Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Biologi Peserta Didik

Sartika Ayu Utami, Eka Damayanti, Wahyuni Ismail

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar biologi pada peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian ex post facto dengan populasi seluruh peserta didik kelas XII SMAN 1 Pangkep yang berjumlah 144 orang dan sampelnya 72 orang yang diambil dengan menggunakan systematic random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket kecerdasan emosional dan dokumentasi hasil belajar biologi peserta didik. Data tersebut kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dan  analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan thitung > ttabel dan nilai sig.= 0,000 < 0,05. Hal itu membuktikan bahwa kecerdasan emosional berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar peserta didik XII SMA Negeri 1 Pangkep dengan sumbangan pengaruh sebesar 39,4 persen dan 60,6 persen yang dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diterliti dalam penelitian ini.

Keywords


hasil belajar; kecerdasan emosional

Full Text:

PDF

References


Afiif, A. (2014) Psikologi Guru. Makassar: Alauddin University Press

Akbar, M.Y.A., Amalia, R.M., & Fitriah, I. (2018). Hubungan Religiusitas dengan Self Awareness Mahasiswa Program Studi Bimbingan Penyuluhan Islam (Konseling) UAI. Jurnal Al- Azhar Indonesia Seri Humaniora, 4 (4), 265-270. http://dx.doi.org/10.36722/sh.v4i4.304

Ansari, M.I. (2015). Strategi Sistem Full Day School dalam Membentuk Empati Siswa. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, I (1), 70-78. http://doi.org/10.31602/muallimuna.v1i1.276

Arifin, Z. (2009) Evaluasi Pembelajaran Prinsip Teknik Prosedur. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Damayanti, E. (2015). Peran Belajar Berdasar Regulasi Diri dan Penyesuain Diri Terhadap Prestasi Belajar Siswi Madrasah Tsanawiyah Muallimat, Yogyakarta. Jurnal Biotek, 3 (2), 54-69. https://doi.org/10.24252/jb.v3i2.1023

Goleman, D. (2000) Emotional Intelligence Kecerdasan Emosional Mengapa EI Lebih Penting daripada IQ. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Hamansah. (2014). Pengaruh Metode Asosiasi Terhadap Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi Di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMP IT) Al-Fityan Gowa. Jurnal Biotek, 2(1), 35-42. https://doi.org/10.24252/jb.v1i1.1688

Hampes, W.P. (2010). The Relation Between Humor Style and Empathy. Europe’s Journal of Psychology, 6(3), 34-45. https://doi.org/10.5964/ejop.v6i3.207

Hardiyanto. (2016). Teori dan Pengembangan Iklim Kelas dan Iklim Sekolah. Kencana: Jakarta

Hastuti, R. (2018). Pengaruh Regulasi Diri (Self Regulation) dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Biologi pada Peserta Didik Kelas XI MIA MAN 1 Bulukumba. Skripsi. Makassar: UIN Press

Hermita, R., Karyanto, P., Rosyidi, A. (2012). Hasil Belajar Kognitif Biologi Diprediksi dari Emotional Quotient (EQ) dan Kesiapan Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 7 Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Biologi 4(2), 90-97.

Manizar, HM. Ely. (2016). Mengelola Kecerdasan Emosi. Tadrib, 2(2), 1-16.

Ibrahim, M.M. (2011) Kecerdasan Emosional Peserta Didik Berbakat Intelektual. Makassar: Alauddin University Press

Ibrahim, N. (2012). Hubungan Antara Belajar Mandiri dan Motivasi Berprestasi dengan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam di SMP Terbuka. Lentera Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) 15(1), 1-17. https://doi.org/10.24252/lp.2012v15n1a1

Ismail, W. (2013). Differensiasi Emotional Quetiont pada Pelajar. Gowa: Alauddin University Press.

Khan, M.I., Awan, U., Yasir, M., Mohammad, N.A.B., Shah, S.H.A., Qureshi, M.I., & Zaman, K. (2014). Transformational Leadership, Emotional Intelligence and Organizational Commitment: Pakistan’s Service Sector. Argumenta Oeconomica, 33(2), 67-92.

Kristini, R.E., & Mere, F.N. (2010). Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Prestasi Akademik pada Mahasiswa Prodi Keprawatan S1 Program A angkatan I STIKES RS. BAPTIS Kediri. Jurnal STIKES RS. BAPTIS-Ed. 1, 3(1), 13-18.

Lawrence, A.S., Arul., & Deepa, T. (2013). Emotional Intelligence and Academic Achievement of High School Students in Kanyakumari District. International Journal of Physical and Social Science, 3(2), 101-105.

Maryanti, E. (2013). Hubungan Antara Kecerdasan Emosi dan Keyakinan Diri (Self-Efficacy) dengan Kreativitas pada Siswa Akselerasi. Skripsi. Surakarta: Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Purba, V.L. (2013). Teamwork: Studi Indgenous pada Karyawan PNS dan Swasta Bersuku Jawa. Journal of Social and Industrial Psychology, 2(2), 76-85.

Purwanti. (2010). Mengembangkan Kecerdasan Emosional Pada Anak Taman Kanak-Kanak Sebagai Upaya Menciptakan Anak Cerdas, Ceria dan Berakhlak. Jurnal Untan, 2(1), 196-214. http://dx.doi.org/10.26418/jvip.v2i1.68

Purwati, P., & Nurhasanah N. (2016). Deskripsi Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Matematika UNIPA Pancaran, 5 (4), 169-178.

Rambe, N.A.P., Hasanah, U., & Chairunnisa, N. (2018). Hubungan Kecerdasan Emosional dengan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X MAN 3 Medan. Jurnal Pelita Pendidikan, 6 (29), 90-94. https://doi.org/10.24114/jpp.v6i2.10145

Rini, A.M., Maskun., & Ekwandari, S. (2018) Hubungan Kesadaran Diri dengan Hasil Belajar Peserta Didik SMAN Negeri 1 Pagelaran. Skripsi. Lampung: FKIP UNILA

Rusman. (2017). Belajar dan Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana

Santrock, J.W. (2015). Educational Psychologi, 2 nd edition. Jakarta: Prenadamedia Group

Triwiyanto, T. (2014). Pengantar Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Uno, H.B. (2012). Orientasi Buku dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Wahyuningsih, A.S. (2004). Hubungan Antara Kecerdasan Emosional dengan Prestasi Belajar pada Siswa Kelas II SMU Lab School Jakarta Timur. Skripsi. Jakarta: Fakultas Psikologi Universitas Persada Indonesia

Welschen, J., Todorova, N., & Mills, A. (2012). An Investigation of The Impact of Intrinsic Motivation on Organizational Knowledge Sharing. International Journal of Knowledge Managemenet, 8(2), 23-42. https://www.researchgate.net/deref/http%3A%2F%2Fdx.doi.org%2F10.4018%2Fjkm.2012040102

Widyaningsih, S. (2013). Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan Siswa Kelas XI Program Keahlian Akuntansi SMK Negeri 1 Godean. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Yogyakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/psikoislamedia.v5i1.6138

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Sartika Ayu Utami, Eka Damayanti, Wahyuni Ismail

PSIKOISLAMEDIA
Published by Faculty of Psychology UIN Ar-Raniry

Journal Secretariat:
Jl. Syeikh Abdur Rauf, Fakultas Psikologi, Kopelma Darussalam UIN Ar-Raniry, Banda Aceh, 23111,
e-mail: psikoislamedia@ar-raniry.ac.id

INDEXED BY:

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.