-62

Soliah, Yuliatun. 2010. Peningkatan Kemampuan Bercerita menggunakan Media Film Kartun. Skripsi: UNNES

Syahrin, Alfi dan Amrun Bin. 2020. Pengaruh Penggunaan Audiovisual dan Motivasi Belajar terhadap Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris di SMAN 3 Takengon. Jurnal Kande. Vol. 1 (1) 21-31

Wibowo, Muhammad Agus Tri. 2019. Peningkatan Keterampilan Berbicara menggunakan Media Audio Visual dengan Metode Menceritakan Kembali pada Siswa SD. Naskah Publikasi: UMY Surakarta.

Widiantara, I Gede., Putu Parmiti, dan I Dewa Kade Tastra. 2014. Pengaruh Metode Pembelajaran Role Playing Berbantuan Media Audio Visual terhadap Keterampilan Berbicara Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V. E-Journal PGSD. 1-10.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pjp.v10i1.9748

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Fatmawati Fatmawati, Wahyu Sukartiningsih, Titik Indarti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

View My Stats


Indexed By:

 


PIONIR: Jurnal Pendidikan
P-ISSN 2339-2495
E-ISSN 2549-6611

Publised by Prodi PGMI FTK UIN Ar-Raniry Banda Aceh


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

Flag Counter