Gaya Bahasa Hadis Tentang Keutamaan Puasa Ramadhan Dalam Kitab Sunan Ibn Majah (Kajian Stilistika Hadis)

Ulfa Kurnia, Syihabuddin Qalyubi, Moh. Wahid Hidayat

Abstract


Al-Quran dan hadis mempunyai nilai yang sama, yaitu wahyu yang berasal dari Allah swt. Gaya bahasa dalam hadis menjadi salah satu hal yang menarik untuk diteliti. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gaya bahasa pada hadis tentang keutamaan bulan Ramadhan Sunan Ibn Majah, mencakup tiga level analisis yaitu level fonologi, level sintaksis, dan level semantik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Data-data penelitian diperoleh dengan menggunakan metode simak dan teknik catat. Adapun metode analisisnya menggunakan metode deskriptif dan komparatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hadis tentang keutamaan bulan Ramadhan Sunan Ibn Majahmemiliki gaya bahasa pada 3 level analisis stilistika.


Keywords


gaya bahasa, hadis, stilistika, Sunan Ibn Majah

Full Text:

PDF

References


Al-Buty, Muhammad Sa’id Ramadan, Fil Hadis Asy-Syarif Wa Al-Balagoh An-Nabawiyyah, Damaskus: Dar al Fikr, 2011.

Al-Hasyimi, Ahmad, 1988, Jawahir Al-Balaghah, Beirut, Darul Fikri

AL-Jurjani, Abdul Qahir. 1992. Dalailul I’jaz. Jeddah: Dar al-Madani

Al-Tahan, Mahmud. Taisir Mustalah al- Hadis, Aleksandria: Markaz Al-Huda Li Al-Dirasat, 1415 H.

Al-Masiri, Munir Mahmud. 2005. Dalalat at-Taqdim wa at-Ta’khir fi al-Quran .Kairo: Maktabah Wahbah.

Arsyad, Azhar. Bahasa Arab dan Metode Pengajarannya, Jakarta: Pustaka Pelajar, 2004.

As-Suyuti, Jalaluddin. Tadrib Ar-Rawi Fi Syarhi Taqrib An-Nawawy, Cairo: Darul Hadis, 2002.

Al-Sa’aran. TT. ‘Ilm al-Lugah: Muqaddimah li al-Qâri` al-‘Araby. Beirut: Dar al-Nahdah al-‘Arabiyyah

Azwardi, and Rajab Bahry. 2018. Metode Penelitian Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia. Banda Aceh: Syiah Kuala University Press.

Djajasudarma,Fatimah. 1999. Semantik 2: Pemahaman Ilmu Makna. Bandung: PT Refika Aditama.

Fikriyah, Zakiatul dan Syihabuddin Qalyubi. Surah Al-Lahad dalam Studi Stilistika Al-Qur’an, Tsaqofiyah: Jurnal Pendidikan dan Bahasa Arab Vol.2 No.2

Idris, Mardjoko. 2015. Ilmu Ma’ani Kajian Struktur dan Makna. Yogyakarta: Karya Media

Idris, Mardjoko. Taqdim dalam Al-Qur’an: Kajian Fungsi. Al-Lubab : Jurnal Penelitian Pendidikan dan Keagamaan Islam Vol. 6, No.1 (2020).

Kasir, Ibnu. 2005. Tafsir Al-Qur’an Al-Azim, Cairo: Darul Hadis.

Khitam, Achmad Khusnul. “At-Tanāwub, At-Taqdīm Wa At-Ta’khīr, Dan Al-Iltifāt (Kajian Stilistika al-Qur’an Dan Puisi Arab),” Mukaddimah: Jurnal Studi Islam 2, no. 1 (9 Februari 2018): 1–18, https://doi.org/10.14421/mjsi.21.1355.

Kholil, Dr. Hilmi, Ilmul Lugoh Muqoddimah Lilqori’ Al ‘Aroby, syamila,tt

Majah, Ibnu. 1311 H. Sunan Ibn Majah Juz II. Beirut: Dar al-Ihya’ al-Arabiyah.

Matsna HS, Moh. 2016. Kajian Semanitik Arab. Jakarta: Kencana

Muhsin, Wahab dan Fuad Wahab. 1982, Pokok-pokok Ilmu Balaghah, Bandung, Angkasa.

Najlah, Mahmud Ahmad. 1981. Lughah al-Quran fi juz ‘amma, Beirut: Dar al-Nahdah al-‘arabiyyah.

Qalyubi, Syihabuddin. 2008. Stilistika Al-Quran Makna Di Balik Kisal Ibrahim. Yogyakarta: LKiS Yogyakarta.

———. 2017. Ilm Al-Uslub Stilistika Bahasa Dan Sastra Arab. Yogyakarta: Idea Press Yogyakarta.

Juhara, Rita Rohayari Erwan, dan Eriyandi Budiman. 2005. Cendekia Berbahasa Pelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia Untuk SMA Kelas XI Jilid 2 Program Bahasa. Jakarta: PT Setia Purna Inves.

Rosalin Ismayoeng Gusdian, “Transfer Fonologis Konsonan Hambat dari Bahasa Jawa ke Bahasa Indonesia,” Satwika: Jurnal Kajian Budaya dan Perubahan Sosial 2, no. 2

Sagala, Rumadani, 2014. Ilmu Bayan, Lampung. Fakta Press

Wahyuni, Yuyunn 2007. Menguasai Balaghah, cara cerdas berbahasa, Yogyakarta, NU ME ID.

William, A. Graham. 2001. Beyond the Written Word, New York; Cambridge University Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/adabiya.v24i2.13609

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

Adabiya Adabiya Adabiya  Adabiya Adabiya

Adabiya Adabiya 

 
Tools:

Adabiya Adabiya Adabiya Adabiya Adabiya

All papers published in Jurnal Adabiya are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.