PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI FUNGSI KUADRAT MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA SISWA KELAS X SEMESTER GANJIL SMA NEGERI 1 PEUREULAK KABUPATEN ACEH TIMUR

Lukman Lukman

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk (1) untuk mendeskripsikan pembelajaran matematika melalui pemecahan masalah dapat meningkatkan pemahaman siswa kelas X SMA Negeri 1 Peureulak terhadap konsep fungsi kuadrat (2) untuk mengetahui respon siswa kelas X SMA Negeri 1 Peureulak setelah penerapan pembelajaran matematika melalui pemecahan masalah pada pokok bahasan fungsi kuadrat. Penelitian ini terdiri dari 3 siklus atau 3 kali pertemuan (RPP). Instrumen berupa tes, lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa, lembar wawancara, lembar angket respon siswa. Teknis analisis adalah mereduksi data, penyajian data, penerikan kesimpulan dan verifikasi. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh: (1) pembelajaran matematika melalui pemecahan masalah dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Peureulak terhadap konsep fungsi kuadrat dengan skor rata-rata 80,05 dan ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal diperoleh 94,12%, (2) pembelajaran matematika melalui pemecahan masalah dapat menimbulkan rasa senang pada siswa, dapat berdiskusi, bertukar pendapat, dan saling membantu dalam memecahkan masalah, (3) respon siswa terhadap pembelajaran sangat positif.

Keywords


Pembelajaran Berbasis Masalah, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Abdullah, S. 1999/2000. Memecahkan Masalah dalam Matematika. Jurnal Gentengkali. III (1):36-39.

As’ari, A.R. Kegiatan Pemecahan Masalah dalam Pengajaran Matematika. Masalah Eksakta.XXI (60): 13-22.

As’ari, A.R. Mengapa Perlu Penelitian Tindakan. Masalah disampaikan dalam Pelatihan Action Research Tingkat Nasional bagi Para Instruktur Inti Propinsi: Jawa Barat, Sulawesi Sleatan Sumatra Utara, Maluku, Riau, dan Bengkulu di Wisma Hamdayani Vipere. Jakarta: 20 Februari - 2 Maret.

Atmojo, S. E. (2013). Penerapaan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dalam Peningkatan Hasil Belajar Pengelolaan Lingkungan. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 43(2).

Azhari, B., & Irfan, A. (2019). Model-Eliciting Activities dalam Menganalisis Kreativitas Pemecahan Masalah Matematika Pada Mahasiswa Pendidikan Matematika di PTKIN Aceh. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 2(1), 1-18.

Barody, A.T.1993. Problem Solving, Reasoning, and Communicating, K-8: Helping Children Thing Mathematically. New York: Macmillan Publishing.

Bell, F.H. 1978. Teaching Learning Mathematics: In Secondary Schooles. Lowa: Wn.C.Brown Company Publishers.

Bogdan,R.C.& Buklen, S.K. 1998. Qualitatif Research in Education: An Instruction to Theory and Methods. Third Edition. Boston: Allyn and Bacon

Dahar, R.W. 1988. Teori-teori Belajar. Jakarta: Depdikbud.

Depdiknas. 2003. Kurikulum 2004 Matematika SMP. Jakarta. Depdiknas.

Fajri, I., Ar, K., Prajana, A., Yusran, & Sanusi. (2020). Peningkatan Keterampilan 4C Melalui Model Pembelajaran Berbasis Portofolio. Jurnal Dedikasi Pendidikan, 4(2), 371–380.

Fajri, I., Yusuf, R., Maimun, Azhari, B., Sanusi, & Yusran. (2020). Innovation model of citizenship education learning in the 21st-century skill-learning environment of students in Aceh. Journal of Critical Reviews, 7(16), 2334–2343.

Grouws, D.A. 1992. Handbook of Research On Mathematics Teaching and Learning. New York: NCTM.

Hopkins, D. 1985. A Teacher’s Guide to Classroom Research. England: Open University Press.

Hudoyo, H. 1979. Pengembangan Kurikulum Matematika dan Pelaksanaannya di Depan Kelas. Surabaya: Usaha Nasional.

Hudoyo, H. 1988. Strategi Belajar Mengajar Matematika. Malang: IKIP Malang.

Hudoyo, H. 1992. Pendidikan Matematika Sekolah di indonesia Dalam Menghadapi Era Globalisasi. Makalah disajikan Pada Seminar Nasional ”Matematika sebagai ilmu, Pemikiran dan Konstribusi terhadap Pengembangan Sains dan Teknologi” FKIP Muhammadyah Surakarta. Surakarta: 20-21 Juni.

Hudoyo, H. 1988. Pembelajaran Matematika Menurut Pandangan Konstruktivis. Makalah disajikan Pada Seminar Nasional : Upaya-upaya meningkatkan Peran Pendidikan Matematika dalam Era Globalisasi. “Program Pasca Sarjana IKIP Malang. Malang: 4 April.

Imamuddin, M. (2019). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Berdasarkan Gaya Belajar. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 3(1), 11-20.

Kennedy, L.M. & Tipps, S. 1994. Guiding Children’s of Learning of Mathematics. Belmint, California: Wadsworth Publising Company.

Lestari, K. S., & Dantes, N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar Di Gugus I Kecamatan Buleleng. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 2(1), 1-12.

Lubienski, S.T. 2000. Problem Solving as a Means Toward Mathematics for All: An Exploratory look Through a Class. Jurnal for Research in Mathematics Educational (JRME). 31(4): 454-482.

Meiring, S.P. 1980. Becoming a Better Problem Solver. Ohio Departement of Educational Colombus.

Miles, M.B.& Huberman, A.M. 1992. Analisis Data Kualitatif. Terjemahan oleh Tjetjep Rohendi Rohidi. Jakarta: Universitas Indonesia Press.

Moleong, L.J. 2001. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung. Remaja Rosda Karya.

Murni, 2004. Pembelajaran Pemecahan Masalah Model Polya dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Keliling dan Luas Lingkaran pada Siswa Kelas 2 SMP Laboratorium UM. Tesis tidak diterbitkan. Malang: PPS Universitas Negeri Malang.

Nasution, S. 1986. Didaktik Azaz-azaz Mengajar. Bandung. Jenmars.

National Council of Teacher of Mathematics. 2000. Principle and Standarts for School Mathematics: Standarts 2000. Reston, VA: NCTM.

Nur, M dan Wikandari, P.R. 2000. Pengajaran Berpusat Kepada Siswa dan Pendekatan Konstruktivis Dalam Pengajaran. Surabaya. Universitas Negeri surabaya.

Pathuddin. 2002. Pemecahan Masalah dalam Matematika. Kreatif, Jurnal Pendidikan dan Seni, 5(3): 59-72.

Polya, G. 1957. How to Solve it. New York: Doubleday.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/jppm.v4i2.8779

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Al Khawarizmi
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika
© 
Author
Published by Center for Research and Publication UIN Ar-Raniry and Department Mathematics Education UIN Ar-Raniry.