PENERAPAN SUPERVISI AKADEMIK MODEL KLINIS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DI SMA NEGERI 3 KLUET UTARA KABUPATEN ACEH SELATAN

Authors

  • Kurnaidi Kurnaidi SMA Negeri 3 Kluet Utara Kabupaten Aceh Selatan

DOI:

https://doi.org/10.22373/biotik.v6i1.4034

Keywords:

Supervisi Akademik Model Klinis, Kemampuan Guru dan Problem Based Learning

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun RPP dan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning melalui supervisi akademik model klinis di SMA Negeri 3 Kluet Utara Kabupaten Aceh Selatan. Subjek penelitian ini adalah guru-guru kelompok mata pelajaran IPA di SMA Negeri 3 Kluet Utara Kabupaten Aceh Selatan yang berjumlah lima orang. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan sekolah yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yakni: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pada siklus pertama rata-rata kemampuan guru menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran sebesar 81,25% dengan kategori baik, dan kemampuan guru menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning sebesar 74,64% dengan kategori cukup. Pada siklus kedua rata-rata kemampuan guru dalam menyusun RPP sebesar 94,31% dengan kategori baik sekali, dan kemampuan guru menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning sebesar 87,50% dengan kategori baik. Dengan demikian hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan supervisi akademik model klinis dapat meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun RPP dan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning di SMA Negeri 3 Kluet Utara Kabupaten Aceh Selatan.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

  • Kurnaidi Kurnaidi, SMA Negeri 3 Kluet Utara Kabupaten Aceh Selatan
    SMA Negeri 3 Kluet Utara Kabupaten Aceh Selatan

References

Barinto. 2012. Hubungan Kompetensi Guru dan Supervisi Akademik dengan Kinerja Guru SMP Negeri Se-Kecamatan Percut Sei Tuan. Jurnal Tabularasa PPs Unimed, vol.9 No.2, Desember 2012: 201—214.

Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik Dan Konstektual Dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Proses.

Rusman. 2011. Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Syaefudin, Udin, Saud. 2012. Pengembangan Profesi Guru. Bandung: Alfabeta.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 74 tahun 2008 tentang Guru.

Sutikno, Sobry. 2014. Metode & Model-Model Pembelajaran. Lombok: Holistica.

Sudjana, Nana. 2012. Supervisi Pendidikan: Konsep dan Aplikasinya Bagi Pengawas Sekolah. Bekasi: Binamitra-Publishing.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Dasar-Dasar Supervisi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sagala, Syaiful. 2012. Supervisi Pembelajaran Dalam Profesi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suprihatiningrum, Jamil. 2013. Strategi Pembelajaran: Strategi & Aplikasi. Yokyakarta: Ar-Ruzz Media.

Kemdikbud. 2014. Supervisi Akademik Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: P2TK BPSDMPK.

Mustofo, Sayiful dan Jasmani. 2013. Supervisi Pendidikan: Terobosan Baru Dalam Peningkatan Kinerja Pengawas Sekolah dan Guru. Yokyakarta: Ar-Ruzz Media.

Makawimbang. H Jerry. 2013. Supervisi Klinis: Teori dan Pengukuran (Analisis Di Bidang Pendidikan). Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2019-02-13

How to Cite

PENERAPAN SUPERVISI AKADEMIK MODEL KLINIS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DI SMA NEGERI 3 KLUET UTARA KABUPATEN ACEH SELATAN. (2019). BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi Dan Kependidikan, 6(1), 35-44. https://doi.org/10.22373/biotik.v6i1.4034

Similar Articles

1-10 of 216

You may also start an advanced similarity search for this article.