UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR MELALUI PENERAPAN SELF REGULATED LEARNING PADA SISWA SD MUHAMMADIYAH 1 GKB
DOI:
https://doi.org/10.22373/psikoislamedia.v9i2.26505Keywords:
Motivasi Belajar, Self-Regulated Learning, Pembelajaran Mandiri.Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV di SD Muhammadiyah 1 GKB, yang menunjukkan motivasi belajar rendah. Pentingnya penelitian ini terletak pada upaya untuk mengatasi masalah rendahnya motivasi belajar, yang dapat memengaruhi prestasi akademik siswa. Penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif, dengan observasi, wawancara, dan pengamatan lapangan sebagai teknik pengumpulan data. Intervensi dilakukan melalui penerapan teknik Self-Regulated Learning yang meliputi penguatan diri, pengamatan model, efikasi diri, dan pembelajaran mandiri. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam motivasi belajar kedua subjek, yang ditandai dengan kemampuan mereka menyelesaikan tugas secara mandiri dan mengontrol proses belajar. Kesimpulannya, teknik Self-Regulated Learning terbukti efektif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Hasil ini menunjukkan pentingnya penerapan metode ini dalam lingkungan pendidikan untuk membantu siswa meningkatkan kemandirian dan motivasi belajar.
References
Asmoro, N. D. (2018). EFEKTIVITAS PELATIHAN SELF REGULATION LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA (Penelitian pada Siswa Kelas VIII F SMP Negeri 11 Kota Magelang) (Doctoral dissertation, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang).
Dewi, D. P. A. Y. K., Agustiana, I. G. A. T., & Rati, N. W. (2023). Media Interaktif Berbasis Games-Quiz Materi Tumbuhan Muatan IPAS Kurikulum Merdeka Untuk Kelas IV. Educatio, 18(1), 61-75.
Febrita, Y., & Ulfah, M. (2019). Peranan media pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 5(1)
Gani, M. A., Tumewu, W. A., & Wola, B. R. (2022). Motivasi belajar siswa Kelas VII SMP Anugerah Tondano pada pembelajaran IPA di era pandemi covid-19. SCIENING: Science Learning Journal, 3(1), 8-13.
Habib, A., Astra, I. M., & Utomo, E. (2020). Multimedia: Media Pembelajaran IPA Untuk Siswa Sekolah Dasar. Proceeding UMSurabaya.
Indarini, A. D., & Abidin, Z. (2022). Implementasi Media Smartpoli dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar pada Pembelajaran di Era Pandemi. Jurnal Basicedu Vol, 6(1).
Indaty, N. (2022). Hubungan Kecerdasan Spiritual dengan Self-Regulated Learning pada Siswa SMP Babul Istiqamah Kabupaten Aceh Barat Daya (Doctoral dissertation, UIN Ar-Raniry).
Melinda, R., & Eta, K. (2020). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Rendahnya Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika. Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Rendahnya Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika.
Muawanah, E. I., & Muhid, A. (2021). Strategi Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Selama Pandemi Covid–19: Literature Review. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 12(1).
Mulyani, R. R., Chandra, Y., & Nita, R. W. (2023). Self-Regulated Learning (SRL) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik di SDN 35 VII Koto Sungai Sarik. Human: Journal of Community and Public Service, 2(2).
Putro, H. E., Sugiyadi, S., & Pranoto, H. (2018). Peningkatan Motivasi Belajar Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Self-Regulated Learning. JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia), 3(1), 1-5.
Rahman, S. (2022, January). Pentingnya motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar.
Rahmawati, R. (2016). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Siswa Kelas X SMA N 1 Piyungan Pada Mata Pelajaran Ekonomi Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan dan Ekonomi, 5(4), 326-336.
Rofiq, A. A., Anjaina, A., Romdloni, R., & Ulwiyah, N. (2022). Media Quizizz Mampu Mengatasi Kejenuhan Siswa dalam Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(1), 101-112.
Sururuddin, M., & Prihatini, N. (2018). Analisis Berbagai Faktor Penyebab Rendahnya Motivasi Belajar Siswa Kelas Iv Sdn 3 Tebaban. Jurnal didika: wahana ilmiah pendidikan dasar, 4(1), 56-61.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish in this Journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Acces)