MODEL KEPEMIMPINAN TEUNGKU DI PESANTREN MARKAZ AL-ISHLAH AL-AZIZIYAH BANDA ACEH

Winda Putri Diah Restya, Sukri Karim, Roni Arliansyah

Abstract


Kepemimpinan merupakan proses mempengaruhi dari seorang individu terhadap orang lain untuk mencapai sebuah tujuan bersama. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan bagaimana model kepemimpinan Teungku di Pesantren Markaz Al-Ishlah Al-Aziziyah Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Subjek penelitian berjumlah 7 informan yang diambil dengan menggunakan teknik proportional stratified random sampling. Hasil penelitian menunjukan model kepemimpinan Teungku Pesantren Markaz Al-Ishlah Al-Aziziyah Banda Aceh adalah karismatik. Kepemimpinannya dipandang memiliki keunggulan baik secara moral maupun pengetahuan agama Islam, kekuasaan berada di tangan pimpinan sehingga pola kepemimpinannya cenderung otoriter. Adapun kelebihannya adalah hubungan antara anggota dan pimpinan berjalan dengan sistem kekeluargaan sehingga komunikasi anggota dan pimpinan sangat mudah, serta kewibawaan yang dimiliki sangat tinggi. Kelemahan yang dimiliki pemimpin yaitu kurang menjaga kesehatan, kurangnya kedisiplinan dan terbaginya waktu pimpinan yang memiliki jabatan penting lain di luar pesantren.


Keywords


Kepemimpinan; Teungku; Pesantren

Full Text:

PDF

References


Anwar, A. (2011). Pengembangan model kepemimpinan kepala sekolah yang efektif. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 17(2), 215-224.

Assilahi, T. F., Sunaryo, H., & ABS, M. K. (2018). Kepemimpinan kharismatik kyai dan motivasi kerja pengaruhnya terhadap kinerja guru (pondok pesantren Ppai Darun Najah, Ngijo, Karangploso, Malang). E-Jurnal Riset Manajemen, 7(10), 108-119.

Azis, A. (2017). Educational administration: Concepts and practices. Journal of Islamic Education Management. 3(2), 65-79.

Danim, S. (2012). Kepemimpinan pendidikan kepemimpinan jenius (iq+eq), etika, perilaku motivasional, dan mitos. Bandung: Alfabeta.

Goleman, D. (2004). Primal leadership: Kepemimpinan berdasarkan kecerdasan emosi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Herman. (2013). Tradisi dan modernisasi menuju milenium baru. Jurnal Al-Ta'dib, 6(2), 145-158.

Kartono, K. (2016). Pemimpin dan kepemimpinan. Apakah kepemimpinan abnormal itu?. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Lokadata (2020). Jumlah pesantren menurut provinsi. https://lokadata.beritagar.id/chart/preview/jumlah-pesantren-menurut-provinsi-2020-1592279374

Mardiyah, M. (2018). Pengaruh gaya kepemimpinan dan kemampuan supervisi kepala madrasah terhadap kinerja guru pada Man kota Serang (studi Man 1 dan Man 2). (Unpublish Dissertation). Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin, Banten.

Muhakamurrohman, A. (2014). Abangan, santri, dan priyayi dalam masyarakat jawa. Jurnal Kebudayaan Islam, 12(2), 109-118. https://doi.org/10.24090/ibda.v12i2.440

Purwanto, I. A., & Muhammad, A. (2015). Kepemimpinan kyai dalam membentuk etos kerja santri. Jurnal Manajemen Dakwah, 1(2), 229-243.

Robins, S. P., & Judge, T. A. (2018). Essentials of organizational behavior (ed.14th). New York: Pearson Education.

Suharsaputra, U. (2016). Kepemimpinan inovasi pendidikan. Bandung: PT Refika Aditama.

Suharto, B. (2011). Reinventing eksistensi pesantren di era globalisasi. Surabaya: Imtiyaz.

Suhendar., Soedjarwo., & Basuki, I. (2017). Analisis pengaruh kepemimpinan kyai, budaya pesantren, dan motivasi kerja guru terhadap mutu pendidikan pesantren di provinsi Banten. Jurnal Pendidikan Penelitian. 34(2), 161-171.

Sukamto. (1999). Kepemimpinan kyai dalam pesantren. Jakarta: IKAPI.

Suyanta, S. (2012). Idealitas keandirian dayah. Jurnal Ilmiah Islam Futura, 11(2), 17-37. http://dx.doi.org/10.22373/jiif.v11i2.52

Ummi, L. (2011). Gaya kepemimpinan kharismatik Kh. Muhammad Hasandi pondok pesantren Baitul Ulum Pasuruan. (Unpublished Theses). UIN Sunan Ampel, Surabaya.

Wirawan. (2013). Kepemimpinan: Teori, psikologi, perilaku organisasi, aplikasi dan penelitian. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/psikoislamedia.v7i1.10215

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Winda Putri Diah Restya, Sukri Karim, Roni Arliansyah

PSIKOISLAMEDIA
Published by Faculty of Psychology UIN Ar-Raniry

Journal Secretariat:
Jl. Syeikh Abdur Rauf, Fakultas Psikologi, Kopelma Darussalam UIN Ar-Raniry, Banda Aceh, 23111,
e-mail: psikoislamedia@ar-raniry.ac.id

INDEXED BY:

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.