PENERAPAN APLIKASI SLiMS DALAM PENGOLAHAN BAHAN PUSTAKA DI PERPUSTAKAAN PERGURUAN TINGGI

Mezan el-Khaeri Kesuma, Irva Yunita, Feni Meilani

Abstract


Di era globalisasi 4.0 perpustakaan yang berbasis teknologi informasi diharapkan mampu memberikan suatu kemudahan bagi pemustaka serta memberikan informasi yang lebih cepat dan tepat. Salah satu bentuk pemanfaatan teknologi informasi di perpustakaan dapat dilihat dari penerapan Senayan Library Management System (SLiMS). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran dan pengaruh aplikasi SLiMS dalam sistem pengolahan bahan pustaka di perguruan tinggi serta apakah aplikasi SLiMS dapat mempermudah pemustaka dalam sistem temu balik informasi. Penerapan SLiMS pada sebuah perpustakaan merupakan bentuk dari perkembangan teknologi informasi saat ini. Saat ini banyak perguruan tinggi yang sudah menerapkan aplikasi yang bernama SLiMS. Hal tersebut dikarenakan penerapan SLiMS pada perpustakaan memberikan banyak dampak positif, termasuk dalam pengolahan bahan pustuka. Manfaat penerapan SliMS dalam pengolahan bahan pustaka pada sebuah perpustakaan perguruan tinggi yaitu: mempermudah pekerjaan pustakawan, meningkatkan kinerja perpustakaan, meningkatkan performa dan produktivitas kerja pustakawan, dan memudahkan sistem temu kembali informasi.

Keywords


Perpustakaan Perguruan Tinggi, Pengolahan Bahan Pustaka, SLiMS

Full Text:

PDF

References


Berawi, Imran. “Mengenal Lebih Dekat Perpustakaan Perguruan Tinggi.” Jurnal Iqra’ 6, no. 1 (2012): 49–51. http://repository.uinsu.ac.id/690/.

Fandirwan. “Penerapan SLiMS ( Senayan Library Management System) Di Perpustakaan Akper/Akbid Pelamonia Kesdam VII/Wirabuana Makassar.” UIN Alaudin Makassar, 2015. http://repositori.uin-alauddin.ac.id/id/eprint/1875.

Ganda, Yunita Olivia, Nolly S. Londa, dan Ayu K. Putri. “Penerapan Aplikasi Senayan Library Management System (SLiMS) Dalam Meningkatkan Layanan Pengguna Di Perpustakaan Unika De La Salle Manado.” Acta Diurna Komunikasi 7, no. 3 (2018): 1689–99.

Mahdiah. “Evaluasi Kinerja SLiMS Sebagai Sarana Temu Kembali Informasi Di Perpustakaan DPR RI.” UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 2011. http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/408/1/MAHDIAH-FAH.PDF.

Musa, Deliva, Anthonius M. Golung, dan S. Posumah-R. “Penerapan Aplikasi Slims Dalam Pengolahan Bahan Pustaka Di Upt Perpustakaan Universitas Khairun Ternate.” Acta Diurna Komunikasi 2, no. 4 (2020): 1–20.

Rahayu, Sri. “Mengenal Perpustakaan Perguruan Tinggi Lebih Dekat.” Buletin Perpustakaan Universitas Islam Indonesia 57 (2017): 103–10. https://journal.uii.ac.id/Buletin-Perpustakaan/article/view/9109/7603.

Ridwan, dan Supriadin Susanto. “Penerapan Aplikasi Slims Akasia Dalam Pelayanan Informasi Pemustaka Di Upt Perpustakaan Universitas Mataram.” JIPER: Jurnal Ilmu Perpustakaan 1, no. 1 (2019).

Sulistyo-Basuki. Pengantar Ilmu Perpustakaan. Jakarta: Gramedia Pustaka Indonesia, 1993.

Widodo, Onny Cahyo. “Efektifitas Penggunaan Software Open Source (Slims) Pada Perpustakaan Perguruan Tinggi Di Malang.” Libri-Net 6, no. 1 (2017): 28–34.

Yunita, Irva, dan Jazimatul Husna. “Pengaruh Hubungan Kerja Terhadap Disiplin Kerja Petugas Perpustakaan Di Kantor Perpustakaan Dan Arsip Kota Semarang.” Jurnal Ilmu Perpustakaan 3, no. 2 (2014).

Zulfitri. “Strategi Pengembangan Layanan Perpustakaan Perguruan Tinggi Berbasis Teknologi (Penerapan Bimbingan Pemustaka Dalam Bentuk Video Pada Perpustakaan Uin Imam Bonjol Padang).” Jurnal Imam Bonjol : Kajian Ilmu Informasi dan Perpustakaan 2, no. 2 (2018): 80–92.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/adabiya.v23i2.10346

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

Adabiya Adabiya Adabiya  Adabiya Adabiya

Adabiya Adabiya 

 
Tools:

Adabiya Adabiya Adabiya Adabiya Adabiya

All papers published in Jurnal Adabiya are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.