PENERAPAN SUPERVISI AKADEMIK MODEL KLINIS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DI SMA NEGERI 3 KLUET UTARA KABUPATEN ACEH SELATAN
DOI:
https://doi.org/10.22373/biotik.v6i1.4034Keywords:
Supervisi Akademik Model Klinis, Kemampuan Guru dan Problem Based LearningAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun RPP dan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning melalui supervisi akademik model klinis di SMA Negeri 3 Kluet Utara Kabupaten Aceh Selatan. Subjek penelitian ini adalah guru-guru kelompok mata pelajaran IPA di SMA Negeri 3 Kluet Utara Kabupaten Aceh Selatan yang berjumlah lima orang. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan sekolah yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yakni: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pada siklus pertama rata-rata kemampuan guru menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran sebesar 81,25% dengan kategori baik, dan kemampuan guru menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning sebesar 74,64% dengan kategori cukup. Pada siklus kedua rata-rata kemampuan guru dalam menyusun RPP sebesar 94,31% dengan kategori baik sekali, dan kemampuan guru menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning sebesar 87,50% dengan kategori baik. Dengan demikian hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan supervisi akademik model klinis dapat meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun RPP dan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning di SMA Negeri 3 Kluet Utara Kabupaten Aceh Selatan.Downloads
References
Barinto. 2012. Hubungan Kompetensi Guru dan Supervisi Akademik dengan Kinerja Guru SMP Negeri Se-Kecamatan Percut Sei Tuan. Jurnal Tabularasa PPs Unimed, vol.9 No.2, Desember 2012: 201—214.
Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik Dan Konstektual Dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Proses.
Rusman. 2011. Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Syaefudin, Udin, Saud. 2012. Pengembangan Profesi Guru. Bandung: Alfabeta.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 74 tahun 2008 tentang Guru.
Sutikno, Sobry. 2014. Metode & Model-Model Pembelajaran. Lombok: Holistica.
Sudjana, Nana. 2012. Supervisi Pendidikan: Konsep dan Aplikasinya Bagi Pengawas Sekolah. Bekasi: Binamitra-Publishing.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Dasar-Dasar Supervisi. Jakarta: Rineka Cipta.
Sagala, Syaiful. 2012. Supervisi Pembelajaran Dalam Profesi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Suprihatiningrum, Jamil. 2013. Strategi Pembelajaran: Strategi & Aplikasi. Yokyakarta: Ar-Ruzz Media.
Kemdikbud. 2014. Supervisi Akademik Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: P2TK BPSDMPK.
Mustofo, Sayiful dan Jasmani. 2013. Supervisi Pendidikan: Terobosan Baru Dalam Peningkatan Kinerja Pengawas Sekolah dan Guru. Yokyakarta: Ar-Ruzz Media.
Makawimbang. H Jerry. 2013. Supervisi Klinis: Teori dan Pengukuran (Analisis Di Bidang Pendidikan). Bandung: Alfabeta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.