PENGEMBANGAN MEDIA PAPAN PINTAR HURUF UNTUK MENGENALKAN HURUF ABJAD PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN

Cut Maranda Suryanti, Putri Rahmi, Heliati Fajriah

Abstract


Permasalahan yang terdapat di PAUD Ibnu Sina adalah terbatasnya media pembelajaran dalam menunjang proses belajar mengajar sehingga hal tersebut menyebabkan perkembangan bahasa keaksaraan anak kurang optimal seperti anak-anak mengalami kesulitan dalam membedakan bunyi dan bentuk antara huruf B,D,F,P,M,N,V,W,S dan Z. Penelitian  ini bertujuan  untuk mengembangkan dan menghasilkan sebuah media papan pintar  huruf yang layak untuk membantu anak dalam mengenal huruf abjad. Penelitian ini merupakan penelitian R&D dengan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu, Analysis, Design, Development, Implementasi, dan Evaluation. Berdasarkan hasil uji kelayakan pengembangan media papan pintar huruf oleh ahli materi dengan skor persentase 96,87% termasuk dalam kategori “Sangat Layak”, penilaian ahli media dengan skor 77,27% termasuk dalam kategori “Layak”. Berdasarkan hasil uji kepraktisan yang dilakukan di PAUD Ibnu Sina dapat disimpulkan bahwa media papan pintar huruf untuk mengenalkan huruf abjad pada anak usia 4-5 tahun “Layak” digunakan dan diterapkan dalam pembelajaran sesuai  dengan hasil penilaian lembar observasi pada anak dengan  skor 85,71%.


Keywords


Media Papan Pintar Huruf, Huruf Abjad, Anak usia 4-5 Tahun

Full Text:

PDF

References


Ahmad Nizar Rangkuti. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif dan Kualitatif. PTK dan Penelitian Pengembangan. Bandung: Citapustaka Media, 2015.

Djoko Adi Waluyo, dkk. 2017. Kompendium PAUD Memahami PAUD Secara Singkat. Depok: Prenada media Group.

Endang Mulya tiningsih. 2012. Riset Terapan. Yogyakarta: UNY Press.

Hasil Analisis Observasi Awal yang dilakukan Peneliti di PAUD Ibnu Sina pada Bulan September 2020.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 Lampiran I Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.

Ria Angraeni. Upaya Meningkatkan Kemampuan membaca Permulaan Melalui Penggunaan Media Papan Flannel Pada Anak. Jurnal Pendidikan PAUD, Vol. 5. No.4. Tahun 2015.

Sadiman Arif, dkk. 2005. Media Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Seefeldt, Carol. & Barbara A Wasik. 2006. Pendidikan Anak Usia Dini. (Alih bahasa: Pius Nasar). Jakarta : Indeks.

Sugiyono. 2012. Metode Peneltian dan Pengembangan Research and Development. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian, Kuantitatif, Kualitatif,dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tadkiroatun Musfiroh. 2009. Menumbuh kembangkan Baca tulis Ana Usia Dini. Jakarta: PT. Grasindo.

Usep Kusniawan. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Malang: Gunung Samudera.

Wasik. 2011. Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/bunayya.v7i2.10485

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Cut Maranda Suryanti, Putri Rahmi, Heliati Fajriah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by :

    

Support by:

 

Collaborate with:

▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔  Published by Early Childhood Islamic Education study program, Tarbiyah and Teacher Training Faculty, UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Aceh, Indonesia. No ISSN: 2460-4437, E-ISSN: 2549-3329

▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔

Flag Counter

  This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.