SUPERVISI PENDIDIKAN PADA LEMBAGA PAUD

Yosi Melda Sari, Safinatun Najah

Abstract


Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui  supervisi pendidikan pada lembaga PAUD. Supervisi dalam pendidikan adalah pekerjaan untuk menciptakan dan menjamin kinerja tenaga pendidik dan tenaga kependidikan. Diharapkan penelitian  ini dipercaya dapat menjadi pemikiran yang bermanfaat di kemudian hari, terutama yang terkait dengan supervisi dalam lembaga PAUD guna meningkatkan profesionalisme guru. Kepala sekolah,  guru, dan staf administrasi sekolah menjadi responden dalam gerakan penelitiaan ini . pengumpulan data  yang dilakukan  melalui pengamatan, pertemuan dan studi arsip. Program supervisi memiliki efek positif dalam mencapai tujuan yang diatur dan selanjutnya menemukan reaksi positif dari guru dan beberapa rencana selanjutnya. Selain itu, penelitian ini memberikan usulan untuk perbaikan program supervisi dalam negeri, terkait dengan manajemen, dan kemungkinan supervisi di lembaga PAUD untuk pemeriksaan kedepannya. Hasil akhir dari penelitian ini adalah bahwa kegiatan supervisi yang dilakukan di KB Mutiara Hati telah dilakukan secara terorganisir dan diatur secara menyeluruh dengan pengaturan, pelaksanaan, penilaian, dan tindak lanjut. Sikap menyenangkan, terbuka dan demokratis adalah prinsip dalam supervisi ini. Selain itu juga terdapat kepercayaan yang terbuka terhadap kualitas dan pelaksanaan tenaga pengajar di KB Mutiara Hati. Hal inilah yang mendorong Kepala sekolah untuk secara konsisten menilai program-program pembinaan keilmuan dalam menjaga kepercayaan dan meningkatkan kualitas kinerja guru dalam meningkatkan pembelajaran.


Keywords


Supervisi ; PAUD

Full Text:

PDF

References


Ali, Hapzi, and Nandan Limakrisna. Metodologi Penelitian (Petunjuk Praktis Untuk Pemecahan Masalah Bisnis, Penyusunan Skripsi, Tesis, Dan Disertasi). Yogyakarta: Deeppublish, 2013.

Arikunto, S & Yuliana, L. Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Adiyta Media, 2012.

Egwu, Sarah Oben. “Principals’ Performance in Supervision of Classroom Instruction in Ebonyi State Secondary Schools.” Journal of Education and Practice 6, no. 15 (2015): 99–105.

Glikcman, C D, Stephen P Gordon, and Jovita M Ross-Gordon. “Supervision and Instructional Leadership A Development Approach.” Boston: Perason, 2007.

Herdiansyah, Haris. Metodologi Penelitian Kualitatif Untuk Ilmu-Ilmu Sosial. Jakarta: Salemba Humanika, 2010.

Memduhoglu, Hasan Basri. “The Issue of Education Supervision in Turkey in the Views of Teachers, Administrators, Supervisors and Lecturers.” Educational Sciences: Theory and Practice 12, no. 1 (2012): 149–156.

Minarti, Sri. Manajemen Sekolah: Mengelola Lembaga Pendidikan Secara Mandiri. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2011.

Mulyasa, Enco. “Manajemen Dan Kepemimpinan Kepala Sekolah.” Jakarta: Bumi Aksara (2012).

Nurmalina, Nurmalina. “Pembinaan Prrofesional Guru Taman Kanak-Kanak Melalui Supervisi.” Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak 3, no. 2 (2017): 1–17.

Permendikbud, R I. “Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.” Jakarta: Mendiknas (2014).

Pidarta, Made. “Supervisi Pendidikan Kontekstual Jakarta: Rineka Cipta” (2009).

Pradhan, M P, Hafid Alatas, Sally Brinkman, Mae Chu Chang, Titie Hadiyati, Djoko Hartono, Amer Hasan, Marilou Hyson, Haeil Jung, and Angela Kinnell. “Early Childhood Education and Development Services in Indonesia.” In Education in Indonesia, Ch-5. Institute of Southeast Asian Studies, 2013.

Pranita, Uci, Nina Kurniah, and Anni Suprapti. “Pelaksanaan Supervisi Klinis Kepala Sekolah Pendidikan Anak Usia Dini Islam Terpadu Kota Bengkulu (Studi Deskriptif Kualitatif Di PAUD IT Auladuna Kota Bengkulu).” Jurnal Ilmiah Potensia 3, no. 1 (2018): 54–65.

Priansa, Donni Juni, and Sonny Suntani Setiana. “Manajemen Dan Supervisi Pendidikan.” Bandung: Pustaka Setia (2018).

putri, vilda yulia, and Hade Afriansyah. Supervisi Pendidikan, 2019.

Ramayulis, Ramayulis. “Pelaksanaan Supervisi Pengajaran Oleh Kepala Taman Kanak-Kanak Dalam Peningkatan Profesional Guru Di TK CUT MEUTIA Kota Banda Aceh.” Jurnal Media Inovasi Edukasi (JMIE) 3, no. 3 (2017): 17–25.

Saiful Bahri. “Supervisi Akademik Dalam Peningkatan Profesionalisme Guru.” Visipena Journal V (2014): 100–112.

Sanjaya, Wina. Penelitian Pendidikan Jenis Metode Dan Prosedur. Jakarta: Kencana, 2015.

Slameto, Slameto. “Supervisi Pendidikan Oleh Pengawas Sekolah.” Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan 3, no. 2 (2016): 192–206.

Susanti, Utia Virli, and Neni Mulya. “Supervisi (PKBM) Terhadap Kepala Sekolah Terkait Manajemen Pembelajaran PAUD.” Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini 2, no. 2 (2019): 47–60.

Suyadi, M Pd I. Psikologi Belajar PAUD. Yogyakarta: PT Bintang Pustaka Abadi, 2010.

Suyatni. “Pengelolaan Program Pendidikan Anak Usia Dini Pada Kelompok Bermain” (2015).

Syaiful, Sagala. Supervisi Pembelajaran Dalam Profesi Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2011.

Tatang, S. “Supervisi Pendidikan.” Edisi Pertama. Pustaka Setia, Bandung (2016).




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/bunayya.v7i2.10423

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Yosi Melda Sari, Safinatun Najah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by :

    

Support by:

 

Collaborate with:

▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔  Published by Early Childhood Islamic Education study program, Tarbiyah and Teacher Training Faculty, UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Aceh, Indonesia. No ISSN: 2460-4437, E-ISSN: 2549-3329

▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔

Flag Counter

  This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.