DAKWAH BIL HAL PADA SISWA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK) DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA LUAR BIASA (SMPLB) YAYASAN PENYANTUNAN PENYANDANG CACAT (YPPC) LABUI BANDA ACEH

Fakhri Fakhri, Elfha Wirda

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dakwah Bil Hal pada siswa anak berkebutuhan khusus di Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa Yayasan Penyantunan Penyandang Cacat. Permasalahan yang diangkat adalah bagaimana memberikan pemahaman agama kepada anak yang memiliki kebutuhan khusus. Sehingga mereka juga mampu melaksanakan ibadah sesuai dengan kemampuan yang mereka miliki yang sesuai dengan aturan agama. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan penentuan sampel menggunakan purposive sampling dengan menentukan sampel yang dibutuhkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru-guru memiliki kurikulum khusus dalam mengajarkan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) dalam upaya memberikan pengetahuan kepada mereka. menggunakan metode ceramah, tanya jawab, metode drill (mengulang-ulang), metode Picture Exchange Communication (PEC). Kendala yang dihadapi perlu adanya peningkatan pemahaman guru, perlengkapan alat dan perpustakaan yang memadai

Keywords


Dakwah bil Hal, Anak Berkebutuhan Khusus

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, Abu. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rineka cipta, 2008.

Anggrani, Lelly Rindi. Proses Pembelajaran Inklusi Untuk Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Kelas V SD Negeri Giwangan Yogyakarta. Skripsi, tidak diterbitkan. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2014.

Andesta, Nia. Pengalaman Keagamaan Anak Berkebutuhan Khusus (Studi di SLB A Bina Insani Kelurahan Gedung Meneng Kecematan Rajabasa Bandar Lampung). Skripsi, tidak diterbitkan. Lampung: Fakultas Ushuluddin Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, 2017.

Apriyanti, Nur. Aktivitas Dakwah Bil-Hal Pondok Pesantren Darunnajah Jakarta. Skripsi, tidak diterbitkan. Jakarta: Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Syarief Hidayatullah, 2007.

Budyartati, Sri., dkk. Problematika Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jawa Timur: CV. AE Media Grafika, 2016.

Budiyanto. Pengantar Pendidikan Inklusif [Berbasis budaya lokal]. Jakarta: Prenamedia Group, 2017.

Bungin, Burhan. Penelitian Kualitatif. Jakarta: Kencana, 2011.

Departemen Agama. Al-Qur’an dan Terjemahan. Jakarta: 1993.

Efendi, Arif Hidayati. Al-Islam Studi Al-Qur’an (Kajian Tafsir Tarbawi). Yogyakarta: CV Budi Utama, 2016.

Efendi, Jonaedi., dan Johnny Ibrahim. Metode Penelitian Hukum (Normatif dan Empiris). Depok: Prenadamedia Group, 2016.

Fakhri. Dinamika Ilmu Dakwah. Banda Aceh: Cintra Sains, 2014.

Ferbalinda, Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kesulitan Guru Dalam Pelaksanaan Program Pendidikan Inklusi Di SMA Negeri 14 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2015/2016. Skripsi, tidak diterbitkan. Lampung: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung, 2016.

Hadis, Abdul. Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Autistik. Bandung: Alfabeta, 2006.

Hakim, Abdul. Metodologi Penelitian (Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas dan Studi Kasus). Sukabumi, Jawa Barat: CV Jejak, 2017.

https://www.kompasiana.com/yosisrianita/54ffb605a33311516350fa46/dampak-sosial-dan-

Ihsan, Muhammad. “Pengobatan Ala Rasulullah SAW Sebagai Pendekatan Antropologis Dalam Dakwah Islamiah Di Desa Rensing Kecematan Sakra Barat” Jurnal Keislaman dan Ilmu Pendidikan, Volume 4, No. 2, November 2016.

Junaidi. Implementasi Dakwah Bil Hal Dewan Pengurus Cabang Partai Keadilan Sejahtera (DPC PKS) Kecematan Sukarame Kota Bandar Lampung. Skripsi, tidak diterbitkan. Lampung: Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Raden Intan,

Kusnawan, Asep., dan Firdaus, Aep Sy. Manajemen Pelatihan Dakwah. Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2009.

