Kompetensi Sikap Mahasiswa Calon Guru Di Universitas Islam Riau
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kompetensi sikap mahasiswa calon guru di Universitas Islam Riau angkatan 2017/2018. Jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Lokasi penelitian dilaksanakan di FKIP Universitas Islam Riau. Sedangkan yang menjadi subjek penelitian adalah mahasiswa calon guru FKIP Univeristas Islam Riau yang berjumlah 100 orang dengan teknik pengambilan sampel cluster random sampling. Tahapan penelitian dilakukan dengan tiga tahap, yaitu: 1) pra lapangan; 2) pekerjaan lapangan; dan 3) analisis data. Teknik pengumpulan data menggunakan angket skala sikap. Metode analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif, statistik ini ditujukan untuk mengumpulkan data, menyajikan data dan menentukan nilai. Hasil penelitian dituangkan dalam 4 kategori yaitu baik sekali, baik, cukup, dan kurang. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan penelitian ini yaitu kompetensi sikap calon guru mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Riau termasuk kategori baik dengan persentase sebesar 53% dari total sampel. Hal ini membuktikan bahwa mahasiswa calon guru FKIP UIR memiliki kompetensi sikap yang baik untuk menjadi calon guru.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Azwar, S. (2011). Sikap Manusia: Teori dan pengukurannya. Jakarta: Pustaka Pelajar.
Costa, A. C., Roe, R. A., & Taillieu, T. (2001). Trust within teams: The relation with performance effectiveness. European Journal of Work and Organizational Psychology.
Moleong, Lexy J. (2007) Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Miles, Matthew dan Huberman, A. Michael. 1992. Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber Tantang Metode-Metode Baru. Jakarta: UI Press.
Notoatmodjo, Soekidjo. 2003. Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta.
Rosdiani, Dini. 2015. Kurikulum Pendidikan Jasmani. Bandung: Alfabeta.
Powell, Ww and Paul J. DiMaggio. 1997. The New Institutionalism in Organizational Analysis, The University of Chicago Press, London.
Robbins P. Stephen. 2006. Organization Behaviour, Concepts, Controversies, Application. Seventh Edition. New York: Prentice Hall, Inc.
R. Palan , 2007. Competency Management. PPM Indonesia : Jakarta.
Suryana, D. (2013). Pengetahuan tentang strategi pembelajaran, Sikap, dan motivasi guru. Jurnal Ilmu Pendidikan, 19(2).
Undang-Undang Nomor 2 Tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarata.
Undang-Undang Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, Jakarata.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta.
Wawan, A dan Dewi, M. 2010. Teori dan Pengukuran Pengetahuan , Sikap dan Perilaku Manusia.. Yogyakarta : Nuha Medika.
DOI: http://dx.doi.org/10.22373/psikoislamedia.v5i1.4242
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Romi Cendra
Published by Faculty of Psychology UIN Ar-Raniry
Journal Secretariat:
Jl. Syeikh Abdur Rauf, Fakultas Psikologi, Kopelma Darussalam UIN Ar-Raniry, Banda Aceh, 23111,
e-mail: psikoislamedia@ar-raniry.ac.id
INDEXED BY:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.