ANALISIS PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT (PHBS) DI LEMBAGA PAUD DAERAH TERTINGGAL, TERDEPAN, TERLUAR ACEH BESAR (3T) PADA MASA NEW NORMAL

Fitriah Hayati, Reti Fatmalia

Abstract


Perilaku Hidup Bersih dan Sehat pada pendidikan anak usia dini adalah sekumpulan perilaku yang dipraktikkan oleh peserta didik dan guru di lingkungan sekolah atas dasar kesadaran sebagai hasil pembelajaran, sehingga secara mandiri dapat mencegah penyakit, meningkatkan kesehatan, serta berperan aktif dalam mewujudkan lingkungan sehat. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui tingkat penerapan perilaku hidup bersih dan sehat di Lembaga PAUD daerag tertinggal, terdepan, terluar (3T) Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan responden guru dan anak usia dini. Data dikumpulkan melalui wawancara dan observasi. Analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) pada masa new normal belum sepenuhnya dijalankan di lembaga PAUD meskupun pada pada covid-19 ataupun new normal, terdapat beberapa kendala baik dari sarana prasarana yang kurang memadai dan kurangnya kerjasama antara orang tua dengan pihak sekolah. Adapun kegiatan yang dilakukan dalam penerapan PHBS melalui pembiasaan dan praktik seperti mencuci tangan dengan air bersih dan menggunakan sabun sebelum dan sesudah kegiatan makan, membuang sampah pada tempatnya, menutup mulut pada saat batuk dan bersin, konsumsi makanan sehat dan bergizi serta penerapan 3M (memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak).

Keywords


Perilaku Hidup Bersih dan Sehat; Anak Usia Dini

References


Maryunani, Anik. 2013. Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Jakarta: Tim.

Modifikasi Kurikulum 2013.

Kemdikbud. 2020. SE Mendikbud: Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19 . https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/03/se- mendikbud-pelaksanaan-kebijakan-pendidikan-dalam-masa-darurat-penyebaran-covid19. ( diakses 30 juni 2020)

Disdikbud Aceh Besar. 2020. Pembelajaran daring dan luring. https://disdikbudacehbesar.org/2020/05/17/kadisdikbud-aceh-besar-dalam-masa-pandemi-corona-pembelajaran-dilakukan-secara-daring-dan-luring Amelia, L., & Hayati, F. (2021). PENGEMBANGAN KEGIATAN PEMBELAJARAN “BELAJAR DARI RUMAH” TEMATIK UNTUK ANAK USIA DINI DIMASA PANDEMI COVID 19 DI KOTA BANDA ACEH. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, 7(1), 16-37. Hayati, F., & Mamat, N. (2014). Pengasuhan dan Peran Orang Tua (Parenting) serta Pengaruhnya Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak di PAUD Banda Aceh, Indonesia. Jurnal Buah Hati, 1(2), 16-30. Hayati, F., & Malinda, C. (2020). ANALISIS DAMPAK TAYANGAN TELEVISI TERHADAP PERILAKU BULLYYING DI TK AL-MAWADDAH KECAMATAN SUKA MAKMUR ACEH BESAR. Jurnal Buah Hati, 7(2), 138-151.

Hana Ika Safitri., & Harun. 2020. Membiasakan Pola Hidup Sehat dan Bersih pada Anak Usia Dini Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, (online). Vol. 5 No. 1. (https://doi.org/10.31004/obsesi.v5il.542, diakses 3 Agustus 2020).




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/bunayya.v8i1.12251

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Fitriah Hayati, Reti Fatmalia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

                                  Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak has been indexed by:


                 Support By:                                       Collaborated With:                   

   

               Visitors:

Flag Counter