PERKEMBANGAN USIA DEWASA : TUGAS DAN HAMBATAN PADA KORBAN KONFLIK PASCA DAMAI

Miftahul Jannah, Siti Rozaina Kamsani, Nurhazlina Mohd. Ariffin

Abstract


Manusia terus berkembang dan mengalami perubahan (change over time) ke arah yang positif, menjadi hamba Allah yang bertaqwa dan husnul khatimah di akhir kehidupan masing-masing. Namun berbeda dengan orang dewasa yang hidup dalam masa konflik yang penuh dengan tekanan psikis dan cenderung mengalami trauma yang berkepanjangan. Bagaimana perkembangan psikis mereka pasca konflik di Aceh pasca damai 15 Agustus 2005? Usia dewasa sangatlah menarik untuk dikaji, pertama karena memasuki usia paling panjang dalam tahapan kehidupan manusia, kedua, menjalani tugas-tugas perkembangan yang berat dan kompleks dengan berbagai dinamika permasalahan fisik dan psikis sebagai dampak dari perkembangan sebelumnya, ketiga, usia yang matang dalam menyelesaikan tantangan kehidupan, keempat, Bagaimana konsep Islam memandang usia dewasa. Tujuan dari artikel ini adalah untuk menambah pengetahuan tentang bagaimana setiap individu mampu menghadapi dan memasuki usia dewasa baik dewasa awal, madya dan akhir dengan baik. Mampu mempersiapkan fisik dan psikis yang sehat yang akan berdampak positif pada diri dan lingkungan. Metode penelitian dari artikel ini adalah kualitatif, menggunakan pendekatan wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Artikel ini membahas konsep dari usia dewasa. Dari hasil penelitian menunjukkan meskipun usia dewasa pada korban konflik dapat tumbuh dan berkembang namun berbeda dengan usia dewasa lainnya, mereka kehilangan masa bermain, masa belajar, pada masa kanak-kanak, karena pada masa kanak-kanak mereka mengungsi ke desa lain dan hidup penuh kesulitan karena kehilangan orang yang mereka cintai pada tragedi pembunuhan masal (extrajudicial killing) tanggal 23 Juli 1999. Dampak kehilangan tahapan perkembangan masa kanak-kanak  mengalami gangguan psikis pada masa dewasa.  


Keywords


Perkembangan Usia Dewasa; Tugas dan Hambatan; Pasca Damai Aceh

Full Text:

PDF

References


al-Qurtubi. (2003). Al-Jami li Ahkamil-Quran (D.-A.- Kutub (ed.); p. 12/12).

Alfian Nurdin. (2013). Bahagia dalam Pandangan Islam dan Barat. 2(2), 1–15.

Baltes, Paul B; Hayne B Reese, J. R. N. (2009). Life Span Developmental Psychology: Introduction to Research Method. Psychology Press taylor and Francis Group New York London.

Hatta Kusumawati, Jannah. M. (2015). Pendampingan Santri yang Trauma akibat konflik melalui Tazkiyatun Nafs di Markaz Al-Aziziyah Banda Aceh.

John W. Berry, Ype H.Poortinga, Marshall H.Segall, P. R. D. (1999). Cross-Cultural Psychology: Research and Application (P. G. P. Utama (ed.)

Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Quran. (2014). Tafsir Al-Quran Tematik (pp. 293, keluarga sakinah hal 38-39). Kamil Pustaka.

Patricia H.Miller. (1983). Theories of Developmental Psychology (Third edit). University of Florida W.H.freeman and Company.

Paul B Baltes, K. warner S. (1973). On Life Span Developmental Research Paradigms: Retrospetc and Prospect. In Life Span Developmental Psychology, Personality and Socialization (p. 366). Academic Press Inc Harcourt Brace Jovanovich.

Hurlock,Elizabeth.B, Psikologi Perkembangan: Suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan (edisi kelima), (Jakarta: Erlangga,1993), hal.10

Natris, dkk, Psikologi Perkembangan Tinjauan Psikologi Barat dan Islam, (Jakarta: UIN Jakarta Press, 2006)

Monks,F.J., Knoers,A.M.P & Hadinoto S.R, Psikologi Perkembangan: Pengantar dalam Berbagai Bagiannya, (Yogyakarta: Gajah Mada University Press), hal.100

Hurlock, Elizabeth. B., A Life-Span Approach, (Jakarta: Erlangga, 1980), hal.45

Santrock, John W., Life - Span Develompment (Perkembangan Sepanjang Hidup), Jilid I, (Jakarta : Erlangga, 2002), hal.60

Syamsunuwiyati Marat, Perkembangan Usia Dewasa, (Diktat mata kuliah Psikologi Perkembangan, Univ. Padjadjaran, Bandung, 2000)




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/bunayya.v7i2.10430

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Miftahul Jannah, Siti Rozaina Kamsani, Nurhazlina Mohd. Ariffin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by :

    

Support by:

 

Collaborate with:

▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔  Published by Early Childhood Islamic Education study program, Tarbiyah and Teacher Training Faculty, UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Aceh, Indonesia. No ISSN: 2460-4437, E-ISSN: 2549-3329

▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔

Flag Counter

  This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.