THE DEVELOPMENT OF DIGITAL BOOK MEDIA WITH LEARNING CONTEXTUAL MODEL IN PLANTAE MATERIALS SUB-CONCEPT BRYOPHYTA
DOI:
https://doi.org/10.22373/biotik.v10i1.10831Keywords:
Media pembelajaran, biology digital book, kontekstual, materi lumut, R&D.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangan media pembelajaran Biology Digital Book berbasis kontekstual pada materi tumbuhan (plantae) subkonsep lumut untuk siswa SMA kelas X MIA. Jenis penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan mengacu pada model penelitian Borg and Gall. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 4 Kabupaten Tangerang pada bulan mei sampai dengan Juni 2021. Data yang diperoleh didapatkan dengan cara menyebarkan angket kepada 1 validator ahli materi, 1 validator ahli media, 1 guru bidang studi biologi, dan 30 siswa SMA Negeri 4 Kabupaten Tangerang jurusan MIA. Berkembangnya teknologi dan ilmu pengetahuan membuat pengembangan media pembelajaran semakin berkembang salah satunya dengan adanya pengadaan buku yang tidak hanya dalam bentuk cetak namun juga tersedia dalam bentuk digital atau yang sering disebut dengan digital book. Digital book dikembangkan agar memenuhi kebutuhan media pembelajaran yang bersifat fleksibel, sehingga memudahkan siswa untuk belajar dimana saja dan kapan saja. Hasil penelitian dari segi media mendapatkan penilaian sebesar 95,8% dan mendapatkan 96,2% dari segi materi dengan keduanya mendapatkan kategori sangat layak. Uji coba skala terbatas pada siswa terhadap pengembangan media pembelajaran Biology Digital Book berbasis kontekstual diperoleh nilai sebesar 91,4% dengan kategori sangat layak. Hasil uji respon siswa menunjukkan produk media pembelajaran Biology Digital Book berbasis kontekstual pada materi tumbuhan (plantae) subkonsep lumut sangat layak untuk diuji coba dalam skala luas (uji lapangan utama). Kekurangan pada media pembelajaran ini dapat diperbaiki pada penelitian pengembangan selanjutnya yang relevan.Downloads
References
Tompo, B. 2017. Cara Cepat Membuat Buku Digital Android. Malang: MATsNUEPA PUBLISHING.
Rahmawati, I. S., Rockham & Nurchasanah. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Menulis Teks Fabel dengan Macromedia Flash Bagi Siswa SMP. Jurnal Pendidikan. 1(7): 1323—1329.
Borg, W.R. & M.D. Gall. 1983. Educational Research: An Introduction. Fifth Edition. New York: Longman.
Sriwahyuni, I., Risdiyanto, E. & H. Johan. 2019. Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Menggunakan Flip PDF Professional Pada Materi Alat-alat Optik di SMA. Jurnal Kumparan Fisika. 2(3): 145—152.
Walker, Sue. 2012. Describing the Design of Children Books: An Analytical Approach. Arts and Humanities Journal. 46(3): 180—199.
Kusuma, Y. A. 2020. Efektivitas Penggunaan Aplikasi Quizizz dalam Pembelajaran Daring (Online) Fisika pada Materi Usaha dan Energi Kelas X MIPA di SMA Maehi Kudus Tahun Pelajaran 2020/2021. Skripsi. Universitas Sanata Dharma Yokyakarta.
Maimunah. 2016. Metode Penggunaan Media Pembelajaran. Jurnal Al-Afkar. 5(1): 1—24.
Muslich, M. 2010. Garis-Garis Besar Tatabahasa Baku Bahasa Indonesia. Bandung: PT. Refika Aditama.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.