STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PROGRESIF DI SEKOLAH

Sulaiman Sulaiman

Abstract


Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) bagi sebagian siswa sangat tidak menyenangkan sehingga berpengaruh terhadap minat belajar. Salah satu faktornya adalah strategi pembelajaran PAI yang masih tradisional, kemampuan/kompetensi mengajar guru PAI masih kurang, dan strategi pengelolaan pembelajaran PAI belum optimal. Upaya peningkatan aktivitas belajar PAI, prestasi belajar PAI, dan menjadikan PAI sebagai mata pelajaran yang diminati siswa, alternatifnya adalah mengganti strategi pembelajaran PAI dari tradisional ke strategi pembelajaran PAI yang progresif.

Keywords


pembelajaran PAI; peran guru; variasi pola interaksi; strategi pembelajaran PAI

Full Text:

PDF

References


Abdul Azid Muttaqin, Ragam Model Mengajar Yang Mudah Diterima Murid. Cet. I. Jogjakarta: Diva Press, 2013.

Abdul Rahman Shaleh, Madrasah Dan Pendidikan Anak Bangsa. Cet. I. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 2006.

Abuddin Nata, Persepsi Islam Tentang Strategi Pembelajaran, Cet. II. Jakarta: Kencana Prenada Group 2011.

Acep Ruskandar, Link And Match Dalam Kegiatan Belajar Mengajar. Bandung: CV. Makrifat

Ahmad Sabri, Strategi Belajar Mengajar&Microteaching. Cet. II. Jakarta: Quantum Teaching, 2007.

Ahmad Yani. 12 Ketrampilan Dasar Mengajar. Cet. I. Bandung: CV. Pringgandani, 2013.

Ali Imron, Supervisi Pembelajaran Tingkat Satuan Pendidikan. Cet. I. Jakarta: Bumi Aksara, 2011.

Edi Hendri, Guru Berkualitas: Profesional Dan Cerdas Emosi. Jurnal Saung Guru: Vol. I. No. 2. Tahun 2010.

Eka Prihatin, Guru Sebagai Fasilitator. Cet. I. Bandung: PT. Karsa Mandiri Persada, 2008.

Epo Ningrum, Pengembangan Strategi Pembelajaran. Cet. I. Bandung: CV. Putra Setia, 2013.

Ismail, Strategi Pembelajaran Agama Islam Berbasis PAIKEM. Cet. I. (Semarang: Rasail Media Group, 2008

Martinis Yamin, dkk, Manajemen Pembelajaran Kelas (Strategi Meningkatkan Mutu Pembelajaran). Cet. I. Jakarta: Gaung Persada press, 2009.

Muchlas Samani, dkk, Konsep Dan Model Pendidikan Karakter. Cet. II. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2012.

Muhammad Yaumi, Prinsip-Prinsip Desain Pembelajaran. Cet. I. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 20013.

Nana Sudjana, Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Cet. XIII. Bandaung: Sinar Baru Algensindo, 2013.

Nana Sudjana, Menjadi Guru Profesional. Cet. II. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2008.

Nasution, Didaktika Asas-Asas Mengajar. Cet. IV. Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2010.

Nini Subini1, Rahasia Gaya Belajar Orang Besar. Cet. II. Jogjakarta: Javalitera, 2013.

Rudi Hartono, Ragam Model Mengajar Yang Mudah Diterima Murid. Cet. I Jogjakarta: Diva Press, 2013.

Sulaiman, Menjadi Guru PAI yang Dirindukan Peserta Didik Dalam Kelas. Proceedings Seminar 1st Annual Internasional Seminar on Education 2015 Faculty of Tarbiyah and Teacher’s Training. Cet. I. Banda Aceh: FTK Ar-raniry Press, 2015.

Sunhaji, Strategi Pembelajaran: Konsep dan Aplikasinya. Jurnal Insania. Vol. 13. No. 3. Sep-Des 2008.

Syamsu Yusuf, Perkembangan Peserta Didik: Mata Kuliah Dasar Profesi (MKDP) Bagi Para Mahasiswa Calon Guru Di Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK). Cet. I. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada, 2011.

Trianto, Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Cet. VI. Jakarta: Kencana Prenada Media Group 2013.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/aricis.v1i0.945

Refbacks

  • There are currently no refbacks.