IMPLEMENTATION OF DISCOVERY LEARNING MODEL TOWARD STUDENTS’ CURIOSITY STRENGTHENING ON ECOSYSTEM SUBJECT IN MTsN SABANG

Nafisah Hanim, Rizky Ahadi, Khairun Nisa

Abstract


Penelitian dengan tujuan untuk mengetahui penguatan karakter curiosity peserta didik dengan implementasi model discovery learningpada materi ekosistem telah dilaksanakan pada semester genap Tahun /2018 pada bulan April di MTsN Sabang. Metode penelitian yang digunakan adalah mix methods. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII4yang berjumlah 25 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket. Data dianalisis dengan menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dimensi curiosity peserta didik berada pada kategori baik setelah implementasimodel discovery learning. Jadi dapat disimpulkan bahwa model discovery learningdapat menguatkan karakter curiosity peserta didik pada materi ekosistemdi MTsN Sabang.


Keywords


Curiosity, Discovery Learning dan Ekosistem.

Full Text:

PDF

References


Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif - Progresif. Jakarta: Kencana.

Marlina, M. E. 2013. Kurikulum 2013 yang Berkarakter. Jurnal JUPIIS. Vol 5 (2). Hal. 30.

Fauzi, A. R., Zainuddin, dan Rosyid A. A. 2017. Penguatan Karakter Rasa Ingin Tahu dan Peduli Sosial Melalui Discovery Learning. Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS. Vol 2 (2). Hal: 27-36.

Bialik, M., Michael B., Charles F. and Michaela H. 2015. Character Education for the 21st Century: What Should Students Learn?. Switzerland: Montes Alti Educational Foundation.

Latiifani, C., Yudi R. dan Marjono. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Rasa Ingin Tahu (Curiosity) Siswa Kelas X MIPA 2 SMA Negeri 6 Surakarta Tahun Pelajaran 2015/2016. Bio-Pedagogi. Vol 5 (2). Hal: 1-6.

Iswati, D. A dan Dwikoranto. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil belajar Siswa pada Materi Fluida Statis di SMAN 1 Mojosari. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika. Vol 1 (1). Hal: 83-87.

Puspita, M. T., Sigit S., dan Muchsini. 2015. Upaya Meningkatkan Rasa Ingin Tahu dan Hasil Belajar Akuntansi Melalui Pembelajaran Konstektual dengan Metode Snowball Throwing Pada Siswa SMK Muhammadiyah 3 Gemolong. Jurnal Tata Arta UNS. Vol 1 (1). Hal: 31-39.

Bison, B. 2009. Curiosity-Based Learning (CBL) Program.US-China Educational Review. Vol 6 (12). Hal: 13-22.

Fauzi, A. R., Zainuddin, dan Rosyid A. A. 2017. Penguatan Karakter Rasa Ingin Tahu dan Peduli Sosial Melalui Discovery Learning. Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS. Vol 2 (2). Hal: 27-36.

Ulum, D. F., Maridib, dan Yudi R. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Guided Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Biologi di SMA Negeri 2 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Biologi. Vol 7 (2). Hal : 68-79.

Purwanto. 2012. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta. Pustaka Belajar.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/biotik.v9i1.7677

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

All works are licensed under CC BY-SA

Index By

       

Office Address

Jl. Syeikh Abdul Rauf Komplek Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry Darussalam, Banda Aceh 23111, Email: jurnal.biotik@ar-raniry.ac.id

Contact Person

Samsul Kamal (HP. 0813-6003-0895), Elita Agustina (HP. 0852-7741-7176), Mulyadi (HP. 0812-6909-431)