Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Biologi Peserta Didik
DOI:
https://doi.org/10.22373/psikoislamedia.v5i1.6138Keywords:
hasil belajar, kecerdasan emosionalAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar biologi pada peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian ex post facto dengan populasi seluruh peserta didik kelas XII SMAN 1 Pangkep yang berjumlah 144 orang dan sampelnya 72 orang yang diambil dengan menggunakan systematic random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket kecerdasan emosional dan dokumentasi hasil belajar biologi peserta didik. Data tersebut kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan thitung > ttabel dan nilai sig.= 0,000 < 0,05. Hal itu membuktikan bahwa kecerdasan emosional berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar peserta didik XII SMA Negeri 1 Pangkep dengan sumbangan pengaruh sebesar 39,4 persen dan 60,6 persen yang dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diterliti dalam penelitian ini.References
Afiif, A. (2014) Psikologi Guru. Makassar: Alauddin University Press
Akbar, M.Y.A., Amalia, R.M., & Fitriah, I. (2018). Hubungan Religiusitas dengan Self Awareness Mahasiswa Program Studi Bimbingan Penyuluhan Islam (Konseling) UAI. Jurnal Al- Azhar Indonesia Seri Humaniora, 4 (4), 265-270. http://dx.doi.org/10.36722/sh.v4i4.304
Ansari, M.I. (2015). Strategi Sistem Full Day School dalam Membentuk Empati Siswa. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, I (1), 70-78. http://doi.org/10.31602/muallimuna.v1i1.276
Arifin, Z. (2009) Evaluasi Pembelajaran Prinsip Teknik Prosedur. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Damayanti, E. (2015). Peran Belajar Berdasar Regulasi Diri dan Penyesuain Diri Terhadap Prestasi Belajar Siswi Madrasah Tsanawiyah Muallimat, Yogyakarta. Jurnal Biotek, 3 (2), 54-69. https://doi.org/10.24252/jb.v3i2.1023
Goleman, D. (2000) Emotional Intelligence Kecerdasan Emosional Mengapa EI Lebih Penting daripada IQ. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
Hamansah. (2014). Pengaruh Metode Asosiasi Terhadap Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi Di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMP IT) Al-Fityan Gowa. Jurnal Biotek, 2(1), 35-42. https://doi.org/10.24252/jb.v1i1.1688
Hampes, W.P. (2010). The Relation Between Humor Style and Empathy. Europe’s Journal of Psychology, 6(3), 34-45. https://doi.org/10.5964/ejop.v6i3.207
Hardiyanto. (2016). Teori dan Pengembangan Iklim Kelas dan Iklim Sekolah. Kencana: Jakarta
Hastuti, R. (2018). Pengaruh Regulasi Diri (Self Regulation) dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Biologi pada Peserta Didik Kelas XI MIA MAN 1 Bulukumba. Skripsi. Makassar: UIN Press
Hermita, R., Karyanto, P., Rosyidi, A. (2012). Hasil Belajar Kognitif Biologi Diprediksi dari Emotional Quotient (EQ) dan Kesiapan Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 7 Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Biologi 4(2), 90-97.
Manizar, HM. Ely. (2016). Mengelola Kecerdasan Emosi. Tadrib, 2(2), 1-16.
Ibrahim, M.M. (2011) Kecerdasan Emosional Peserta Didik Berbakat Intelektual. Makassar: Alauddin University Press
Ibrahim, N. (2012). Hubungan Antara Belajar Mandiri dan Motivasi Berprestasi dengan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam di SMP Terbuka. Lentera Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) 15(1), 1-17. https://doi.org/10.24252/lp.2012v15n1a1
Ismail, W. (2013). Differensiasi Emotional Quetiont pada Pelajar. Gowa: Alauddin University Press.
Khan, M.I., Awan, U., Yasir, M., Mohammad, N.A.B., Shah, S.H.A., Qureshi, M.I., & Zaman, K. (2014). Transformational Leadership, Emotional Intelligence and Organizational Commitment: Pakistan’s Service Sector. Argumenta Oeconomica, 33(2), 67-92.
Kristini, R.E., & Mere, F.N. (2010). Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Prestasi Akademik pada Mahasiswa Prodi Keprawatan S1 Program A angkatan I STIKES RS. BAPTIS Kediri. Jurnal STIKES RS. BAPTIS-Ed. 1, 3(1), 13-18.
Lawrence, A.S., Arul., & Deepa, T. (2013). Emotional Intelligence and Academic Achievement of High School Students in Kanyakumari District. International Journal of Physical and Social Science, 3(2), 101-105.
Maryanti, E. (2013). Hubungan Antara Kecerdasan Emosi dan Keyakinan Diri (Self-Efficacy) dengan Kreativitas pada Siswa Akselerasi. Skripsi. Surakarta: Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Purba, V.L. (2013). Teamwork: Studi Indgenous pada Karyawan PNS dan Swasta Bersuku Jawa. Journal of Social and Industrial Psychology, 2(2), 76-85.
Purwanti. (2010). Mengembangkan Kecerdasan Emosional Pada Anak Taman Kanak-Kanak Sebagai Upaya Menciptakan Anak Cerdas, Ceria dan Berakhlak. Jurnal Untan, 2(1), 196-214. http://dx.doi.org/10.26418/jvip.v2i1.68
Purwati, P., & Nurhasanah N. (2016). Deskripsi Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Matematika UNIPA Pancaran, 5 (4), 169-178.
Rambe, N.A.P., Hasanah, U., & Chairunnisa, N. (2018). Hubungan Kecerdasan Emosional dengan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X MAN 3 Medan. Jurnal Pelita Pendidikan, 6 (29), 90-94. https://doi.org/10.24114/jpp.v6i2.10145
Rini, A.M., Maskun., & Ekwandari, S. (2018) Hubungan Kesadaran Diri dengan Hasil Belajar Peserta Didik SMAN Negeri 1 Pagelaran. Skripsi. Lampung: FKIP UNILA
Rusman. (2017). Belajar dan Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana
Santrock, J.W. (2015). Educational Psychologi, 2 nd edition. Jakarta: Prenadamedia Group
Triwiyanto, T. (2014). Pengantar Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Uno, H.B. (2012). Orientasi Buku dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
Wahyuningsih, A.S. (2004). Hubungan Antara Kecerdasan Emosional dengan Prestasi Belajar pada Siswa Kelas II SMU Lab School Jakarta Timur. Skripsi. Jakarta: Fakultas Psikologi Universitas Persada Indonesia
Welschen, J., Todorova, N., & Mills, A. (2012). An Investigation of The Impact of Intrinsic Motivation on Organizational Knowledge Sharing. International Journal of Knowledge Managemenet, 8(2), 23-42. https://www.researchgate.net/deref/http%3A%2F%2Fdx.doi.org%2F10.4018%2Fjkm.2012040102
Widyaningsih, S. (2013). Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan Siswa Kelas XI Program Keahlian Akuntansi SMK Negeri 1 Godean. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Yogyakarta
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
License
Authors who publish in this Journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Acces)