DAKWAH DI INTERNET: KONSEP IDEAL, KONDISI OBJEKTIF DAN PROSFEKNYA

Salman Yoga S

Abstract


Kemajuan teknologi komunikasi yang dibarengi juga dengan semakin pluralis dan homogennya dalam perkembangan masyarakat muslim modren sangat terbantu dalam mendapat informasi ke-Islam-an melalui media massa, termasuk si’ar dan dakwah agama yang dapat diakses oleh banyak orang dari berbagai tempat di dunia. Fenomena ini yang telah demikian menyatu dengan kehidupan dan perkembangan zaman, sehingga tidak heran dunia saat ini telah menjelma menjadi sebuah “kampung†/ global village. Hal ini dimungkinkan dengan hadirnya teknologi komunikasi canggih seperti internet atau yang juga kerap disebut sebagai media Cyber. Dengan metode analisis dari sejumlah literatur dengan membandingkannya dengan kondisi kekinian kajian ini berfokus dan menghasilkan tiga hal: Pertama, sekilas tentang sejarah kemunculan internet sebagai media massa dan konsep ideal. Kedua, kondisi objektifnya sebagai salah satu media yang tengah digandrungi dunia. Ketiga, menyangkut prosfek dan kemungkinan-kemungkinannya menjadi media penyebar luasan ajaran Islam.

Full Text:

PDF

References


Abd Ghani, Zulkiple. Islam, Komunikasi Dan Teknologi Maklumat, Singapure: Utusan Publications & Distributor SDN BHD, 2001.

Amir, H. Mafri, Etika Komunikasi Massa Dalam Pandangan Islam, Jakarta: Logos, 1999.

APJll://www.apiji.or.id/dokumentasi/statistik.php?lang.

Bride, Mac, Mac Bride, The Internet, Jakarta: Magapoin, 2003.

Bland, Michael, Alison Theaker, David Wragg, Hubungan Media Yang Efektif, Jakarta: Erlangga, 2004.

Majeed Abu Bakar Abdul, Siti Fatimah Abdul Rahman, Multimedia Dan Islam, Malaysia: Intitut Kefahaman Islam Malaysia (KIM), 2000. Cet. Ke dua.

Muhammad, Amran, Cabaran Teknologi Moden Terhadap Umat Islam, di dalam National Comunication From The Islamic Perspektive, Dato’ Ahmad Nordin b. Hj. Mohd Zain, Comunication Principles In Islam, Schol of Mass Comunication, Institut Teknologi MARA, 19989.

Rivers, William L, Jay W. Jensen, Theodore Peterson, Media Massa Dan Masyarakat Modren, Jakarta: Kencana, 2003. Edisi ke 2.

SK, Ishadi, Prospek Bisnis Informasi Di Indonesia, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1999.

Samadikun, Samaun, Pengaruh Perpaduan Teknologi Komputer, Telekomunikasi dan Informasi, di dalam Indonesia Abad XXI Di Tengah Kepungan Perubahan Global, Jakarta: Kompas, 2000.

Sardar, Zainuddin, Tantangan Dunia Islam Menjangkau Informasi Abad 21, Bandung: Mizan, 1993.

Wahid, Fahul, e-Dakwah, Dakwah Melalui Internet, Yogyakarta: Gaya Media, 2004.

Wok, Saodah, Narimah Ismail dan Mohd Yusuf Hussain, Teori-Teori Komunikasi, PTS Publication & Distributor SDN BHD, 2003.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/albayan.v21i31.148

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Al-Bayan: Media Kajian dan Pengembangan Ilmu Dakwah. Published by Center for Research and Community Service (LP2M) and Faculty of Da'wah And Communication, UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Aceh, Indonesia.

P-ISSN: 1411-5743

E-ISSN: 2549-1636

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.