TOLERANSI PERBEDAAN ALIRAN GERAKAN DAKWAH DI SUATU KELUARGA DALAM PERSPEKTIF KONSELING MULTIBUDAYA

Maemunatul Ulya, Isna Fauziatin Nida, Amara Zulfa El Husna

Abstract


Indonesia  dikenal  sebagai  negara  dengan  populasi  umat Muslim terbesar ke-2 di  dunia  karena  terdapat  dua  organisasi  Islam  terbesar  yakni Muhammadiyah dan Nahdlatul  Ulama (NU). Istilah kerukunan umat beragama identik dengan istilah toleransi. Istilah toleransi menunjukkan pada arti saling memahami, saling mengerti, dan saling membuka diri dalam bingkai persaudaraan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perspektif konseling multibudaya dalam mengelola perbedaan aliran gerakan dakwah di suatu keluarga. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian field research (penelitian lapangan) kategori studi kasus yang disajikan secara deskriptif kualitatif. Subyek penelitian ini adalah suami istri dalam suatu keluarga yang menggunakan gerakan dakwah berbeda. Teknik pengumpulan yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan pendekatan yang tepat, perbedaan mazhab dapat dikelola secara harmonis dalam keluarga, memperkuat hubungan keluarga dan komunitas secara keseluruhan.


Full Text:

PDF

References


Hadisaputra, Prosmala. “Implementasi Pendidikan Toleransi Di Indonesia.” Dialog. Vol. 43, No. 1, (2020).

Halimah, Noor, and Yuli Lailiyah Mahmudah. "Mazhab Fiqih Di Indonesia: Perbedaan Pendapat Konstruksi Hukum Islam." Islamic Education. Vol. 1, No.1, (2023).

Hutabarat, Binsar A. “Tingkat Toleransi Antaragama Di Masyarakat Indonesia.” Societas Dei. Vol. 3, No. 1, April (2016).

Mufidah, Elia Firda. “Konseling Multibudaya Dengan Pendekatan CBT Dalam Menghadapi Konformitas.” Prosiding Seminar & Lokakarya Nasional Bimbingan dan Konseling. (2021),

Rahim, Ali. "Nahdatul Ulama." Jurnal Al Hikmah. 14, (2013).

Rahmawati, dkk. Bimbingan Dan Konseling Multibudaya. Banten: Media Edukasi Indonesia, 2021.

Rahmelia, Silvia. “Hubungan Kebermaknaan Hidup Dan Sikap Toleransi Beragama Pada Siswa Sekolah Menengah Atas Berbasis Keagamaan Di Palangka Raya.” Dialog. Vol. 43, No. 1, (2020).

Rosidi, Ayep. "Muhammadiyah Dan Nahdlatul Ulama Dalam Konsep Pendidikan Di Indonesia." JIS: Journal Islamic Studies, Vol.1, No.2, (2023).

Ruhana, Akmal Salim. "Profil Gerakan Dakwah Di Kota Palu." Harmoni. Vol. 11, No.2, (2012).

Setianto, Gigih. "Pelatihan Penyusunan Naskah dan Komunikasi Khutbah Jum’at bagi Pemuda Muhammadiyah" Khidmatuna: Jurnal Pengabdian Masyarakat. Vol.3, No.1, (2022).

Umami, Dwi Ananda Nur. “Pengetahuan Dan Keterampilan Guru Bk Mengenaikonseling Multibudaya Di Indonesia.” Edu Consilium: Jurnal BK Pendidikan Islam. Vol. 3, No. 1, (2022).

Yuniarto, Yustinus J.W. “Merefleksikan Kembali Toleransi Bagi Kebersamaan Yang Pluralistik Antar Manusia.” Ganaya : Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora. Vol. 6, No. 2, (2023).

Zuchri Abdussamad, Metode Penelitian Kualitatif. Makassar: CV. Syakir Media Press, 2021.

Zulkarnaini. "Dakwah Islam di Era Modern." Jurnal Dakwah Risalah. Vol. 26, No.3, (2025).




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/taujih.v7i2.24100

Copyright (c) 2024 amara amin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


     

View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Office:

Prodi Bimbingan dan Konseling Islam
Fakultas Dakwah dan Komunikasi
Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh
Jl. Syech Abdur Rauf Darussalam,
Banda Aceh - Aceh 2311

Telp: -
HP: +62 853 7927 0086/ 0823 6823 8600
Email : fdk.prodibki@ar-raniry.ac.id

Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh
www.ar-raniry.ac.id