Mulianti, Emi. Peran Dinas Sosial Dalam Pembinaan Mental Anak Autis Di Kota Banda. Skripsi, tidak diterbitka. Banda Aceh: Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Ar-Raniry, 2018.

Muliana. Konsep Dakwah Entrepreneur Menurut Abdurrahman Bin Auf. Skripsi, tidak diterbitkan. Banda Aceh: Jurusan Manajemen Dakwah Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Ar-Raniry, 2018.

Maulidar. Konsep Dakwah Menurut Quraish Shihab. Banda Aceh: Jurusan Manajemen Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Ar-raniry, 2018.

Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2012.

Munir, M dan Wahyu Ilahi, Manajemen Dakwah. Jakarta: Kencana, 2006.

Nurahil. Pelaksanaan Dakwah Bil Hal (Studi Komperatif Antara Islam dan Kristen). Skripsi, tidak diterbitkan. Banda Aceh: Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Ar-Raniry, 2015.

Nawawi, Hadari. Metode Penelitian Bidang Sosial, Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 2005.

Saleh, Julianto. Psikologi Dakwah. Banda Aceh: Ar-Raniry Press, 2004.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2010.

Nurina, Putri. Pendidikan Agama Islam Bagi Siswa Autis Pada Sekolah Inklusif. Tangerang Selatan: Young Progressive Muslim, 2015.

Rasyidah, dkk. Ilmu Dakwah Perspektif Gender. Banda Aceh: Bandar Publishing, 2009.

Shihab, Quraish M. Tafsir Al-Misbah (Pesan, Kesan dan Keserasian Al-Qur’an) Volume 7. Tangerang: Lentera Hati, 2002.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R& D. Bandung: Alfabeta, 2011.

Susanto, Dedy. Aktivitas Dakwah Majlis Tafsir Al-Qur’an. Semarang: Anggaaran DIPA BLU Fakultas Dakwah IAIN Walisongo, 2012.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 35 Tahun 2014 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Wilya, Evra., dkk. Senarai Penelitian Islam Kontemporer Tinjauan Multikultural. Yogyakarta: Cv Budi Utama, 2018.

Zulkarnaini. Metode Dakwah Bil Hal Organisasi Muhammadiyah Dalam Bidang Pendidikan Tingkat Dasar Dan Menengah. Skripsi, tidak diterbitkan. Banda Aceh: Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Ar-Raniry, 2018.

Wawancara

Wawancara dengan Sauman, kepala Sekolah di Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa (SMPLB) Yayasan Penyantunan Penyandang Cacat (YPPC) Labui Banda Aceh, pada tanggal 5 Juli 2019.

Wawancara dengan Irmayanti, wakil kepala sekolah di Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa (SMPLB) Yayasan Penyantunan Penyandang Cacat (YPPC) Labui Banda Aceh, pada tanggal 5 Juli 2019.

Wawancara dengan Nurlaina, wali kelas IX C1 di Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa (SMPLB) Yayasan Penyantunan Penyandang Cacat (YPPC) Labui Banda Aceh, pada tanggal 5 juli 2019.

Wawancara dengan Rahmat, wali murid Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa (SMPLB) Yayasan Penyantunan Penyandang Cacat (YPPC) Labui Banda Aceh, pada tanggal 5 Juli 2019.

Wawancara dengan Nurbasirah, wali murid Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa (SMPLB) Yayasan Penyantunan Penyandang Cacat (YPPC) Labui Banda Aceh, pada tanggal 15 Juli 2019.

Wawancara dengan Marlinda, wali murid Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa (SMPLB) Yayasan Penyantunan Penyandang Cacat (YPPC) Labui Banda Aceh, pada tanggal 15 Juli 2019.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/al-idarah.v3i2.13125

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
© Published by the Research and Community Service Center (LP2M) in collaboration with Department of Da'wah Management, Da'wah and Communication Faculty, UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Indonesia


INDEXED BY:

 

SPONSORED BY: