Penerapan Pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Konsep Sistem Pernapasan Manusia

Authors

  • Siti Maryam Fadhilah Palestina Prodi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Almuslim Bireuen
  • Samingan Samingan Prodi Pendidikan Biologi FKIP Universitas
  • Evi Apriana Prodi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Serambi Mekkah

DOI:

https://doi.org/10.22373/biotik.v2i1.237

Keywords:

Problem Based Learning, Critical Thinking, Human System Respiratory

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa setelah pembelajaran antara penerapan berbasis masalah dengan pembelajaran konvensional. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 4 Bireuen. Metode penelitian adalah metode eksperimen. Sampel pada penelitian ini adalah sebanyak 2 kelas yang ditentukan secara cluster random sampling terdiri dari kelas kelas eksperimen (pembelajaran berbasis masalah) dan kelas sebagai kelas kontrol (pembelajaran konvensional). Teknik analisis data dilakukan dengan uji-t. Kesimpulan penelitian ini terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis secara signifikan antara siswa yang mengikuti pembelajaran melalui pendekatan pembelajaran berbasis masalah dengan pembelajaran konvensional. Kata Kunci: Pembelajaran Berbasis Masalah, Berpikir Kritis, Sistem Pernapasan Manusia This research aimed at knowing the difference of students’critical thinking ability after learning process by using problem-based learning and conventional learning. This is done at SMAN 4 Bireuen. This research used experimental method. The sample of the research was 2 classess determined by cluster random sampling. The data were analyzed by using t-test. The result showed that there was significant different of students’ critical thinking ability between the students taught by using problem-based learning and students taught by using conventional learning. Keywords: Problem Based Learning, Critical Thinking, Human System Respiratory

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-02-08

How to Cite

Penerapan Pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Konsep Sistem Pernapasan Manusia. (2018). BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi Dan Kependidikan, 2(1), 70-76. https://doi.org/10.22373/biotik.v2i1.237

Similar Articles

1-10 of 148

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)