PENGENALAN WARNA MELALUI MEDIA STICK WARNA TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA 4-5 TAHUN
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Afrizal. (2014). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rajawali Pers.
Arimbi, D.Y., Saparahayuningsih, S., & Ardina, M. (2018). Meningkatkan Perkembangan Kognitif Melalui Kegiatan Mind Mapping. Jurnal Ilmiah Potensia, 3(1):64-71.
Ariyanti, T. (2016). Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini Bagi Tumbuh Kemabng Anak. Jurnal Dinamika Pendidikan Dasar, 8(1):50-58.
Asmariani. (2016). Konsep Media Pembelajaran PAUD. Jurnal Al-Afkar, 5(1):26-42.
Farihah, H. (2017). Mengembangkan Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Bermain Stick Angka. Jurnal Teladan, 2(1):1-20.
Fitriana, S. (2018). Peranan Permainan Edukatif dalam Menstimulasi Perkembangan Kognitif Anak. Al-Fitrah: Journal of Early Childhood Islamic Education, 1(2):131-144.
Filtri, H., & Sembiring, K.A. (2018). Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun di Tinjau dari Tingkat Pendidikan Ibu di Paud Kasih Ibu Kecamatan Rumbai. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia, 1(2):169-178.
Habibah, M. (2020). Analisis Kemampuan Kognitif Peserta Didik (Studi pada Lembaga Pendidikan MI Al-Kautsar Yogyakarta). Journal of Islamic Education Research, 1(2):29-38.
Hanafi, I & Sumitro, A.E. (2019). Perkembangan Kognitif Menurut “Jean Piaget” dan Implikasinya dalam Pembelajaran. ALPEN: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2):87-93.
Hasiana, I & Wirastania, A. (2017). Pengaruh Musik dalam Mengembangkan Kemampuan Mengenal Bilangan Siswa Kelompok A di TK Lintang Surabaya. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2):131-138.
Hayati, N., Cholimah, N., & Christianti, M. (2017). Identifikasi Keterampilan Kognitif Anak Usia 2-6 Tahun di Lembaga PAUD Kecamatan Sleman, Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Anak, 6(2):181-189.
Hidayati, S., Robingatin., & Saugi, W. (2020). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Warna Melalui Kegiatan Mencampur Warna di TK Kehidupan Elfhaluy Tenggarong. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1):23-37.
Indamah & Khotimah, N. (2018). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan 1-5 Melalui Permainan Abacus Angka pada Anak Usia 4-5 Tahun di PAUD Nur Amin Ridwan Gadingmangu Perak Jombang. Jurnal PAUD Teratai, 7(1):1-7.
Juwantara, A.R. (2019). Analisis Teori Perkembangan Kognitif Piaget pada Tahap Anak Usia Operasional Konkret 7-12 Tahun dalam Pembelajaran Matematika. Al-Adzka: Jurnal Imiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 9(1):27-34.
Karim, B.M., & Wifroh, H.S. (2014). Meningkatkan Perkembangan Kognitif pada Anak Usia Dini Melalui Alat Permainan Edukatif. Jurnal PGPAUD Trunojoyo, 1(2):103-113.
Nur, L., Hafina, A., & Rusmana, N. (2020). Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini dalam Pembelajaran Akuatik. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 10(1):42-50.
Rahayu, E., Suryanti, H.H., & Setiawan, Y.H.M. (2019). Peningkatan Perkembangan Kognitif Anak Melalui Pendekatan Saintifik pada Anak Kelompok B. Jurnal Audi, 4(1):28-34.
Rahmadani, F., Suryana, D., & Hartati, S. (2019). Pengaruh Media Sandpaper Letter terhadap Kemampuan Mengenal Huruf Anak di TK Islam Budi Mulia Padang. Jurnal Ilmiah Pesona PAUD, 6(1):56-67.
Suciati. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Dan Berhitung Permulaan Melalui Permainan Media Kartu Angka Pada Kelompok B di TK Pertiwi I Kota Jambi. Jurnal Literasiologi, 2(2):48-63.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sumarsih, Nurmalia, & Astuti. (2018). Meningkatkan Kemampuan Kognitif dalam Mengenal Warna dengan Metode Eksperimen. Aulad: Journal on Early Childhood, 1(1):72-77.
Suryana, D & Rizka, N. (2019). Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.
Suryana, D. (2013). Pendidikan Anak Usia Dini (Teori dan Praktik Pembelajaran). Padang: UNP Press Padang.
Suryana, D. (2013). Pengetahuan tentang Strategi Pembelajaran, Sikap, dan Motivasi Guru. Jurnal Ilmu Pendidikan, 19(2):196-201.
Suryana, D. (2013). Profesionalisme Guru Pendidikan Anak Usia Dini Berbasis Peraturan Menteri No 58 Tahun 2009. Jurnal Ilmu Pendidikan, 13(2):54-61.
Suryana, D. (2014). Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini Berbasis Perkembangan Anak. Jurnal Pesona Dasar, 1(3):1-11.
Suryana, D. (2016). Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.
Suryana, D. (2017). Pembelajaran Tematik Terpadu Berbasis Pendekatan Saintifik di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 1(1):67-82.
Suryana, D. (2018). Pendidikan Anak Usia Dini Stimulus & Aspek Perkembangan Anak. Jakarta: Kencana.
Yahya, A. (2018). Konsep Perkembangan Kognitif Perspektif Al-Ghazali dan Jean Piaget. KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling (E-Journal), 5(2):97-104.
DOI: http://dx.doi.org/10.22373/bunayya.v8i1.12254
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Maiyida Safita, Dadan Suryana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak has been indexed by:
Support By: Collaborated With:
Visitors: