MANAJEMEN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI TK KURNIA KOTA JAMBI

Sukatin, Ayu Gita Lestari, Agnes Yanila Grasela, Dian Nur Amaliah, Fitriyatul Asfiyah & Jamal Rosadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengelolaan pendidikan di TK Kurnia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan bersifat deskriptif. Pemilihan subjek penelitian dilakukan dengan teknik purposive sampling. Subjek penelitiannya adalah manajer, pendidik, siswa, dan orang tua. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data dilakukan melalui ketekunan observasi, partisipasi, dan kecukupan referensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan program di TK Kurnia disusun sesuai dengan visi dan misi lembaga dengan melaksanakan fungsi-fungsi manajemen diantaranya; perencanaan, pelaksanaan, pengawasan dan pembinaan. Pengelola sebagai pemimpin dalam menjalankan fungsi manajemen sangat menekankan kerjasama yang dilandasi keikhlasan, semangat, dan loyalitas yang tinggi. Perencanaan dilakukan dengan perencanaan strategis, penyusunan rencana pembelajaran mulai dari tahunan, semester, bulanan, mingguan hingga harian. Pengorganisasian dilakukan dengan mengoordinasikan tugas, peluang, pengalaman dan wawasan dengan komunikasi terbuka, mengadakan pertemuan rutin yang membahas upaya peningkatan kinerja. Supervisi dilakukan dengan observasi langsung, melalui supervisi, pertemuan rutin dengan pendidik. Kerjasama dilakukan dengan orangtua, melalui kegiatan pertemuan bulanan (parenting),dan mitra terkait PAUD. Penilaian dan evaluasi dilaksanakan dengan pemberian tugas, observasi, catatan harian, anekdot, unjuk karya, hasil karya, dan kunjungan edukasi serta informasi perkembangan melalui catatan kesehatan anak didik.

Keywords


Manajemen Pendidikan; Pendidikan; Anak Usia Dini.

References


Darmayanti. Mursalina 2016. Manajemen Program Satuan Di PAUD SPS Edelweis Kelurahan Tridadi Sleman Yogyakarta. UNY. Yogyakarta.

Hapidin (2012) Manajemen Pendidikan TK/PAUD. Universitas Terbuka : Tangerang Selatan.

J.Moleong. Lexy. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung. Rosdakarya.

Mulyana, Dedy. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif Paradigma Baru Ilmu Komunikasi Dan Ilmu Sosial Lainnya. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Sugiono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Cetakan ke-17. Bandung : Alfabeta.

Suharti. (2018). Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Rangka Meningkatkan Mutu Pembelajaran ( Studi Kasus Pada PAUD Negeri Pembina Curup Dan PAUD Pertiwi Rejang Lebong. Jurnal Studi Manajemen Pendidikan. Vol. 2. No. 1 . STAIN. Curup.

Trianto. (2011). Desain Pengembangan Tematik




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/bunayya.v8i1.12259

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Sukatin, Ayu Gita Lestari, Agnes Yanila Grasela, Dian Nur Amaliah, Fitriyatul Asfiyah & Jamal Rosadi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

                                  Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak has been indexed by:


                 Support By:                                       Collaborated With:                   

   

               Visitors:

Flag Counter