MODEL KEPEMIMPINAN TEUNGKU DI PESANTREN MARKAZ AL-ISHLAH AL-AZIZIYAH BANDA ACEH
DOI:
https://doi.org/10.22373/psikoislamedia.v7i1.10215Keywords:
Kepemimpinan, Teungku, PesantrenAbstract
Kepemimpinan merupakan proses mempengaruhi dari seorang individu terhadap orang lain untuk mencapai sebuah tujuan bersama. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan bagaimana model kepemimpinan Teungku di Pesantren Markaz Al-Ishlah Al-Aziziyah Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Subjek penelitian berjumlah 7 informan yang diambil dengan menggunakan teknik proportional stratified random sampling. Hasil penelitian menunjukan model kepemimpinan Teungku Pesantren Markaz Al-Ishlah Al-Aziziyah Banda Aceh adalah karismatik. Kepemimpinannya dipandang memiliki keunggulan baik secara moral maupun pengetahuan agama Islam, kekuasaan berada di tangan pimpinan sehingga pola kepemimpinannya cenderung otoriter. Adapun kelebihannya adalah hubungan antara anggota dan pimpinan berjalan dengan sistem kekeluargaan sehingga komunikasi anggota dan pimpinan sangat mudah, serta kewibawaan yang dimiliki sangat tinggi. Kelemahan yang dimiliki pemimpin yaitu kurang menjaga kesehatan, kurangnya kedisiplinan dan terbaginya waktu pimpinan yang memiliki jabatan penting lain di luar pesantren.
References
Anwar, A. (2011). Pengembangan model kepemimpinan kepala sekolah yang efektif. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 17(2), 215-224.
Assilahi, T. F., Sunaryo, H., & ABS, M. K. (2018). Kepemimpinan kharismatik kyai dan motivasi kerja pengaruhnya terhadap kinerja guru (pondok pesantren Ppai Darun Najah, Ngijo, Karangploso, Malang). E-Jurnal Riset Manajemen, 7(10), 108-119.
Azis, A. (2017). Educational administration: Concepts and practices. Journal of Islamic Education Management. 3(2), 65-79.
Danim, S. (2012). Kepemimpinan pendidikan kepemimpinan jenius (iq+eq), etika, perilaku motivasional, dan mitos. Bandung: Alfabeta.
Goleman, D. (2004). Primal leadership: Kepemimpinan berdasarkan kecerdasan emosi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Herman. (2013). Tradisi dan modernisasi menuju milenium baru. Jurnal Al-Ta'dib, 6(2), 145-158.
Kartono, K. (2016). Pemimpin dan kepemimpinan. Apakah kepemimpinan abnormal itu?. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Lokadata (2020). Jumlah pesantren menurut provinsi. https://lokadata.beritagar.id/chart/preview/jumlah-pesantren-menurut-provinsi-2020-1592279374
Mardiyah, M. (2018). Pengaruh gaya kepemimpinan dan kemampuan supervisi kepala madrasah terhadap kinerja guru pada Man kota Serang (studi Man 1 dan Man 2). (Unpublish Dissertation). Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin, Banten.
Muhakamurrohman, A. (2014). Abangan, santri, dan priyayi dalam masyarakat jawa. Jurnal Kebudayaan Islam, 12(2), 109-118. https://doi.org/10.24090/ibda.v12i2.440
Purwanto, I. A., & Muhammad, A. (2015). Kepemimpinan kyai dalam membentuk etos kerja santri. Jurnal Manajemen Dakwah, 1(2), 229-243.
Robins, S. P., & Judge, T. A. (2018). Essentials of organizational behavior (ed.14th). New York: Pearson Education.
Suharsaputra, U. (2016). Kepemimpinan inovasi pendidikan. Bandung: PT Refika Aditama.
Suharto, B. (2011). Reinventing eksistensi pesantren di era globalisasi. Surabaya: Imtiyaz.
Suhendar., Soedjarwo., & Basuki, I. (2017). Analisis pengaruh kepemimpinan kyai, budaya pesantren, dan motivasi kerja guru terhadap mutu pendidikan pesantren di provinsi Banten. Jurnal Pendidikan Penelitian. 34(2), 161-171.
Sukamto. (1999). Kepemimpinan kyai dalam pesantren. Jakarta: IKAPI.
Suyanta, S. (2012). Idealitas keandirian dayah. Jurnal Ilmiah Islam Futura, 11(2), 17-37. http://dx.doi.org/10.22373/jiif.v11i2.52
Ummi, L. (2011). Gaya kepemimpinan kharismatik Kh. Muhammad Hasandi pondok pesantren Baitul Ulum Pasuruan. (Unpublished Theses). UIN Sunan Ampel, Surabaya.
Wirawan. (2013). Kepemimpinan: Teori, psikologi, perilaku organisasi, aplikasi dan penelitian. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish in this Journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Acces)