EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK MENGGUNAKAN VIDEO EDUKASI UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI ANAK DI KABUPATEN JOMBANG

Siti Mas'ulah, Wikan Galuh Widyarto

Abstract


Kepercayaan diri merupakan perasaan yakin yang dimiliki setiap individu agar bisa mengaktualisasikan atau meningkatkan kemampuan dalam diri. Penelitian ini bertujuan untuk dapat mengetahui tingkat kepercayaan diri serta untuk mengetahui seberapa efektivitas video edukasi untuk meningkatkan kepercayaan diri anak di Desa Murukan Kecamatan Mojoagung Kabupaten Jombang. Dalam penelitian ini menggunakan suatu metode dengan desain penelitian one group pre test post test. Sample penelitian ditentukan dengan teknik purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah anak yang di Desa Murukan Kecamatan Mojoagung Kabupaten Jombang yang berusia 10-11 tahun yang berjumlah 30 anak, sampel berjumlah 10 anak dengan kategori hasil angket rendah dengan kategori hasil rendah. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah uji normalitas dan uji hipotesis. Pada hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1.) Tingkat kepercayaan diri anak usia 10-11 tahun di desa Murukan, terdapat 10 anak kategori rendah, 15 anak kategori sedang, 3 anak kategori tinggi dan 2 anak kategori sangat tinggi. 2.) Penerapan media video edukasi ini dapat meningkatkan kepercayaan diri anak usia 10-11 tahun di desa Murukan Kecamatan Mojoagung Kabupaten Jombang, hal ini berdasarkan pada hasil post test yang mengalami peningkatan setelah diberikan treatment. Hasil uji hipotesis menggunakan uji Paired T test yeng bernilai Sig (2-tailed) 0,000 < 0,05 sehingga menunjukkan adanya perbedaan variabel awal dengan variabel akhir. Selain itu, hasil dari N-gain score menunjukkan mean 0,63 sehingga dapat di simpulakn tingkat efektivitas pada kategori tinggi.


Full Text:

PDF

References


Anthony. Membangun Kepercayaaan Diri. Jakarta: Puspa Swara, 1992.

B, Burns R. Konsep Diri (Teori, Pengukuran, Perkembangan, Dan Perilaku). Edited by Eddy.

Jakarta: Alih Bahasa, 1993.

Chasanah dan Rohmatun, Endang Muslihatun. “Hubungan Antara Kepercayaan Diri Dengan Asertivitas Dalam Menyampaikan Pendapat Pada Aktivis Mahasiswa/I Di Unissula” Vol. 13 (2018): 88–97.

Hakim, Thursan. Mengatasi Rasa Tidak Percaya Diri. Jakarta: Puspa Swara, 2002.

Hidayati, Sif’atur Rif’ah dan Siti Ina Savira. “Hubungan Antara Konsep Diri Dan Kepercayaan Diri Dengan Intensitas Penggunaan Media Sosial Sebagai Moderator Pada Mahasiswa Psikologi Universitas Negeri Surabaya.” Jurnal Penelitian Psikologi Vol. 08 (2021): Hal. 2.

Huda, Nur. “Konsep Percaya Diri Dalam Al - Qur’an Sebagai Pembentukan Karakter Bangsa.”

Jurnal Inovatif Vol 2 (2016): 65–90.

Humaida dkk, Rifqi. “Strategi Mengembangkan Rasa Percaya Diri Pada Anak Usia Dini.” Junal Pendidikan Anak Usia Dini Indonesia 01 (2022): Hal. 2.

Johari dan Syamsuri Hasan, Adriana. “Penerapan Media Dan Animasi Pada Materi Memvakum Dan Mengisi Refrigeran Terhadap Hasil Belajar Siswa.” Jurnal Of Medical Engineering Education Vol.1 (2014): Hal 10.

Khambali. “Educational Objectives Based On Values.” Jurnal Pendidikan Islam 9, no. 1 (2020): 130–45.

Khaulani, Fatma. “Fase Dan Tugas Perkembangan Anak Sekolah Dasar.” Jurnal Ilmiah “Pendidikan Dasar” Vol. VII (2020): 52.

Kristanto, Pindho Hary, and Sumardjono dan Setyorini. “Hubungan Antara Kepercayaan Diri Dengan Kecemasan Dalam Menyusun Proposal Skripsi.” Satya Widya 30, no. 1 (2014): 43–

Lauster, Peter. Tes Kepribadian, Diterjemahkan Oleh D.H Gulo Dari Buku Asli Personalitiy Test. Jakarta: Gaya Media Pratama, 2010.

Najati, M. Psikologi Dalam Tinjauan Hadis Nabi. Jakarta: Mustaqim, 2000.

Nurkidam, A. “Hubungan Antara Gaya Belajar Dan Rasa Percaya Diri Terhadap Hasil Belajar.”

Jurnal Studi Pendidikan Vol. xiv (2016).

Paramita, Ratna Wijayanti Daniar. Metode Penelitian Kuantitatif: Buku Ajar Perkuliahan Metodologi Penelitian Bagi Mahasiswa Akuntansi & Manajemen. Edisi ke 3. Lumajang: Widya Gama Press, 2021.

Perdana, Fani Juliyanto. “Pentingnya Kepercayaan Diri Dan Motivasi Sosial Dalam Keaktifan Mengikuti Proses Kegiatan Belajar.” Jurnal Edueksos vol.8 (2019).

Pupitaningrum, Trifosa Dyah. “Teknik Modeling Terhadapy Perencanaan Karir Peserta Didik SMA.” Jurnal Bimbingan Dan Konseling Vol. 3 (2018): 1.

Rusman. Pembelajaran Berbasis Teknologi Dan Komunikasi. Jakarta: Rajawali Pres, 2015. Situmorang, Marudut. “Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Kepercayaan Diri Pada Siswa Di

SMA Swasta Josua Medan,” 2016.

Suteja, Jaja. “Teknik Bimbingan Konseling Dalam Mengembangkan Potensi Siswa Di Sekolah.”

Journal For Islamic Social Sciences Vol. 2 (2017): Hal 16-27.

Syam, Asrullah dan Amri. “Pengaruh Kepercayaan Diri (Self Confidence) Berbasis Kaderisasi IMM Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa.” Jurnal Biotek Vol. 5 (2017): 91.

Syifa, Layyinatus. “Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Psikologi Pada Anak Sekolah Dasar.” Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar Vol. 3 (2019): 527–33.

Widarsono, W. Sukses Membangun Percaya Diri. Jakarta: Grasindo, 2005.

Ws, Wingkel. Bimbingan Dan Konseling Di Instuisi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi, 2004.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/taujih.v7i2.22709

Copyright (c) 2024 At-Taujih : Bimbingan dan Konseling Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


     

View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Office:

Prodi Bimbingan dan Konseling Islam
Fakultas Dakwah dan Komunikasi
Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh
Jl. Syech Abdur Rauf Darussalam,
Banda Aceh - Aceh 2311

Telp: -
HP: +62 853 7927 0086/ 0823 6823 8600
Email : fdk.prodibki@ar-raniry.ac.id

Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh
www.ar-raniry.ac.id