Konflik dalam Al-Quran

Rasyad Rasyad

Abstract


Every human life, whenever and wherever there will always be conflicts that surround it. The conflict occurs because it is motivated by differences in attitudes and feelings, cultural differences and differences in interests and social changes. These differences have given rise to various conflicts in various parts of the world, whether political conflicts, racial conflicts, religious conflicts, mental conflicts and so on. In the Qur'an, in general, there are only three types of conflict, namely family conflict, religious conflict and ethnic conflict. Most of these conflicts are the story of the people of the past and their prophets from the prophet Adam to the Prophet Muhammad SAW. Every time there is a conflict that is told in the Qur'an, Allah always hints at how to resolve it differently, and always ends with instructions so that it can be resolved peacefully (ash-shulh), deliberation, negotiation and so on. So that there is no conflict that cannot be resolved if both parties have good intentions and intentions.

 

ABSTRAK

Setiap kehidupan manusia, kapan pun dan dimanapun pasti akan selalu ada konflik yang mengitarinya. konflik itu terjadi karena dilatar belakangi oleh perbedaan pendirian dan perasaan, perbedaan kebudayaan dan perbedaan kepentingan dan perubahan sosial. Perbedaan-perbedaan itulah yang melahirkan berbagai konflik di berbagai belahan dunia ini, baik konflik politik, konflik rasial, konflik agama, konflik mental dan sebagainya. Dalam Al-Qur’an, secara garis besar terdapat tiga jenis konflik saja, yaitu konflik keluarga, konflik agama dan konflik etnis. Konflik-konflik tersebut sebagian besarnya adalah  kisah umat masa lalu bersama nabi-nabi mereka sejak nabi Adam sampai kepada Nabi Muhammad SAW. Setiap ada konflik yang diceritakan dalam Al-Qur’an, Allah selalu mengisyaratkan cara penyelesaiannya secara berbeda-beda pula, dan selalu diakhiri dengan petunjuk agar diselesaikan secara damai (ash-shulh), musyawarah, negosiasi dan lain sebagainya. sehingga tidak ada konflik yang tidak bisa diselesaikan jika kedua belah pihak memiliki niat dan itikad yang baik


Keywords


Konflik, Al-Qur’an, Manusia

Full Text:

PDF

References


Ahmad, Arifuddin. 2012. Metodologi Pemahaman Hadis; Kajian Ilmu Ma’anil Al-Hadi. Makasar: Alaudin Press.

Al-Baghdadi, Al-khatib. n.d. Aljami’ Li Akhlaki Ar-Rawi Wa Adabu Sami’. II. Riyad: Maktabah al-Ma’arif.

Ali, Muhammad. 2016. “Asbab Al-Wurud Hadis.” Jurnal Kajian Ilmu Hadis 6(2).

Al-Khathīb, Ajjaj. 1989. Ushul Al-Hadis. Beirut: Dar al-Fikr.

Ash-Shidiqie, Hasbi. 1981. Pokok-Pokok Ilmu Dirayah Hadis. Jakarta: PT. Bulan Bintang.

Ash-Shidiqie, Hasbi. 1999. Sejarah Dan Pengantar Ilmu Hadis. IV. Semarang: Pustaka Rizki Putra.

As-Suyuti. 1984. Asbab Wurud Hadis. Beirut: Dar, al-Maktabah al-Ilmiyah.

Djuned, Daniel. 2010. Ilmu Hadis; Paradigma Baru Dan Rekontruksi Ilmu Hadis. Jakarta: Erlangga.

Fauziy, Rif’at. 1978. Al-Madkhal IlaTautsiq Al-Sunnah. Mesir: Muassasah al-Khanijiy.

George A. Theodorson and Achelles G. Theodorson. 1979. A Modern of Sociology, New York:Barnes an Noble Books

Hermawan. 2021. Kisah Qabil dan Habil, Pembunuhan Pertama di Muka Bumi. From: https://www.tagar.id/kisah-qabil-dan-habil-pembunuhan-pertama-di-muka-bumi, diakses 19 februari 2021.

Ismail, Muhammad Syuhudi. 1994. Hadis Nabi Yang Tekstual Dan Kontekstual: Telaah Ma’ani Al-Hadis Tentang Ajaran Islam Yang Universal, Temporal Dan Lokal. Jakarta: Bulan Bintang.

Jamaa’ah, Ibnu. n.d. Al-Minhal Ar-Rawiy. Damaskus: Dar Al Fikr.

Jhon F. Guber, 1951. Sosiology: A Syinopsis of principles, New York.

Kartono, Kartini. 1998. Pemimpin dan Kepemimpinan: Apakah Pemimpin Abnormal itu? Jakarta: Rajawali

Manzhur, Ibnu. n.d. Lisan Al-Arab. Beirut: dar as-Shadir.

Muhibbin. 1996. Hadis-Hadis Politik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Nashir, Ridlwan. 2013. Ilmu Memahami Hadis Nabi, Cara Praktis Menguasai Ulumul Hadis & Musthalah Hadis. Yogyakarta: Pustaka Pesantren.

Pawiro M. 2018. Pengertian Konflik: Arti, Faktor Penyebab, Jenis, dan Dampak Konflik, from https://www.maxmanroe.com/vid/sosial/pengertian-konflik.html, diakses 12/02/2020

Poloma, Margaret M. 2000. Sosiologi Kontemporer. Tim Pent. Yosogama, Jakarta. Rajawali

Rabiy. 2012. Pembunuhan Habil. From: https://alfait.wordpress.com/2012/07/28/pembunuhan-habil/

Setiawan, Samhis. 2021. 32 Pengertian Konflik Menurut Para Ahli Terlengkap Dalam Sosiologi, from: https://www.gurupendidikan.co.id/pengertian-konflik/

Shalah, Ibnu. 1971. Ulumul Hadis. Madinah: al-Maktabah al-Islamiyyah.

Sholahuddin, Agus, and Agus Suyadi. 2017. Ulumul Hadis. Jakarta: Pustaka Setia.

Soekanto, Soerjono. 2002. Sosiologi suatu Pengantar. Tim Pent. Yosogama, cet ke. 34, Jakarta. Rajawali.

Suryadilaga, Alfatih. 2016. Aplikasi Penelitian Hadis Dari Teks Ke Konteks. Yogyakarta: Kalimedia.

Taimiyah, Ibn. n.d. Majmu’ Al-Fatawa. Beirut: Dar al-Arabiyah.

Taufiq, Muhammad. Quran in Word, ver 1.0.0. Al-Ma’idah 28-31

W.F.G. Mastenbroek, Penanganan konflik dan Pertumbuhan Organisasi, alih Bahasa, Pandam Guritno, Jakarta: UI Press, 1986, hal. 192.

Wahid, Ramli Abdul. n.d. Ilmu-Ilmu Hadis. Bandung: Citapustaka Media Perintis.

Wijaya, Utang Ranu. 1996. Ilmu Hadis. Jakarta: Gaya Media Pratama.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/jim.v18i1.10450

Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmiah Al-Mu'ashirah: Media Kajian Al-Qur'an dan Al-Hadits Multi Perspektif

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXED BY:

  

EDITORIAL OFFICE:

Syeikh Abdur Rauf Street, Faculty of Islamic Theology and Philosophy Building, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh, Banda Aceh, Postal Code 23111 Indonesia

Email: Jurnalmuashirah@ar-raniry.ac.id 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats