UPAYA PENINGKATAN MUTU SEKOLAH DENGAN OPTIMALISASI MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA

Dimas Aryadi, Syarani Margarita, Rohimah, Mifta Hurrahma & Faruq Avero

Abstract


Sekolah merupakan bangunan atau lembaga untuk belajar dan mengajar serta tempat menerima dan memberi pelajaran. Sekolah dipimpin oleh seorang kepala sekolah. Kepala sekolah dibantu oleh wakil kepala sekolah. Untuk meningkatkan mutu sekolah kepala sekolah harus mengoptimalkan manajemen sumber daya manusia. Kepala sekolah adalah bagian penting dalam struktur komite sekolah didalam suatu  sekolah, baik dari tingkat pendidikan dasar sampai tingkat pendidikan atas. Dalam  pelaksanaannya, kepala sekolah mempunyai banyak sekali tugas, wewenang, dan juga fungsi, diantaranya sebagai perencanaan program, pelaksanaan rencana kerja dan sebagai supervisor serta evaluator. Faktor pendukung dan juga penghambat bagi terlaksananya manajemen sumber daya manusia harus diperhatikan agar terciptanya kinerja yang baik dan tujuan sekolah akan tercapai

Keywords


Sekolah; Manajemen Sumber Daya Manusia; Mutu Sekolah

Full Text:

PDF

References


Depdikbud. (1999). Panduan Manajemen Sekolah. Jakarta

Depdiknas. (2003). Undang-undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional. Jakarta: CV.Eko Jaya

Hasibuan, (2005). Manajemen sumber daya manusia, Edisi revisi. Jakarta: Bumi Aksara.

Hermawan R. Pengembangan sumber daya sekolah. Diambil pada tanggal 10 Juni 2021 dari http://file.upi.edu/Direktori/JURNAL/PENDIDIKAN_DASAR/Nomor_1h3April_2010/Pengembangan_Sumber_Daya_SekolahRuswandi_Hermawan.pdf

Jones, J.J. & Walters, D.L. (2008). Human resource management in education. Yogyakarta: QMedia




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/bunayya.v7i2.10428

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Dimas Aryadi, Syarani Margarita, Rohimah, Mifta Hurrahma & Faruq Avero

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by :

    

Support by:

 

Collaborate with:

▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔  Published by Early Childhood Islamic Education study program, Tarbiyah and Teacher Training Faculty, UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Aceh, Indonesia. No ISSN: 2460-4437, E-ISSN: 2549-3329

▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔

Flag Counter

  This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.