Keragaman Liliopsida Sebagai Media Pembelajaran Biologi

Ulia Hanum

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui lebih jauh mengenai konsep pembelajaran berbasis belajar dari lingkungan sebagai media penunjang pembelajaran biologi. Secara khusus tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keragaman Liliopsida dan menganalisis kelayakannya untuk digunakan sebagai media pembelajaran biologi. Penelitian dilakukan di pekarangan SMA Negeri 1 Sawang Kabupaten Aceh Utara. Metode pengumpulan data adalah survei dan kuadrat. Analisis data untuk indek keragaman dilakukan dengan Indeks Keragaman Shannon (H’), Indeks Kemerataan (E’). Analisis data Indeks Nilai Penting (INP) untuk menetapkan dominasi suatu jenis Liliopsida terhadap jenis Liliopsida lainnya dalam suatu komunitas. Sedangkan untuk kelayakan diuji dengan rumus penduga nilai kelayakan (K). Hasil penelitian diperoleh 37 jenis Liliopsida dari 6 familia. Berdasarkan hasil analisis Indeks Nilai Penting, pada tiap stasiun pencuplikan diketahui jenis Liliopsida yang mendominasi lebih dari satu jenis. Pada stasiun I dan II terdapat 3 jenis Liliopsida yang mendominasi komunitas tersebut, sedangkan pada stasiun III ada 6 jenis Liliopsida yang mendominasi. Indeks keragaman Shannon menunjukkan tingkat keragaman Liliopsida di pekarangan SMA Negeri 1 Sawang termasuk kategori sedang dan Indeks kemerataan menunjukkan bahwa distribusi jumlah individu setiap jenis Liliopsida di setiap lokasi relatif terdistribusi secara merata. Hasil pengujian kelayakan menunjukkan tumbuhan anggota Liliopsida di pekarangan SMA Negeri 1 Sawang sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran biologi konsep keanekaragaman hayati, khususnya keanekaragaman hayati tumbuhan (K= 120 %).

Kata Kunci: Keragaman liliopsida, Media Pembelajaran dan Analisis Kelayakan


The objective of this research was to know the further concerning of learning concept study-based from environmental as a supporting media of biological study. The main objective of this research was to know Liliopsida diversity and to analyze feasibility of Liliopsida species to used as biology learning media. The research was conducted in school-yard of SMA Negeri 1 Sawang Kabupaten Aceh Utara. The sampling was done by survey and squares method. Data analyzed using the Shannon index (H’) and Evenness index (E’). The important value index, to establish the dominance of one Liliopsida species to others Liliopsida in one community. Feasibility study measured by K formula (feasibility value assessment). The result showed that there were 37 species of which consist of 6 families. The important value index showed that in each sampling stations have more than one Liliopsida species as the dominance species. There were 3 dominance Liliopsida species from I and II sampling stations, whereas in III sampling station there were 6 dominance Liliopsida species. Shannon diversity index showed that the diversity level of Liliopsida in school-yard of SMA Negeri 1 Sawang were rated medium and Evenness index showed that a distribution of individual number of Liliopsida were relatifly apportionmented. The result of feasibility study showed that Liliopsida in school-yard of SMA Negeri 1 Sawang was very reasonable to be used as biology learning media in a biodiversity concept, specifically for plants biodirversity (K= 120 %).

Keywords: Diversity, Liliopsida, Learning Media and Feasibility Study

Keywords


Diversity; Liliopsida; Learning Media; Feasibility Study

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.22373/biotik.v1i1.210

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

All works are licensed under CC BY-SA

Index By

       

Office Address

Jl. Syeikh Abdul Rauf Komplek Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry Darussalam, Banda Aceh 23111, Email: jurnal.biotik@ar-raniry.ac.id

Contact Person

Samsul Kamal (HP. 0813-6003-0895), Elita Agustina (HP. 0852-7741-7176), Mulyadi (HP. 0812-6909-431)