Artikel
Perbedaan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Melalui Penerapan Media Pembelajaran Laboratorium Virtual Pada Konsep Sistem Pernapasan Manusia Di SMA Negeri Unggul Sigli
Affiliation Details
- Teuku Musreza Fonna: Program Studi Pendidikan Biologi PPs Universitas Syiah Kuala
- Adlim Adlim: Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Syiah Kuala
- Muhammad Ali S: Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Syiah Kuala
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan keterampilan berpikir kritis siswa melalui pembelajaran konvensional dan penggunaan media laboratorium laboratorium virtual pada konsep sistem pernapasan manusia. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan rancangan pretest-postest control group design. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI semester dua berjumlah 50 orang siswa SMA yaitu 25 orang kelas XI.A dan 25 orang kelas XI.B di SMA Negeri Unggul Sigli Kabupaten Pidie. Pembelajaran di kelas eksperimen dilakukan dengan menggunakan media (software) virtual lab, sedangkan kelas kontrol diterapkan pembelajaran konvensional dan masing-masing kelas digunakan model Pembelajaran Langsung. Efektifitas penerapan Laboratorium virtual terhadap keterampilan berpikir kritis dianalisis dengan menggunakan tes berupa uraian yang dilakukan dengan uji-t (Independent Samples t-Test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa thit. 5,507 > ttab. 2,011. Dengan demikian, terdapat perbedaan yang signifikan penerapan pembelajaran dengan menggunakan media laboratorium virtual terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada konsep sistem pernapasan manusia.
Kata Kunci: Keterampilan Berpikir Kritis, Laboratorium Virtual, dan Sistem Pernapasan Manusia
This research aims to determine the differences in critical thinking skills of students who taking conventional learning and virtual labs on the concept of the human breathing system. The method used is an experimental method by design pretest-posttest control group design. The research population is high school students at class XI in the second semester of school time. Two classes with 25 students each were chosen purposively for experiment and control class. The experimental classed was taught by using learning media of virtual laboratory software, while the control class was taught with conventional learning and both classes were applied the Direct Instruction Model. Pretest and posttest on critical thinking skills and cognitive learning outcomes of the students in both classes were compared and analyzed by using a test; essay and multiple-choice performed with t-test (Independent Samples t-Test). The results showed that there was significant improvement of critical thinking skills (tcount 5, 507 > ttable 2,011) students that learned through media of virtual laboratory software. Thus, there is a significant difference in the application of virtual laboratory software on students' critical thinking skills on the concept of the human breathing system.
Keywords: Critical Thinking Skills, Virtual Laboratory, and The Human Breathing System
70
TOTAL VIEWS
4
DOWNLOADS
ALTMETRICS
Similar Articles
- Cut Nisna Juwita, Samingan Samingan, M. Ali Sarong, Penerapan Pembelajaran Kooperatif Student Teams Achievement Divisions (STAD) Berbasis Multimedia Terhadap Berpikir Kritis Siswa SMAN 1 Sakti Kabupaten Pidie Pada Materi Sistem Pernapasan Manusia , BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan: Vol. 2 No. 2 (2014): Jurnal Biotik
- Cut Kemalawati, Hasanuddin Hasanuddin, Khairil Khairil, Pengaruh Strategi Metakognisi Terhadap Hasil Belajar dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Sistem Peredaran Darah Manusia di SMA Negeri Trumon Kabupaten Aceh Selatan , BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan: Vol. 6 No. 2 (2018): JURNAL BIOTIK
- Hasanuddin Hasanuddin, Khairil Khairil, Samingan Samingan, Ismul Huda, Agustina Agustina, PENGARUH STRATEGI METAKOGNITIF TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN DI SMAN BANDA ACEH , BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan: Vol. 8 No. 1 (2020): JURNAL BIOTIK
- Siti Maryam Fadhilah Palestina, Samingan Samingan, Evi Apriana, Penerapan Pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Konsep Sistem Pernapasan Manusia , BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan: Vol. 2 No. 1 (2014): Jurnal Biotik
- Rahmayanti Rahmayanti, Razali Razali, Mudatsir Mudatsir, Hubungan Pengetahuan, Sikap Dan Tindakan Dengan Infeksi Soil Transmitted Helminths (STH) Pada Murid Kelas 1, 2 Dan 3 SDN Pertiwi Lamgarot Kecamatan Ingin Jaya Kabupaten Aceh Besar , BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan: Vol. 2 No. 2 (2014): Jurnal Biotik
- Maulina Maulina, Khairil Khairil, Safrida Safrida, PENERAPAN MODEL PBL DIPADU MEDIA ANIMASI VIDEO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP SISTEM PENCERNAAN MANUSIA DI SMP NEGERI 5 BANDA ACEH , BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan: Vol. 5 No. 1 (2017): JURNAL BIOTIK
- Muhammad Jamhari, Syarifuddin Syarifuddin, Herbert Sipahutar, THE EFFECTS OF VISUAL MAPPING AND SCIENCE-RELATED ATTITUDES ON STUDENTS’ CRITICAL THINKING AND PROBLEM SOLVING SKILLS , BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan: Vol. 8 No. 2 (2020): JURNAL BIOTIK
- Teuku Fakhrizal, Uswatun Hasanah, UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DI KELAS X SMA NEGERI 1 KLUET TENGAH , BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan: Vol. 8 No. 2 (2020): JURNAL BIOTIK
- Evi Apriana, Anwar Anwar, Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Inkuiri Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Pada Konsep Dampak Pencemaran Lingkungan Terhadap Kesehatan , BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan: Vol. 2 No. 2 (2014): Jurnal Biotik
- Nur Afni, Khairil Khairil, Abdullah Abdullah, Penerapan Pendekatan STM (Sains Teknologi Masyarakat) Pada Konsep Pencemaran Lingkungan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Kemampuan Berpikir Kritis Di Sma Negeri 4 Wira Bangsa Meulaboh , BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan: Vol. 2 No. 2 (2014): Jurnal Biotik
You may also start an advanced similarity search for this article.
Most read articles by the same author(s)
- Tuti Marjan Fuadi, Adlim Adlim, Mustafa Sabri, Pembelajaran Sistem Reproduksi Manusia Dengan Pendekatan Contextual Teaching And Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Sikap Siswa MAN Darussalam Aceh , BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan: Vol. 1 No. 1 (2013): Jurnal Biotik
- Mulyadi Mulyadi, Adlim Adlim, Djufri Djufri, MEMBERDAYAKAN KEMAMPUAN BERPIKIR MAHASISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN READING QUESTIONING AND ANSWERING (RQA) , BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan: Vol. 2 No. 1 (2014): Jurnal Biotik
- Safriyadi Amisyah, Muhammad Ali S, Cut Nurmaliah, Upaya Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Melalui Model Problem Based Learning , BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan: Vol. 1 No. 2 (2013): Jurnal Biotik