URGENSI KECERDASAN SPIRITUAL TERHADAP AGRESIVITAS MAHASISWA
Abstract
Agresi sering diartikan sebagai suatu perilaku yang bertujuan untuk menyakiti orang lain baik secara fisik maupun verbal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, teknik penelitian yang digunakan adalah teknik korelasional yaitu suatu model penelitian yang bermaksud mengadakan penelitian dan penaksiran tentang karakteristik suatu populasi melalui sampel yang ditarik dari populasi tersebut. Berdasarkan temuan peneliti, kecerdasan spiritual berpengaruh positif dan signifikan terhadap Agresivitas Mahasiswa UIN Maulana Malik Ibrahim Malang yang ditunjukkan dengan nilai signifikansi kurang dari level of significant yaitu 0,050 atau (0,000 < 0,050) bahwa pengaruh Kecerdasan spiritual terhadap agresivitas Mahasiswa UIN Maulana Malik Ibrahim bersifat positif dan signifikan, dengan demikian semakin tinggi Kecerdasan spiritual maka akan semakin rendah agresivitas Mahasiswa UIN Maulana Malik Ibrahim.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustian, Ary Ginanjar. 2001. Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosidan Spiritual ESQ Emotional Spiritual Quotient. Jakarta: Arga.
Anderson James E,1984.Public Policy Making, New York, Holt, Rinehart and Wiston.
Aziz, Rahmat dan Mangestuti, retno. 2006. Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional Dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Agresivitas Pada Mahasiswa Uin Malang. El-Qudwah, Jurnal Penelitian dan Pengembangan.
Berkowitz, A. 2003. Applications of social norms theory to other health and social justice issues. Chapter 16 in H. W. Perkins (Ed.). The social norms approach to preventing school and college age substance abuse: A handbook for educators, counselors, clinicians. San Francisco: Jossey-Bass.
Berkowitz, A. D. 2003. The social norms approach: Theory, research and annotated bibliography. Higher Education Center for Alcohol and Other Drug Prevention, www.edc.org/hec/socialnorms/
Berkowitz, L. 2003. Emosional Behavior: Mengenali perilaku dan tindakan kekerasan di lingkungan sekitar kita dan cara penanggulangannya. Penerjemah: Hartatni Woro Susiatni. Jakarta: CV. Teruna Grafica.
Berkowitz, L. 2005. Agresi: Sebab & Akibatnya. Jakarta: PT Pustaka Binaman Pressindo.
Berkowitz, L. 2006. Emotional Behavior. Jakarta: Penerbit PPM
Buss, A.H & Perry, M. 1992. The Aggression Questionnaire.Journal of Personality and Social Psychology. The American Psychological Association, Inc.
Buzan, Toni. 2003. Kekuatan ESQ: 10 Langkah Meningkatkan Kecerdasan Emosional Spiritual, Terj. Ana Budi Kuswandani, cet 1. Jakarta: Pustaka Delapratohsa.
Departemen Pendidikan. 2002. Kamus Lengkap Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Hadi, S., 1996, Metodologi Research, (Jilid 3), Yogyakarta: Andi Offset
Hurlock,E.B.1993. Psikologi Perkembangan: Suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan (edisi kelima). Jakarta: Erlangga
Mednick. S.A. Higgins & Kirschenbaum. 1975. Exoloration in Behavior and ExperiencePsycholoqy New York: John Wiley and Sons.
Munasti, Cut. 2017. “Hubungan Antara Kecerdasan Spiritual dengan Tingkat Kesopanan Siswa di SMP Negeri 6 Banda Aceh. Skripsi. Banda Aceh: UIN Ar-Raniry Darussalam.
Nazir. M., 1987, Metode Penelitian, Jakarta: Ghalia Indonesia
Rudyanto, Edwin. 2010. Hubungan Antara Kecerdasan Emosi dan Kecerdasan Spiritual dengan Prilaku Prososial Pada Perawat. Surakarta: Fakultas Kedoktoran.
Tasmara, Toto. 2001. Kecerdasan Ruhiah (Transdental Intelegensi: Membentuk Kepribadian yang Bertanggung Jawab, Professional dan Berakhlak). Jakarta: Gema Insani Press.
Zohar, Donah dan Ian Marshal. 2004. Spritual Capital: Memberdayakan SQ di Dunia Bisnis, Bandung: Mizan Pustaka.
DOI: http://dx.doi.org/10.22373/psikoislamedia.v4i2.5398
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 M. Nawa Syarif Fajar Sakti
Published by Faculty of Psychology UIN Ar-Raniry
Journal Secretariat:
Jl. Syeikh Abdur Rauf, Fakultas Psikologi, Kopelma Darussalam UIN Ar-Raniry, Banda Aceh, 23111,
e-mail: psikoislamedia@ar-raniry.ac.id
INDEXED BY:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.