Penerapan Handout Berbasis Pendekatan Sets (Science, Environment, Technology, And Society) pada Materi Bioteknologi Terhadap Hasil Belajar Siswa MAS Darul Ihsan Aceh Besar

Authors

  • Eliyanti Eliyanti Magister Pendidikan Biologi FKIP Universitas Syiah Kuala
  • Hasanuddin Hasanuddin Magister Pendidikan Biologi FKIP Universitas Syiah Kuala
  • Mudatsir Mudatsir Magister Pendidikan Biologi FKIP Universitas Syiah Kuala

DOI:

https://doi.org/10.22373/biotik.v6i2.5615

Keywords:

Handout, SETS Approach, Learning Outcomes and Biotechnology

Abstract

A research to investigate the improvement of student learning outcomes on Biotechnology concept with the application of SETS (Science, Environment, Technology and Society) based handout has been carried out at MAS DarulIhsan Aceh Besar on the second semester of the Academic Year 2017/2018. The research used The Pre-experimental with One Group Pretest-Posttest Design. The samples were 32 students of class XII/b MAS Darul Ihsan Aceh Besar. The data were collected by using multiple choice questions. The results showed that student learning outcomes were increased after the implementation of handout based on SETS. It can be concluded that the application of handout that is based on SETS approach can improve students learning outcomes on Biotechnology concept in MAS Darul Ihsan Aceh Besar.

Author Biographies

  • Eliyanti Eliyanti, Magister Pendidikan Biologi FKIP Universitas Syiah Kuala
    Magister Pendidikan Biologi FKIP Universitas Syiah Kuala
  • Hasanuddin Hasanuddin, Magister Pendidikan Biologi FKIP Universitas Syiah Kuala
    Magister Pendidikan Biologi FKIP Universitas Syiah Kuala
  • Mudatsir Mudatsir, Magister Pendidikan Biologi FKIP Universitas Syiah Kuala
    Magister Pendidikan Biologi FKIP Universitas Syiah Kuala

References

Rahyubi, H. 2012. Teori-teori Belajar dan Aplikasi Pembelajaran Motorik (Deskripsi dan Tinjauan Krisis). Bandung: Referens.

Mudhofir, A. 2011. Aplikasi Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Rajawali Press.

Creswell, J. W. 2012. Research Design Pendekatan Kualittatif, Kuantitatif dan Mixed; Cerakan Kedua. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sudjana, N. 2014. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Ningtyas, R. dan Tri N. H. Y. 2014. Pengembangan Handout Pembelajaran Tematik untuk Siswa Sekolah Dasar Kelas III. Scolaria. Vol 4 (3). Hal : 42-53.

Poedjiadi, A. 1995. Sains Teknologi Masyarakat Model Pembelajaran Kontekstual Bermuatan Nilai. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya.

Wulandari, S., Endang S. dan Ibrohim. 2016. Pemanfaatan Sumber Belajar Handout Bioteknologi Lingkungan untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa S1 Universitas Negeri Malang. Jurnal Pendidikan. Vol 1 (5). Hal : 881-884.

Muliawati, D. I., Sulistyo S. dan Sentot B. R. 2016. Pengembangan Handout Berbasis Team Assisted Individualization (TAI) untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Pembuatan Etanol Skala Laboratorium SMK Kimia Industri. Jurnal inkuiri. Vol 5 (1). Hal 37-44.

Amri, S. 2013. Pengembangan dan Model Pembelajaran Dalam Kurikulum 2013. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya.

Khasanah, N. 2015. SETS (Science, Environmental, Technology, and Society) sebagai Pendekatan Pembelajaran IPA Modern Pada Kurikulum 2013. Seminar Nasional Konservasi dan Pemanfaatan Sumber Daya Alam. FKIP UNS. Hal 270-277.

Tessarani, Y., Ekosari R., dan Widodo S. W. 2016. Pengaruh Pendekatan Science Environment Technology and Society (SETS) Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah dan Keterampilan Proses IPA Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains. Vol 5 (4). Hal : 1-9.

Nugraheni, D., Sri M., dan Sri R. D. A. 2013. Pengaruh Pembelajaran Bervisi dan Berpendekatan SETS Terhadap Prestasi Belajar Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMAN 2 Sukoharjo Pada Materi Minyak Bumi Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Kimia. Vol 2 (3). Hal : 34-41.

Yuniastuti, E. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran SETS (Science, Environment, Technology and Society) Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VII SMP Kartika V-1 Balikpapan Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Sains Terapan. Vol 1 (2). Hal : 72-77.

Horsley, S. L et.al. 1990. Elementary School Science For The ‘90’s. Virginia: Association Supervision Curriculum Development.

Downloads

Published

2019-11-28