POLA REKRUTMEN REMAJA MASJID RAYA BAITURRAHMAN (RMRB) BANDA ACEH

Maulida Maulida

Abstract


Artikel ini membahas tentang Pola Rekrutmen Remaja Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh. Proses rekrutnen masih terdapat ketimpangan yang terjadi seperti informasi yang tidak sampai ke publik dan adanya kendala pada saat testing calon peserta baru dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola rekrutmen yang diterapkan dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat pelaksanaanya. Penelitian ini digolongkan dalam penelitian kualitatif. Penelitian ini dilakukan di Mesjid Raya Baiturrahman Banda Aceh. Diketahui bahwa pola rekrutmen RMRB terdapat empat tahapan. Tahap pendaftaran, Tahap Administrasi, Tahap Testing, dan Tahap pengumuman. Peserta yang dinyatakan lulus adalah yang dapat menyelesaikan keempat tahapan ini. Adapun pendukung dalam pola rektutmen ini lebih besar dibandingkan hambatan yang ada. Faktor pendukung sangat banyak seperti adanya dukungan BKM, bekerjasama dengan lembaga ekternal dan partisipasi peserta, adapun penghambat terkadang adalah soal dan komitmen para anggota panitia

Keywords


Pola Rekrutmen, Remaja Masjid, Masjid Raya Baiturrahman

Full Text:

PDF

References


Damae, Mahusen. “Strategi Peningkatan Kegiatan Sosial Keagamaan pada Remaja Islam Masjid Agung Jawa Tengah (RISMA JT)”, Skripsi, Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, 2018.

Dokumen data Anggaran Dasar (Ad) paragraph 3 pasal 6 RMRB.

Dokumen Data Profil Remaja Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh Tahun 2018.

Jusmaliani. Pengelolaan Sumber Daya Insani, Jakarta : Bumi Aksara, 2011.

Malayu SP. Hasibuan. Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: Bumi Aksara, tt.

Marihot Tua Efendi Hariandja. Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: PT Grasindo, 2007.

Nevihwa. “Peran Perhimpunan Remaja Masjid At-Taqwa (Permata)Dalam Meningkatkan Akhlakul Karimah Masyarakat Kampung Ciampea Ilir Desa Tegalwaru Kecamatan Ciampea Kabupaten”, Bogor: eJurnal ProsA PAI: (Al Hidayah: Pendidikan Agama Islam).

Nuwairah Nahed. “Peran Keluarga dan Organisasi Remaja Masjid dalam Dakwah terhadap Remaja”, Jurnal “Al-Hiwar”, Vol. 03, No 06 Juli-Desember 2015.

Siswanto. Panduan Praktis Organisasi Remaja Masjid, Jakarta: Pustaka Al-Kautsar, 2005.

Sjafri Mangkuprawira. Manajemen Sunber Daya Manusia Strategik., Jakarta: Ghalia Indonesia, 2003.

Zulmaron, dkk. “Peran Sosial Keagamaan Remaja Masjid di Kelurahan Pipa Reja Kecamatan Kemuning Palembang”, Jurnal Sosiologi Agama, Vol. 1 No. 1 2017.

Wawancara:

Wawancara dengan Ustad Rahmad Maulizar Ketua Umum RMRB.

Wawancara dengan Ustad Feri Satria Polas, Ketua Panitia Rekrutmen RMRB.

Wawancara dengan Ustadzah Lizayana Sekretaris Rekrutmen RMRB.

Wawancara Dengan Ustad Ambia, Ketua II RMRB




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/al-idarah.v5i1.13307

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
© Published by the Research and Community Service Center (LP2M) in collaboration with Department of Da'wah Management, Da'wah and Communication Faculty, UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Indonesia


INDEXED BY:

 

SPONSORED BY: