Analisis Sistem Penilaian Hots (Higher Order Thinking Skills) Dalam Mengukur Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kreatif
DOI:
https://doi.org/10.22373/biotik.v8i1.6600Abstract
Tujuan penelitian adalah peneliti ingin memperoleh informasi mengenai kemampuan yang dimiliki peserta didik selama menjalankan proses pembelajaran dan belajar mereka yakni berupa kemampuan berpikir kritis dan kemampuan berpikir kreatif dalam memecahkan masalah. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dan kualitatif dengan pengambilan data dengan survei hasil belajar dan observasi. Sebelum dilakukan penelitian masing-masing kelas sudah diberikan materi pembelajaran tinggal peneliti menguji hasil belajarnya. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik pada kelas X tahun ajaran 2018/2019 berjumlah 40 Peserta didik di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 6 Depok. Hasil dalam penelitian : a. banyaknya peserta didik memiliki kemampuan berpikir kritis melebihi rata-rata skor yakni sebesar 71. b. banyaknya peserta didik memiliki kemampuan berpikir kreatif melebihi rata-rata skor yakni sebesar 68,5. Dapat disimpulkan bahwa penilaian dengan berpikir tingkat tinggi atau Hots (Higher Order Thinking Skills) mampu memberikan perubahan dalam memberikan informasi berupa perubahan peningkatan kemampuan berpikir kritis dan kemampuan berpikir kreatif.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.