Kompetensi Sikap Mahasiswa Calon Guru Di Universitas Islam Riau
DOI:
https://doi.org/10.22373/psikoislamedia.v5i1.4242Keywords:
Kompetensi, sikapAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kompetensi sikap mahasiswa calon guru di Universitas Islam Riau angkatan 2017/2018. Jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Lokasi penelitian dilaksanakan di FKIP Universitas Islam Riau. Sedangkan yang menjadi subjek penelitian adalah mahasiswa calon guru FKIP Univeristas Islam Riau yang berjumlah 100 orang dengan teknik pengambilan sampel cluster random sampling. Tahapan penelitian dilakukan dengan tiga tahap, yaitu: 1) pra lapangan; 2) pekerjaan lapangan; dan 3) analisis data. Teknik pengumpulan data menggunakan angket skala sikap. Metode analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif, statistik ini ditujukan untuk mengumpulkan data, menyajikan data dan menentukan nilai. Hasil penelitian dituangkan dalam 4 kategori yaitu baik sekali, baik, cukup, dan kurang. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan penelitian ini yaitu kompetensi sikap calon guru mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Riau termasuk kategori baik dengan persentase sebesar 53% dari total sampel. Hal ini membuktikan bahwa mahasiswa calon guru FKIP UIR memiliki kompetensi sikap yang baik untuk menjadi calon guru.
References
Azwar, S. (2011). Sikap Manusia: Teori dan pengukurannya. Jakarta: Pustaka Pelajar.
Costa, A. C., Roe, R. A., & Taillieu, T. (2001). Trust within teams: The relation with performance effectiveness. European Journal of Work and Organizational Psychology.
Moleong, Lexy J. (2007) Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Miles, Matthew dan Huberman, A. Michael. 1992. Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber Tantang Metode-Metode Baru. Jakarta: UI Press.
Notoatmodjo, Soekidjo. 2003. Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta.
Rosdiani, Dini. 2015. Kurikulum Pendidikan Jasmani. Bandung: Alfabeta.
Powell, Ww and Paul J. DiMaggio. 1997. The New Institutionalism in Organizational Analysis, The University of Chicago Press, London.
Robbins P. Stephen. 2006. Organization Behaviour, Concepts, Controversies, Application. Seventh Edition. New York: Prentice Hall, Inc.
R. Palan , 2007. Competency Management. PPM Indonesia : Jakarta.
Suryana, D. (2013). Pengetahuan tentang strategi pembelajaran, Sikap, dan motivasi guru. Jurnal Ilmu Pendidikan, 19(2).
Undang-Undang Nomor 2 Tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarata.
Undang-Undang Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, Jakarata.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta.
Wawan, A dan Dewi, M. 2010. Teori dan Pengukuran Pengetahuan , Sikap dan Perilaku Manusia.. Yogyakarta : Nuha Medika.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish in this Journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Acces)