PRINSIP GOOD GOVERNANCE PADA KEPEMIMPINAN UMAR BIN ABDUL AZIS

Nana Audina, Raihan Raihan

Abstract


Khalifah Umar Bin Abdul Aziz merupakan khalifah kedelapan dari empat belas khalifah yang memimpin Bani Umayyah. Kepemimpinan Umar Bin Abdul Azis dinilai berhasil dalam menerapkan prinsip good governance menjadi fenomena menarik untuk di kaji saat ini. Kajian ini diharapkan dapat memberikan sumbangan pemikiran ilmiah dalam bidang studi ilmu leadership Islam. Data primer dalam penelitian ini adalah dua buku tentang Umar bin Abdul Aziz yang ditulis oleh Ali Muhammad Ash-Shallabi dengan judul “Biografi Umar bin Abdul Aziz“ dan “Umar bin Abdul Aziz Pembaharu dari Bani Umayyah”. Sedangkan yang menjadi data sekunder diperoleh dari bahan bacaan dan referensi-referensi lain terkait dengan tema penelitian ini. Pengumpulan data dilakukan dengan studi dokumentasi, mengidentifikasi wacana dari buku-buku, makalah atau artikel, majalah, jurnal, web (internet), ataupun informasi lainnya yang terkait dengan tema kajian ini. Sedangkan teknik analisis data dilakukan secara kualitatif serta diuraikan dalam bentuk deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Umar bin Abdul Aziz adalah seorang khalifah Dinasti Umayyah yang berusaha menghidupkan kembali ajaran Islam di tengah-tengah masyarakat. Di dalam sistem kepemimpinannya, Umar berusaha mengangkat gubernur yang terpercaya, membuat perencanaan dan tujuan yang jelas serta melakukan pengawasan terhadap jalannya roda kepemimpinannya. Di antara upaya Umar dalam menjalankan good governance terlihat dalam praktik-praktik kepemimpinan yang dilakukannya seperti menegakkan keadilan, menjalankan prinsip musyawarah, mempraktikkan prinsip persamaan derajat, menerapkan prinsip kebebasan dan bertanggung jawab terhadap kekuasaan yang dipikulnya. Prinsip-prinsip tersebut telah mampu membawa kehidupan kaum muslimin kepada pembaharuan.

Keywords


Good Governance; Kepemimpinan; Umar Bin Abdul Azis

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman bin Abdul Karim. Kitab Sejarah Terlengkap Para Sahabat Nabi, Tabi’in dan Tabi’it Tabi’in. Jember: Diva Press, 2014.

Abdussyafi Muhammad Abdul Latif. Bangkit dan Runtuhnya Khalifah Bani Umayyah. Terj. Masturi Irham dan Malik Supar. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar, 2014.

Ali Muhammad Ash-Shallabi. Biografi Umar bin Abdul Aziz. terj. Chep. M. Faqih FR. Jakarta: Beirut, 2014.

Ali Muhammad Ash-Shallabi. Umar bin Abdul Aziz Pembaharu dari Bani Umayyah, terj. Shoufau Qolbi. Jakarta: Pustaka Al-kausar, 2010.

Ali Nurdin. Qur’anic Society: Menelusuri Konsep Masyarakat Ideal dalam al-Qur’an. Jakarta: Gelora Aksara Pratama, 2006.

Dwi Martini. Konsep, Strategi dan Implementasi Good governance dalam Pemerintahan. Jakarta: IRJEN DEPAG RI, 2007.

Fahsin M. Fa’al. Sejarah Kekuasaan Islam. Jakarta Barat: Artha Rivera, 2008.

Khatib Pahlawan Kayo, RB. Kepemimpinan Islam dan Dakwah. Jakarta: Amzah, 2005.

Komaruddin Hidayat, dkk. Pendidikan Kewarganegaraan (Civic Education): Demokrasi, Hak Asasi Manusia dan Masyarakat Madani. Cet III. Jakarta: ICCE, 2007.

Muhammad Tahir Azhari. Negara Hukum (Suatu Studi tentang Prinsip-prinsipnya Dilihat dari segi Hukum Islam, Implementasinya Pada Periode Negara Madinah dan Masa Kini). Jakarta: Prenada Media, 2004.

Samsul Munir Amin. Sejarah Peradaban Islam. Ed. 1, Cet. 2. Jakarta: Amzah, 2010.

Sunaryo. Implementasi Good Governance dan Clean Governance dalam Penyelenggaraan Pemerintahan. Jakarta: IRJEN DEPAG RI, 2007.

Yunasril Ali. Kepemimpinan dalam Perspektif Islam. Bandung: Angkasa, 2008.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/al-idarah.v2i2.4010

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
© Published by the Research and Community Service Center (LP2M) in collaboration with Department of Da'wah Management, Da'wah and Communication Faculty, UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Indonesia


INDEXED BY:

 

SPONSORED BY: