ANALISIS MANAJEMEN PEMASARAN PAUD

Dara Gebrina Rezieka, Fidya Ismiulya

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis pemasaran PAUD. Pemasaran dikemukakan oleh Joko Setyono aialah sebuah sistem secara menyeluruh dari berbagai bisnis dan kegiatan yang digunakan untuk merancang, menetapkan harga, mempromosikan hingga menyalurkan jasa dan barang yang memenuhi keinginan, baik kepada pembeli potensial ataupun pembeli. Sementara yang dijelaskan di buku dikatakan bahwa pemasaran ialah sebuah sistem sosial dan eksekutif yang amskdunya bersifar perorangan atau kelompok untuk memperoleh apa yang diinginkan dan dubutuhkan dengan membuat, menganjurkan dan mengawasi produk yang bernilai dengan pihak pihak terterntu. Penelitian yang digunakan ialah menggunakan metode kajian pustaka, penelitian yang dilangsungkan menggunakan karya ilimiah dan mengumpulkan data-data sesuai dengan karya tulis ilmiah yang berfungsi sebagai objek penelitian atau mengumpulkan data yang bersifat studi pustaka, dan mentelaah materi untuk menyelesaikan permasalahan yang mendalam yang berhubungan dengan bahan-bahan kepustakaan yang signifikan. Berdasarkan hasil yang sudah ditelaah strategi pemasarn PAUD sangat membantu untuk mengembangkan dan mempromosikan lembaga sekolah kepada masyarakat luas sehingga mempermudah masyarakat dalam memilih dan melihat kualitas sekolah yang ditawarkan.

Keywords


Fungsi; Stragi Pemasaran, Pemasaran PAUD.

References


Amelia, Safitri, Hartini Salama, Universitas Ibnu, and Chaldun Jakarta. “PENGARUH STRATEGI PEMASARAN DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN ORANG TUA SISWA DI PAUD AL-HIDAYAH” 1, no. 1 (2021).

Ats-Tsauri, Muhammad Sufyan, and Erni Munastiwi. “Strategi Kepala Madrasah Dalam Menentukan Kebijakan Pembelajaran Era Covid 19 Studi Kasus Kepala Madrasah Ibtidaiyah NW Pondok Gedang.” Elementeris : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Islam 2, no. 2 (2020): 55.

Burhanuddin, Afid. “Strategi Pemasaran Lembaga Pendidikan.” https://afidburhanuddin.wordpress.com/2014/02/06/strategi-pemasaran-lembaga-pendidikan/diakses pada tanggal 3 juni 2021 pukul 21:15 (2018).

faishal. “Pemasaran Lembaga Pendidikan Masa Pandemi Covid-19.” Manajemen Pendidikan Islam VIII, no. 9 (2020): 25.

Faizin, Imam. “Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan Dalam Meningkatkan Nilai Jual Madrasah.” Madaniyah 7, no. 2 (2017): 261–283.

Firmansyah, Egi Arvian, and Wardhana Wardhana. “Penguatan Manajemen Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Di Desa Garawangi Dan Desa Rancaputat Kecamatan Sumberjaya Kabupaten Majalengka.” Jurnal Penelitian 10, no. 2 (2016).

HMS, Deden. “FIS (Fun-Innovative-Spritual): Manajemen Pemasaran Di KB. Fun Islamic School Purworejo.” Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini 5, no. 1 (2020): 1–10.

Khasanah, Afidatun. “Pemasaran Jasa Pendidikan Sebagai Strategi Peningkatan Mutu Di Sd Alam Baturraden.” el-Tarbawi 8, no. 2 (2015): 161–176.

Mubaridah, Laeli. Manajemen Pemasaram Lembaga Pendidikam Anak Usia Dini, 2016.

Multazam, Ulil. “Strategi Pemasaran Jasa PAUD.” https://saepudinonline.wordpress.com/2012/12/14/strategi-pemasaran-jasa-pendidikan/diakses pada tanggal 3 juni 2021 pukul 21:26 (2012).

Mutia Ulfa, Erni Munastiwi. “Analisis Perencanaan Dalam Manajemen Pendirian Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini.” Leaderia 1, no. 1 (2020): 26–37.

Opan Arifudin, Rahman Tanjung, Dkk. Manajemen Pemasaran Pendidikan, 2020.

Patiung, Dahlia, Besse Marjani Alwi, Putri Magfira, Nur Alfiah, Rizqia Salsabila, and Tuti Alawiyah. “Strategi Manajemen Promosi Dalam Meningkatkan Jumlah Peserta Didik Pada Satuan Paud.” NANAEKE: Indonesian Journal of Early Childhood Education 2, no. 2 (2019): 129.

Sumiyati, Nurkhosi’in. “JCE ( Journal of Childhood Education )” 2, no. 2 (2018): 147–175.

Tanama, Budi Rahayu. Manajemen Pemasaran, 2017.

Wadiyo. “Manajemen Pemasaran PAUD.” https//manajemenkeuangan.net/manajemen-pemasaran-paud daikses pada tanggal 6 juni 2021 pukul 22:32 (2021).

Wahid, Eko. “Strategi Marketing Jasa Pendidikan Dalam Meningkatkan Image Pendidikan Di Lembaga Pendidikan Islam.” Transformasi : Jurnal Studi Agama Islam 10, no. 1 (2017): 1–20.

Wandi, Zherly Nadia, and Farida Mayar. “Analisis Kemampuan Motorik Halus Dan Kreativitas Pada Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Kolase.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 4, no. 1 (2019): 363.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/bunayya.v8i1.12256

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Dara Gebrina Rezieka, Fidya Ismiulya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

                                  Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak has been indexed by:


                 Support By:                                       Collaborated With:                   

   

               Visitors:

Flag Counter