DAMPAK PEMBELAJARAN DARING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PIAUD DI STIT INTENASIONAL MUHAMMADIYAH BATAM

Fatmawati, Arifuddin Jalil

Abstract


Pengaruh Pembelajaran Online terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Piaud terhadap proses pembelajaran yang dilakukan di kampus 10 mahasiswi yang mengikuti pembelajaran online di Prodi PAUD dengan kriteria baik dengan rata-rata 78,15% namun peneliti melihat lebih efisien pada pembelajaran langsung yaitu offline dengan kriteria sangat baik yaitu 98,5%. pembelajaran langsung maupun pembelajaran jarak jauh. Salah satu aspek kemandirian adalah siswa mampu menjawab atau mengerjakan tugas yang diberikan dengan baik. Serta kesiapan mahasiswa yang lebih semangat dan siap menjawab atau mengerjakan setiap tugas yang diberikan, apalagi pada saat situasi saat ini pembelajaran online di masa Pandemi Covid-19 dengan berbagai keterbatasan, hal ini membuat beberapa dosen sering memberikan tugas, terkadang tugas yang mereka dapatkan lebih dari apa yang mereka lakukan. Pembelajaran tatap muka normal berkaitan dengan keinginan siswa untuk mendapatkan nilai terbaik dari setiap tugas yang diberikan setelah proses pembelajaran.

Keywords


Pembelajaran Online; Motivasi Belajar; Pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Cahyani. (2020). Motivasi Belajar Siswa SMA Pada Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam Volume 3 No. 01.

Daryanto. ( 2013).Inovasi Pembelajaran Efektif. Bandung: Yrama Widya.

E, Karwati. “Pengaruh Pembelajaran Elektronik (e-Learning) Terhadap Mutu Belajar Mahasiswa. (2018). Jurnal Penelitian Komunikasi, 17(1), 41–54. Mardhiyana, D., & Nasution, N. B..

Ferismayanti. (2020) .“Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Online Volume 3 Nomor 2, September 2020,

jw Creswell. (2012).Qualitative, Quantitative.

MF, Annur &H, Hermansyah. (2021.) Analisis Kesulitan Mahasiswa Pendidikan. Matematika Dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 11(2), 195- 201.

Noni. (2010)Pemanfaatan Intern Sebagai Sumber Belajar.

R, Yunitasari. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Masa COVID 19. Jurnal Ilmu Pendidikan Volume 2 Nomor 3 Tahun

santika. (2020). Pendidikan Karakter Pada Pembelajaran Daring. VCEJ, Vol 3 No 1, Tahun .

Suprihatin, S. (2018). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. ISSN: 2442-9449 Vol.3.No 1 .

Tafdhila. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Motivasi Belajar Di Masa Pandemi Covid 19 Pada Mahasiswa Keperawatan Stik Siti Khadijah Palembang. Jurnal Perawat Indonesia, Volume 5 No 1, Mei.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/bunayya.v8i2.14464

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Fatmawati, Arifuddin Jalil

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by :

    

Support by:

 

Collaborate with:

▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔  Published by Early Childhood Islamic Education study program, Tarbiyah and Teacher Training Faculty, UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Aceh, Indonesia. No ISSN: 2460-4437, E-ISSN: 2549-3329

▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔

Flag Counter

  This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.