GAYA RETORIKA DAKWAH USTADZ ABDUL SOMAD PADA CERAMAH PERINGATAN MAULID NABI MUHAMMAD SAW TAHUN 1440 H DI MESJID RAYA BAITURAHMAN BANDA ACEH

Deni Yanuar

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gaya retorika dakwah ustadz Abdul Somad ketika menyampaikan ceramahnya di Aceh. Penelitian ini berfokus pada saat ustadz Abdul Somad berceramah di Masjid Raya Baitturrahman Banda Aceh. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori retorika Aristoteles yaitu  five canons of rhetorics yang berfokus kepada kajian Elocutio / Style (gaya bahasa, dan gaya gerak tubuh), menggunakan konsep Gorys Keraf. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif analisis. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data yang diperoleh melalui dokumentasi rekaman video dan juga diperoleh melalui wawancara informan secara langsung. Untuk menganalisis data penelitian ini menggunakan model analisis data Miles dan Huberman, sedangkan pemilihan informan menggunakan metode key informant. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ustadz Abdul Somad menerapkan gaya retorika dengan sangat baik ketika menyampaikan ceramahnya. Ustadz Abdul Somad menerapkan gaya bahasa berdasarkan pilihan kata, gaya bahasa berdasarkan nada, gaya bahasa berdasarkan struktur kalimat dan gaya bahasa berdasarkan langsung tidaknya makna. Kemudian ustadz Abdul Somad juga menerapkan gaya gerak tubuh ketika berceramah mulai dari berpakaian yang sopan, berdiri dengan tegap, menunjukkan ekspresi wajah dan gerakan tangan sampai dengan pandangan mata menghadap ke seluruh jama’ah. Keseluruhan hasil Menemukan fakta bahwa Ustadz Abdul Somad tidak mempelajari retorika dan tidak pernah menyiapkan konsep apapun dalam berceramah. Setiap berceramah ustadz Abdul Somad hanya menyampaikan sesuai dengan pengetahuan beliau secara langsung. Maka retorika ustadz Abdul Somad selama ini ketika berceramah adalah retorika spontan dan intuisif.

Kata kunci: Ceramah, Dakwah, Gaya Retorika, Ustadz Abdul Somad


Full Text:

PDF

References


Abidin, Yusuf, Zainal. “Pengntar Retorika.” Bandung: Setia Pustaka, 2013.

Achmad, Fauzi. “Gaya Retorika Dakwah Ustadz Abdul Somad.” Islam Negeri Sunan Ampel, 2018.

Amir, Munir, Samsul. Rekonstruksi Pemikiran Dakwah Islam. Jakarta: Amzah, 2008.

Asmuni, Syukir. Dasar-Dasar Strategi Dakwah Islam. Surabaya: Al-Ikhlas, 1983.

Billah, Masrun. “Gaya Retorika Ustad Adi Hidayat Dalam Ceramah ‘Keluarga Yang Dirindukan Rosulullah SAW’ Pada Media Youtube.” Universitas Islam Begeri Sunan Ampel, 2018.

ConversationIDN. “Mengapa Orang Suka Mendengarkan Ustadz Abdul Somad?” theconvertation.com, 2018.

Dalimunthe, Syairal Fahmy, and Muhammad Surip. Retorika Dalam Perspektif Teoritis Dan Aplikatif. Jakarta: Halaman Moeka Publishing, 2015.

Dewi, Utami, Fitriana. Public Speaking (Kunci Sukses Berbicara Di Depan Publik). Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2014.

Ghestari, Anwar. Retorika Prakris Tehnik Dan Seni Berpidato. Jakarta: Rineka Cipta, 1995.

Griffin, EM. A First Look At Communication Theory. Edited by Susan Gouijnstook. Wheaton College. 8th ed. McGraw-Hill, 2012. https://doi.org/10.1192/bjp.112.483.211-a.

Hariko, Rezki. “Landasan Filosofis Keterampilan Komunikasi Konseling.” Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling 2, no. 2 (2017): 41–49. https://doi.org/10.17977/um001v2i22017p041.

Hasanuddin, H. Hukum Dakwah : Tinjauan Aspek Hukum Dalam Berdakwah Di Indonesia. Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya, 1996.

Hendrikus, Wuwur, Dori. Retorika : Terampil Berpidato, Berdskusi, Berargumentasi, Bernegosiasi. Yogyakarta.: Kanisius, 1991.

Hidayat, Taufik. “Peringatan Tsunami Aceh Tahun Ini Dipusatkan Di Peukan Bada, Tausiyah Diisi Ustadz Abdul Somad (UAS).” Serambinews.com, 2018.

Keraf, Gorys. Diksi Dan Gaya Bahasa. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2017.

Rakhmat, Jalaluddin. Retorika Modern: Pendekatan Praktis. Bandung: Remaja Rosda Karya, 1998.

Rousydiy, Lathief, T. A. Dasar-Dasar Rhetorica, Komunikasi, Dan Informasi. Medan: Rimbow, 1989.

Rozita, Charlina, and Mangatur Sinaga. “Rhetoric Ustadz Abdul Somad.” JOM FKIP 5, no. 2 (2018): 1–11.

Sixmansyah, Leiza. “Retorika Dakwah K.H. Muchammad Syarif Hidayat.” Islam Negeri Syarif Hidayatullah, 2014.

Sunarjo, and Djoenaesih. Komunikasi, Persuasi Dan Retorika. Yogyakarta: Liberty, 1983




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/albayan.v25i2.5269

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Al-Bayan: Media Kajian dan Pengembangan Ilmu Dakwah. Published by Center for Research and Community Service (LP2M) and Faculty of Da'wah And Communication, UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Aceh, Indonesia.

P-ISSN: 1411-5743

E-ISSN: 2549-1636

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.